Hukum Tadarus Al-Qur’an Berjamaah di Masjid

🐾🐾🐾🐾🐾🐾

Dari Abu Hurairah Radhiallahu โ€˜Anhu, bahwa Nabi ๏ทบ bersabda:

ูˆูŽู…ูŽุง ุงุฌู’ุชูŽู…ูŽุนูŽ ู‚ูŽูˆู’ู…ูŒ ูููŠ ุจูŽูŠู’ุชู ู…ูู†ู’ ุจููŠููˆุชู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูŠูŽุชู’ู„ููˆู†ูŽ ูƒูุชูŽุงุจูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽูŠูŽุชูŽุฏูŽุงุฑูŽุณููˆู†ูŽู‡ู ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ูู…ู’ ุฅูู„ู‘ูŽุง ู†ูŽุฒูŽู„ูŽุชู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ุงู„ุณู‘ูŽูƒููŠู†ูŽุฉู ูˆูŽุบูŽุดููŠูŽุชู’ู‡ูู…ู’ ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽุฉู ูˆูŽุญูŽูู‘ูŽุชู’ู‡ูู…ู’ ุงู„ู’ู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุฉู ูˆูŽุฐูŽูƒูŽุฑูŽู‡ูู…ู’ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูููŠู…ูŽู†ู’ ุนูู†ู’ุฏูŽู‡ู

Dan tidaklah sebuah kaum yang berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah (maksudnya masjid, pen) dalam rangka membaca kitab Allah dan mempelajarinya di antara mereka, melainkan niscaya akan diturunkan kepada mereka ketenangan dan dilimpahkan kepada mereka rahmat, dan mereka dikelilingi para malaikat serta Allah sebut-sebut mereka kepada makhluk yang ada disisiNya. (HR. Muslim No. 2699)

📌 Anjuran Membaca dan Belajar Al-Qur’an di Masjid

Hadits ini menunjukkan anjuran kuat untuk berkumpul di masjid dalam rangka membaca Al Quran dan mempelajarinya, atau secara umum berkumpul dalam rangka majelis dzikir. Di mana Allah Taโ€™ala dan para malaikatNya sangat meridhai semua itu.

Imam An Nawawi Rahimahullah mengatakan:

ุฃู† ู‚ุฑุงุกุฉ ุงู„ุฌู…ุงุนุฉ ู…ุฌุชู…ุนูŠู† ู…ุณุชุญุจุฉ ุจุงู„ุฏู„ุงุฆู„ ุงู„ุธุงู‡ุฑุฉ ูˆุฃูุนุงู„ ุงู„ุณู„ู ูˆุงู„ุฎู„ู ุงู„ู…ุชุธุงู‡ุฑุฉ

Sesungguhnya berkumpulnya jamaah untuk membaca Al Quran adalah perkara yang mustahab (sunah), berdasarkan berbagai dalil yang jelas, dan perilaku para salaf, dan khalaf yang begitu jelas. (At Tibyan fi Aadab Hamalatil Quran, Hal. 71)

Imam Ibnu Daqiq Al โ€˜Id Rahimahullah mengatakan:

ู‡ุฐุง ุฏู„ูŠู„ ุนู„ู‰ ูุถู„ ุงู„ุฅุฌุชู…ุงุน ุนู„ู‰ ุชู„ุงูˆุฉ ุงู„ู‚ุฑุขู† ููŠ ุงู„ู…ุณุงุฌุฏ

Ini adalah dalil tentang keutamaan berkumpul dalam rangka membaca Al Quran di masjid-masjid. (Syarh Al Arbain Nawawiyah, Hal. 93)

📌 Cara Tadarus

Bagaimanakah cara membacanya? Yaitu mereka membaca masing-masing, atau satu orang membaca lalu yang lain menyimaknya dan mengoreksi jika ada kesalahan, dan tidak apa-apa dibaca berbarengan jika dalam rangka belajar, seperti seorang guru membaca lalu diikuti oleh murid-muridnya secara koor.

Berkata Imam An Nawawi Rahimahullah dalam Bab fil Idarah bil Quran (Bab Bergiliran Membaca Al Quran), pada kitab At Tibyan-nya:

ูˆู‡ูˆ ุฃู† ูŠุฌุชู…ุน ุฌู…ุงุนุฉ ูŠู‚ุฑุฃ ุจุนุถู‡ู… ุนุดุฑุง ุฃูˆ ุฌุฒุกุง ุฃูˆ ุบูŠุฑ ุฐู„ูƒ ุซู… ูŠุณูƒุช ูˆูŠู‚ุฑุฃ ุงู„ุฃุฎุฑ ู…ู† ุญูŠุซ ุงู†ุชู‡ู‰ ุงู„ุฃูˆู„ ุซู… ูŠู‚ุฑุฃ ุงู„ุขุฎุฑ ูˆู‡ุฐุง ุฌุงุฆุฒ ุญุณู† ูˆู‚ุฏ ุณุฆู„ ู…ุงู„ูƒ ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุนู†ู‡ ูู‚ุงู„ ู„ุง ุจุฃุณ ุจู‡

Yaitu berkumpulnya jamaah, sebagian mereka membaca sepuluh ayat atau satu juz atau selain itu, kemudian mereka berhenti, dan dilanjutkan bacaannya oleh lainnya dengan melanjutkan ayat yang terakhir dibaca. Ini boleh dan bagus. Imam Malik Rahimahullah ditanya hal ini, Beliau menjawab: tidak apa-apa. (At Tibyan, Hal. 103)

Syaikh Abdul Muhsin Al โ€˜Abad Al Badr hafizhahullah menambahkan:

[ (ู…ุง ุงุฌุชู…ุน ู‚ูˆู… ููŠ ุจูŠุช ู…ู† ุจูŠูˆุช ุงู„ู„ู‡) ] ุจูŠูˆุช ุงู„ู„ู‡ ู‡ูŠ ุงู„ู…ุณุงุฌุฏุŒ ู‚ูŠู„: ูˆูŠู„ุญู‚ ุจู‡ุง ุฏูˆุฑ ุงู„ุนู„ู… ูˆุงู„ุฃู…ุงูƒู† ุงู„ุชูŠ ุชุฎุตุต ู„ู„ุนู„ู… ูˆู†ุดุฑ ุงู„ุนู„ู…. ู‚ูˆู„ู‡: [ (ูˆูŠุชู„ูˆู† ูƒุชุงุจ ุงู„ู„ู‡ ูˆูŠุชุฏุงุฑุณูˆู†ู‡ ุจูŠู†ู‡ู…) ] ูŠุนู†ูŠ: ูŠู‚ุฑุกูˆู† ูƒุชุงุจ ุงู„ู„ู‡ุŒ ุณูˆุงุกูŒ ุฃูƒุงู†ุช ู‡ุฐู‡ ุงู„ู‚ุฑุงุกุฉ ุจุฃู† ูŠู‚ูˆู… ุดุฎุต ูˆูŠู‚ุฑุฃ ูˆูŠูุณุฑ ุฃูˆ ุบูŠุฑู‡ ูŠูุณุฑุŒ ุฃู… ุฃู†ู‡ู… ูŠุฌุชู…ุนูˆู† ุจุญูŠุซ ูŠู‚ุฑุฃ ูˆุงุญุฏ ู…ู†ู‡ู… ู…ู‚ุฏุงุฑุงู‹ ู…ู† ุงู„ู‚ุฑุขู† ูˆูŠุณุชู…ุน ุงู„ุจุงู‚ูˆู†ุŒ ูˆูŠูƒูˆู† ู‡ู†ุงูƒ ุดุฎุต ูŠุตูˆุจ ู‚ุฑุงุกุชู‡ ูˆูŠุจูŠู† ู…ุง ุนู„ูŠู‡ ู…ู† ู…ู„ุงุญุธุงุชุŒ ูƒู„ ุฐู„ูƒ ูŠุฏุฎู„ ุชุญุช ุงู„ุชุฏุงุฑุณ

(Tidaklah sebuah kaum berkumpul di rumah di antara rumah-rumah Allah) yaitu masjid-masjid. Dikatakan: dikaitkan dengannya sebagai tempat ilmu dan tempat-tempat khusus untuk mencari ilmu dan menyebarkannya. (mereka membaca Kitabullah dan mengkajinya) yakni mereka membaca Kitabullah, keadaanya sama saja apakah ada seorang yang membaca dan menafsirkan, atau orang lain yang menafsirkan, atau mereka berkumpul dengan satu orang di antara mereka membaca sejumlah ayat Al Quran dan yang lain mendengarkan, lalu ada orang yang mengoreksi bacaannya dan menjelaskan dengan berbagai keterangan. Semua ini termasuk makna tadarus. (Lihat Syarh Sunan Abi Daud [175])

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah mengatakan:

ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจูู‡ู ุฅุฐูŽุง ุงุฌู’ุชูŽู…ูŽุนููˆุง ุฃูŽู…ูŽุฑููˆุง ูˆูŽุงุญูุฏู‹ุง ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽู‚ู’ุฑูŽุฃูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุจูŽุงู‚ููŠ ูŠูŽุณู’ุชูŽู…ูุนููˆู†ูŽ . ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุนูู…ูŽุฑู ุจู’ู†ู ุงู„ู’ุฎูŽุทู‘ูŽุงุจู ูŠูŽู‚ููˆู„ู ู„ูุฃูŽุจููŠ ู…ููˆุณูŽู‰ ุฐูŽูƒูŽุฑู’ู†ูŽุง ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง ููŽูŠูŽู‚ู’ุฑูŽุฃู ูˆูŽู‡ูู…ู’ ูŠูŽุณู’ุชูŽู…ูุนููˆู†ูŽ ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุฑููˆููŠูŽ { ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ุตู‘ููู‘ูŽุฉู ูˆูŽู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ูˆูŽุงุญูุฏูŒ ูŠูŽู‚ู’ุฑูŽุฃู ููŽุฌูŽู„ูŽุณูŽ ู…ูŽุนูŽู‡ูู…ู’ } ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุฑููˆููŠูŽ ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุฉู ุงู„ุณู‘ูŽูŠู‘ูŽุงุฑููŠู†ูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ูŠูŽุชู‘ูŽุจูุนููˆู†ูŽ ู…ูŽุฌูŽุงู„ูุณูŽ ุงู„ุฐู‘ููƒู’ุฑู ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซู ุงู„ู’ู…ูŽุนู’ุฑููˆูู

Dahulu para sahabat nabi, jika mereka berkumpul mereka memerintahkan salah seorang membaca Al Quran, sedangkan yang lain mendengarkan. Umar bin Al Khathab berkata kepada Abu Musa: โ€œingatkanlah kami kepada Tuhan kami.โ€ Lalu Abu Musa membaca Al Quran dan mereka (para sahabat) mendengarkan. Diriwayatkan bahwa Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam keluar rumah menuju Ahlush Shuffah (para sahabat yang tinggal di masjid nabawi, pen), ada salah seorang mereka yang membaca Al Quran dan dia berada bersama mereka. Diriwayatkan pula bahwa para malaikat berkeliling mencari majelis-majelis dzikir, hadits ini telah dikenal. (Majmu Al Fatawa, 23/133)

📌 Bukan Hanya Majelis Ilmu

Sebagian ulama membatasi majelis dzikir hanya majelis ilmu.

Imam โ€˜Atha Rahimahullah berkata:

ู…ุฌุงู„ุณ ุงู„ุฐูƒุฑ ู‡ูŠ ู…ุฌุงู„ุณ ุงู„ุญู„ุงู„ ูˆุงู„ุญุฑุงู…ุŒ ูƒูŠู ุชุดุชุฑูŠ ูˆุชุจูŠุน ูˆุชุตู„ูŠ ูˆุชุตูˆู… ูˆุชู†ูƒุญ ูˆุชุทู„ู‚ ูˆุชุญุฌุŒ ูˆุฃุดุจุงู‡ ู‡ุฐุง

โ€œMajelis-majelis dzikir adalah majelis tentang halal dan haram, tata cara membeli, menjual, shalat, puasa, nikah, thalaq, haji, dan yang semisalnya.โ€ (Imam An Nawawi, Al Adzkar, Hal. 11. Mawqiโ€™ Ruh Al Islam)

Hal itu bertentangan dengan riwayat Imam Al Bukhari, dari Abu Hurairah Radhiallahu โ€˜Anhu, bahwa Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda: (kami ringkas saja)

ุฅูู†ู‘ูŽ ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุฉู‹ ูŠูŽุทููˆูููˆู†ูŽ ูููŠ ุงู„ุทู‘ูุฑูู‚ู ูŠูŽู„ู’ุชูŽู…ูุณููˆู†ูŽ ุฃูŽู‡ู’ู„ูŽ ุงู„ุฐู‘ููƒู’ุฑู ููŽุฅูุฐูŽุง ูˆูŽุฌูŽุฏููˆุง ู‚ูŽูˆู’ู…ู‹ุง ูŠูŽุฐู’ูƒูุฑููˆู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุชูŽู†ูŽุงุฏูŽูˆู’ุง ู‡ูŽู„ูู…ู‘ููˆุง ุฅูู„ูŽู‰ ุญูŽุงุฌูŽุชููƒูู…ู’ ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽูŠูŽุญููู‘ููˆู†ูŽู‡ูู…ู’ ุจูุฃูŽุฌู’ู†ูุญูŽุชูู‡ูู…ู’ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงุกู ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽูŠูŽุณู’ุฃูŽู„ูู‡ูู…ู’ ุฑูŽุจู‘ูู‡ูู…ู’ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุฃูŽุนู’ู„ูŽู…ู ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ู…ูŽุง ูŠูŽู‚ููˆู„ู ุนูุจูŽุงุฏููŠ ู‚ูŽุงู„ููˆุง ูŠูŽู‚ููˆู„ููˆู†ูŽ ูŠูุณูŽุจู‘ูุญููˆู†ูŽูƒูŽ ูˆูŽูŠููƒูŽุจู‘ูุฑููˆู†ูŽูƒูŽ ูˆูŽูŠูŽุญู’ู…ูŽุฏููˆู†ูŽูƒูŽ ูˆูŽูŠูู…ูŽุฌู‘ูุฏููˆู†ูŽูƒูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽูŠูŽู‚ููˆู„ู ู‡ูŽู„ู’ ุฑูŽุฃูŽูˆู’ู†ููŠ ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽูŠูŽู‚ููˆู„ููˆู†ูŽ ู„ูŽุง ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽุง ุฑูŽุฃูŽูˆู’ูƒูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽูŠูŽู‚ููˆู„ู ูˆูŽูƒูŽูŠู’ููŽ ู„ูŽูˆู’ ุฑูŽุฃูŽูˆู’ู†ููŠ ู‚ูŽุงู„ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู„ููˆู†ูŽ ู„ูŽูˆู’ ุฑูŽุฃูŽูˆู’ูƒูŽ ูƒูŽุงู†ููˆุง ุฃูŽุดูŽุฏู‘ูŽ ู„ูŽูƒูŽ ุนูุจูŽุงุฏูŽุฉู‹ ูˆูŽุฃูŽุดูŽุฏู‘ูŽ ู„ูŽูƒูŽ ุชูŽู…ู’ุฌููŠุฏู‹ุง ูˆูŽุชูŽุญู’ู…ููŠุฏู‹ุง ูˆูŽุฃูŽูƒู’ุซูŽุฑูŽ ู„ูŽูƒูŽ ุชูŽุณู’ุจููŠุญู‹ุงโ€ฆโ€ฆโ€ฆโ€ฆโ€ฆโ€ฆ.

โ€œSesungguhnya Allah memiliki malaikat yang berkeliling di jalan-jalan untuk mencari orang-orang yang berdzikir. Jika mereka menemukan sekelompok kaum yang sedang berdzikir kepada Allah, maka para malaikat memanggil: marilah sambut hajat kalian. Lalu mereka ( kaum yang berdzikir) dinaungi dengan sayap-sayap mereka menuju langit dunia, lalu berkata: โ€œmereka memohon kepada Tuhan mereka -dan Dia lebih tahu dibanding mereka. (Allah bertanya): โ€œapa yang diucapkan hamba-hambaKu?โ€ Para malaikat menjawab: โ€œMereka bertasbih (dengan subhanallah) kepadaMu, bertakbir (membesarkan dengan โ€˜Allahu Akbar), bertahmid (memuji dengan Alhamdulillah), dan bertamjid (memuliakan)Mu.โ€ Allah berfirman: โ€œApakah mereka melihat Aku?โ€ Para malaikat menjawab: โ€œTidak, demi Allah mereka tidak melihatMu.โ€ Allah bertanya: โ€œBagaimana jika mereka melihat Aku?โ€ Para malaikat menjawab: โ€œSeandainya mereka melihatMu niscaya mereka akan lebih kuat lagi beribadah kepadaMu, dan lebih kuat bertamjid, tahmid, dan lebih banyak bertasbih kepadaMu โ€ฆโ€ฆโ€ฆโ€ฆโ€

Hadits ini menunjukkan bahwa mereka berkumpul dengan bertasbih, tahmid, takbir, dan lainnya. Tentunya ini adalah berdzikir dengan mengucapkan kalimat-kalimat dzikir, bukan majelis ilmu semata. Oleh karena itu Imam Ash Shanโ€™ani Rahimahullah mengomentari hadits ini:

ูˆู‡ุฐุง ู…ู† ูุถุงุฆู„ ู…ุฌุงู„ุณ ุงู„ุฐูƒุฑ ุชุญุถุฑู‡ุง ุงู„ู…ู„ุงุฆูƒุฉ ุจุนุฏ ุงู„ุชู…ุงุณู‡ู… ู„ู‡ุง ูˆุงู„ู…ุฑุงุฏ ุจุงู„ุฐูƒุฑ ู‡ูˆ ุงู„ุชุณุจูŠุญ ูˆุงู„ุชุญู…ูŠุฏ ูˆุชู„ุงูˆุฉ ุงู„ู‚ุฑุขู† ูˆู†ุญูˆ ุฐู„ูƒ

โ€œIni merupakan keutamaan majelis-majelis dzikir yang malaikat hadir di dalamnya setelah mereka menemukannya. Dan yang dimaksud dengan dzikir adalah bertasbih, bertahmid, membaca Al Quran, dan yang semisalnya.โ€ (Imam Muhammad bin Ismail Ash Shanโ€™ani, Subulus Salam, 4/213)

Bahkan Imam An Nawawi memperluas makna dzikir, bukan hanya seperti itu tapi juga semua bentuk ketaatan.

Beliau berkata:

ุงุนู„ู… ุฃู† ูุถูŠู„ุฉ ุงู„ุฐูƒุฑ ุบูŠุฑ ู…ู†ุญุตุฑุฉ ููŠ ุงู„ุชุณุจูŠุญ ูˆุงู„ุชู‡ู„ูŠู„ ูˆุงู„ุชุญู…ูŠุฏ ูˆุงู„ุชูƒุจูŠุฑ ูˆู†ุญูˆู‡ุงุŒ ุจู„ ูƒู„ ุนุงู…ู„ ู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุจุทุงุนุฉ ูู‡ูˆ ุฐุงูƒุฑ ู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ุŒ ูƒุฐุง ู‚ุงู„ู‡ ุณุนูŠุฏ ุจู† ุฌุจูŠุฑ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ูˆุบูŠุฑู‡ ู…ู† ุงู„ุนู„ู…ุงุก

โ€œKetahuilah bahwa keutamaan dzikir tidaklah dibatasi hanya pada tasbih, tahmid, takbir, dan semisalnya. Tetapi semua amal ketaatan yang dilakukan untuk Allah Taโ€™ala juga merupakan dzikrullah Taโ€™ala. Demikianlah yang dikatakan oleh Saโ€™id bin Jubeir Radhiallahu โ€˜Anhu dan ulama lainnya.โ€ (Al Adzkar, Hal. 11)

Sedangkan Al Hafizh Ibnu Hajar Rahimahullah masih meragukan โ€˜majelis ilmuโ€™ dimasukan sebagai bagian dari majelis dzikir. Beliau berkata:

ุงู„ู’ู…ูุฑูŽุงุฏ ุจูู…ูŽุฌูŽุงู„ูุณ ุงู„ุฐู‘ููƒู’ุฑ ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ุชูŽุดู’ุชูŽู…ูู„ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฐููƒู’ุฑ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ ุจูุฃูŽู†ู’ูˆูŽุงุนู ุงู„ุฐู‘ููƒู’ุฑ ุงู„ู’ูˆูŽุงุฑูุฏูŽุฉ ู…ูู†ู’ ุชูŽุณู’ุจููŠุญ ูˆูŽุชูŽูƒู’ุจููŠุฑ ูˆูŽุบูŽูŠู’ุฑู‡ู…ูŽุง ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุชูู„ูŽุงูˆูŽุฉ ูƒูุชูŽุงุจ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ ุณูุจู’ุญูŽุงู†ู‡ ูˆูŽุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุก ุจูุฎูŽูŠู’ุฑูŽูŠู’ ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ูˆูŽุงู„ู’ุขุฎูุฑูŽุฉ ุŒ ูˆูŽูููŠ ุฏูุฎููˆู„ ู‚ูุฑูŽุงุกูŽุฉ ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซ ุงู„ู†ู‘ูŽุจูŽูˆููŠู‘ ูˆูŽู…ูุฏูŽุงุฑูŽุณูŽุฉ ุงู„ู’ุนูู„ู’ู… ุงู„ุดู‘ูŽุฑู’ุนููŠู‘ ูˆูŽู…ูุฐูŽุงูƒูŽุฑูŽุชู‡ ูˆูŽุงู„ูุงุฌู’ุชูู…ูŽุงุน ุนูŽู„ูŽู‰ ุตูŽู„ูŽุงุฉ ุงู„ู†ู‘ูŽุงููู„ูŽุฉ ูููŠ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู’ู…ูŽุฌูŽุงู„ูุณ ู†ูŽุธูŽุฑ ุŒ ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽุดู’ุจูŽู‡ ุงูุฎู’ุชูุตูŽุงุต ุฐูŽู„ููƒูŽ ุจูู…ูŽุฌูŽุงู„ูุณ ุงู„ุชู‘ูŽุณู’ุจููŠุญ ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽูƒู’ุจููŠุฑ ูˆูŽู†ูŽุญู’ูˆู‡ู…ูŽุง ูˆูŽุงู„ุชู‘ูู„ูŽุงูˆูŽุฉ ุญูŽุณู’ุจ ุŒ ูˆูŽุฅูู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ู‚ูุฑูŽุงุกูŽุฉ ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซ ูˆูŽู…ูุฏูŽุงุฑูŽุณูŽุฉ ุงู„ู’ุนูู„ู’ู… ูˆูŽุงู„ู’ู…ูู†ูŽุงุธูŽุฑูŽุฉ ูููŠู‡ู ู…ูู†ู’ ุฌูู…ู’ู„ูŽุฉ ู…ูŽุง ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ ุชูŽุญู’ุช ู…ูุณูŽู…ู‘ูŽู‰ ุฐููƒู’ุฑ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

โ€œMaksud dari majelis dzikir adalah mencakup berdzikir kepada Allah dengan berbagai jenis kalimat dzikir yang warid (datangnya dari sunnah) berupa tasbih, takbir, dan selain keduanya. Dan, termasuk membaca Kitabullah, berdoa untuk kebaikan dunia dan akhirat. Ada pun membaca hadits nabawi, mengkaji ilmu syarโ€™i, dan mendiskusikannya, berkumpul (berjamaah) untuk melakukan shalat sunah, maka memasukan majelis-majelis seperti ini (sebagai majelis dzikir, pen) masih perlu dipertimbangkan (nazhar). Serupa dengan ini adalah mengkhususkan hal itu dengan majelis tasbih, takbir, dan semisalnya, dan membaca Al Quran. Dan, jika sekedar membaca hadits, mengkaji ilmu, dan mendebatkannya dalam artian secara umum, maka tidaklah dia termasuk dari penamaan dzikrullah Taโ€™ala.โ€ (Imam Abul Fadhl Ahmad bin Hajar, Fathul Bari, 11/212. Darul Fikr, dengan tahqiq; Syaikh Ibnu Baaz. Lihat juga Syaikh Abul โ€˜Ala bin Muhammad Abdurrahman bin Abdurrahim Al Mubarkafuri, Tuhfah Al Ahwadzi, 10/60. Cet. 2. 1963M-1383H. Al Maktabah As Salafiyah)

📌 Tadarusan Malam Hari di Ramadhan

Khusus di bulan Ramadhan, maka tadarusan bersama itu merupakan sunnah Nabi ๏ทบ dan malaikat Jibril โ€˜Alaihissalam.

Ibnu โ€˜Abbas Radhiallahu โ€˜Anhuma menceritakan:

ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุฌูุจู’ุฑููŠู„ู ูŠูŽู„ู’ู‚ูŽุงู‡ู ูููŠ ูƒูู„ู‘ู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ู…ูู†ู’ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ููŽูŠูุฏูŽุงุฑูุณูู‡ู ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ูŽ

Jibril menemuinya pada tiap malam malam bulan Ramadhan, dan dia (Jibril) bertadarus Al Quran bersamanya. (HR. Bukhari No. 3220)

Wallahu Aโ€™lam

🍃🌾🌴🌸โ˜˜🌷🌺🌻

โœ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top