Manajemen Prasangka (Bag 2)

🏹🏹🏹🏹🏹🏹

📘 Ayat- Ayat Berkenaan dengan Zhan

Allah ๏ทป berfirman:

ูŠูŽุง ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ุงุฌู’ุชูŽู†ูุจููˆุง ูƒูŽุซููŠุฑู‹ุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ุธู‘ูŽู†ู‘ู ุฅูู†ู‘ูŽ ุจูŽุนู’ุถูŽ ุงู„ุธู‘ูŽู†ู‘ู ุฅูุซู’ู…ูŒ

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka, karena sebagian dari prasangka itu dosa. (QS. Al Hujurat: 12)

Ayat ini tegas melarang banyak prasangka, padahal tidak semua prasangka itu buruk. Ini demi kehati-hatian agar tidak terjerumus dalam zhan yang buruk.

Imam Ibnu Katsir Rahimahullah berkata:

ูŠู‚ูˆู„ ุชุนุงู„ู‰ ู†ุงู‡ูŠุง ุนุจุงุฏู‡ ุงู„ู…ุคู…ู†ูŠู† ุนู† ูƒุซูŠุฑ ู…ู† ุงู„ุธู†ุŒ ูˆู‡ูˆ ุงู„ุชู‡ู…ุฉ ูˆุงู„ุชุฎูˆู† ู„ู„ุฃู‡ู„ ูˆุงู„ุฃู‚ุงุฑุจ ูˆุงู„ู†ุงุณ ููŠ ุบูŠุฑ ู…ุญู„ู‡ุ› ู„ุฃู† ุจุนุถ ุฐู„ูƒ ูŠูƒูˆู† ุฅุซู…ุง ู…ุญุถุงุŒ ูู„ูŠุฌุชู†ุจ ูƒุซูŠุฑ ู…ู†ู‡ ุงุญุชูŠุงุทุง

Allah ๏ทป berfirman bagi hamba-hambanya yang beriman, tentang larangan banyak prasangka, yaitu tuduhan kepada keluarga, kerabat, dan orang lain bukan pada tematnya. Sebab sebagian dari zhan itu melahirkan dosa, maka hendaknya menjauhi kebanyakan hal itu sebagai kehati-hatian. (Tafsir Al Quran Al โ€˜Azhim, 7/377)

Syaikh Wahbah Az Zuhaili Rahimahullah menjelaskan macam-macam zhan:

….ูุจุนุถ ุงู„ุธู† ูˆุงุฌุจ ุงู„ุงุชุจุงุน ูƒุงู„ุงุฌุชู‡ุงุฏ ููŠ ุงู„ุฃุญูƒุงู… ุงู„ุนู…ู„ูŠุฉ ูˆุญุณู† ุงู„ุธู† ุจุงู„ู„ู‘ู‡ุŒ ูˆุจุนุถู‡ ุญุฑุงู… ูƒุงู„ุธู† ููŠ ุงู„ุฅู„ู‡ูŠุงุช ูˆุงู„ู†ุจูˆุงุชุŒ ุฃูˆ ุนู†ุฏ ู…ุตุงุฏู…ุฉ ุงู„ุฏู„ูŠู„ ุงู„ู‚ุงุทุนุŒ ูˆุธู† ุงู„ุณูˆุก ุจุงู„ู…ุคู…ู†ูŠู†ุŒ ูˆุจุนุถู‡ ู…ุจุงุญ ูƒุงู„ุธู† ููŠ ุงู„ุฃู…ูˆุฑ ุงู„ู…ุนุงุดูŠุฉ

Maka, sebagian prasangka itu justru wajib untuk diikuti, seperti ketika ijtihad dalam menuntukan hukum perbuatan dan husnuzhzhan kepada Allah. Sebagian lagi diharamkan, seperti prasangka dalam urusan ketuhanan, kenabian, atau ketika bertentangan dengan dalil pasti, dan buruk sangka kepada kaum muโ€™minin, dan sebagian lagi ada zhan yang dibolehkan seperti prasangka dalam urusan-urusan dunia. (Al Munir, 26/247)

Kemudian … dalam ayat yang lain:

ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ุธู‘ูŽู†ู‘ูŽ ู„ุงูŽ ูŠูุบู’ู†ูู‰ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุญูŽู‚ู‘ู ุดูŽูŠู’ุฆุงู‹

Sesungguhnya persangkaan itu tidak sedikitpun berguna untuk mencapai kebenaran. (QS. Yunus: 36)

Ayat ini menunjukkan bahwa zhan itu tidak layak dijadikan dasar sebuah sikap, sebab dia tidak membawa kepada kebenaran dan keyakinan, melain hanya keraguan. Ayat ini menceritakan tentang perilaku musyrikin Arab saat itu yang menyangka berhala-berhala sembahan mereka sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah Taโ€™ala.

Imam Ibnul Jauzi Rahimahullah berkata:

ูˆู…ุง ูŠุชุจุน ุฃูƒุซุฑ ู‡ุคู„ุงุก ุงู„ู…ุดุฑูƒูŠู† ููŠ ุฌุนู„ู‡ู… ุงู„ุฃุตู†ุงู… ุขู„ู‡ุฉ ูˆุงุนุชู‚ุงุฏู‡ู… ุจุฃู†ู‡ุง ุชู‚ุฑู‘ูุจ ุฅู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุฅู„ุง ุชุฎุฑุตู‹ุง ูˆุธู†ู‹ุงุŒ ูˆู‡ูˆ ู„ุง ูŠุบู†ูŠ ู…ู† ุงู„ูŠู‚ูŠู† ุดูŠุฆู‹ุง. ุฅู† ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู… ุจู…ุง ูŠูุนู„ ู‡ุคู„ุงุก ุงู„ู…ุดุฑูƒูˆู† ู…ู† ุงู„ูƒูุฑ ูˆุงู„ุชูƒุฐูŠุจ

Kebanyakan kaum musyrikin itu menjadikan berhala-berhala sebagai Tuhan-Tuhan, dan menurut keyakinan mereka hal itu bisa mendekatkan diri kepada Allah, hanya karena zhan semata, dan itu tidak cukup mendatangkan keyakinan sedikit pun. Allah Taโ€™ala Maha Tahu perbuatan kufur dan dusta kaum musyrikin itu. (Zaadul Masir, 3/408)

Bersambung …

🍃🌴🌻โ˜˜🌷🌺🌸🌾

โœ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top