Tafsir Surat Al Mulk (Bagian 8)

📂 ALLAH MENGETAHUI YANG TERSEMBUYI DAN NYATA

📌 Nash Ayat

ูˆูŽุฃูŽุณูุฑู‘ููˆุง ู‚ูŽูˆู’ู„ูŽูƒูู…ู’ ุฃูŽูˆู ุงุฌู’ู‡ูŽุฑููˆุง ุจูู‡ู ุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ููŠู…ูŒ ุจูุฐูŽุงุชู ุงู„ุตู‘ูุฏููˆุฑู (13) ุฃูŽู„ูŽุง ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ู ู…ูŽู†ู’ ุฎูŽู„ูŽู‚ูŽ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽุทููŠูู ุงู„ู’ุฎูŽุจููŠุฑู (14)

13- โ€œDan rahasiakanlah perkataanmu atau nyatakanlah, Sungguh Dia ( Allah ) Maha Mengetahui segala isi hati

14- โ€œApakah (pantas) Allah yang menciptakan itu tidak mengetahui? Dan Dia Maha Halus dan Maha Mengetahui

📌 Tinjauan Bahasa

ูˆูŽุฃูŽุณูุฑู‘ููˆุง

โ€œ Dan rahasiakanlah

ุงุฌู’ู‡ูŽุฑููˆู’ุง

โ€œNyatakanlah, terangkanlah

📌 Kandungan Ayat

Ayat ini menceritakan kepada kita tentang sifat Allah yang mengetahui semua kondisi hamb-Nya, baik saat sendiri, tersembunyi, tak ada orang yang mengetahui, namun Allah Maha mengetahui segala yang tersembunyi meski di lubuk hati yang paling dalam. Begitupula tentang segala yang nyata, jelas dan terlihat, tak luput sedikitpun dari pengetahuan Allah. Sudah sewajarnya manusia mengikhlaskan segala perbuatan hanya karena Allah subhanahu wataโ€™ala, karena Dia mengetahui segalanya.

Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya menukil sebuah hadits dalam as Sahihain terkait dengan golongan yang berhak mendapat pertolongan dan naungan dari Allah kelak di hari kiamat saat tak ada naungan lain selain perlindungan Allah dalam hadits:

ุณูŽุจู’ุนูŽุฉูŒ ูŠูุธูู„ูู‘ู‡ูู…ู’ ุงู„ู„ู‡ู ูููŠ ุธูู„ูู‘ู‡ู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ู„ุงูŽ ุธูู„ูŽู‘ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุธูู„ูู‘ู‡ู: ุงู’ู„ุฅูู…ูŽุงู…ู ุงู„ู’ุนูŽุงุฏูู„ูุŒ ูˆูŽุดูŽุงุจูŒู‘ ู†ูŽุดูŽุฃูŽ ุจูุนูุจูŽุงุฏูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ูุŒ ูˆูŽุฑูŽุฌูู„ูŒ ู‚ูŽู„ู’ุจูู‡ู ู…ูุนูŽู„ูŽู‘ู‚ูŒ ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุณูŽุงุฌูุฏูุŒ ูˆูŽุฑูŽุฌูู„ุงูŽู†ู ุชูŽุญูŽุงุจูŽู‘ุง ูููŠ ุงู„ู„ู‡ู ุงุฌู’ุชูŽู…ูŽุนูŽุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุชูŽููŽุฑูŽู‘ู‚ูŽุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูุŒ ูˆูŽุฑูŽุฌูู„ูŒ ุฏุนุชู‡ ุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุฉูŒ ุฐูŽุงุชู ู…ูŽู†ู’ุตูุจู ูˆูŽุฌูŽู…ูŽุงู„ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฅูู†ูู‘ูŠู’ ุฃูŽุฎูŽุงูู ุงู„ู„ู‡ูŽุŒ ูˆูŽุฑูŽุฌูู„ูŒ ุชูŽุตูŽุฏูŽู‘ู‚ูŽ ุจูุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉู ููŽุฃูŽุฎู’ููŽุงู‡ูŽุง ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ู„ุงูŽ ุชูŽุนู’ู„ูŽู…ูŽ ุดูู…ูŽุงู„ูู‡ู ู…ูŽุง ุชูู†ู’ููู‚ู ูŠูŽู…ููŠู’ู†ูู‡ูุŒ ูˆูŽุฑูŽุฌูู„ูŒ ุฐูŽูƒูŽุฑูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ุฎูŽุงู„ููŠู‹ุง ููŽููŽุงุถูŽุชู’ ุนูŽูŠู’ู†ูŽุงู‡ู

Tujuh golongan yang akan mendapatkan naungan Allah Subhanahu wataโ€™ala dimana tidak ada naungan kecuali hanya naungan Allah Taโ€™ala. Yaitu:ย 

  1. Pemimpin yang adil
  2. Pemuda yang tumbuh dalam ibadah kepada Allah Taโ€™ala
  3. Seorang yang hatinya senantiasa bergantung di masjid
  4. Dua orang yang saling mencintai karena Allah Taโ€™ala. Mereka berkumpul karena Allah dan mereka pun berpisah juga karena Allah Taโ€™ala.
  5. Seorang yang diajak wanita untuk berbuat yang tidak baik, dimana wanita tersebut memiliki kedudukan dan kecantikan, namun ia mampu mengucapkan, โ€œSungguh aku takut kepada Allahโ€.
  6. Seorang yang bersedekah dan dia sembunyikan sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya.
  7. Seorang yang mengingat Allah dalam keadaan sendirian sehingga kedua matanya meneteskan air mata. ( Sahih Bukhari, no. 660, Sahih Muslim, no.1031 bersumber dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu)

Syekh An Nawawi Al Bantani dalam tafsirnya mengungkapkan bahwa dalam ayat ini, Allah mengetahui hati dan kondisinya, oleh karena itu berhati-hatilah dengan kemaksiatan yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi, karena Allah mengetahuinya sama persis seperti mengetahui kemaksiatan yang dilakukan secara terang-terangan.(Marah Labid,2/547)

As Syahid Sayid Qutub menyebutkan dalam tafsirnya:

ุนู†ุฏุฆุฐ ูŠุชู‚ูŠ ุงู„ู…ุคู…ู† ุงู„ู†ูŠุฉ ุงู„ู…ูƒู†ูˆู†ุฉุŒ ูˆุงู„ู‡ุงุฌุณ ุงู„ุฏููŠู†ุŒ ูƒู…ุง ูŠุชู‚ูŠ ุงู„ุญุฑูƒุฉ ุงู„ู…ู†ุธูˆุฑุฉุŒ ูˆุงู„ุตูˆุช ุงู„ุฌู‡ูŠุฑ. ูˆู‡ูˆ ูŠุชุนุงู…ู„ ู…ุน ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฐูŠ ูŠุนู„ู… ุงู„ุณุฑ ูˆุงู„ุฌู‡ุฑุŒ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฐูŠ ุฎู„ู‚ ุงู„ุตุฏูˆุฑ ูู‡ูˆ ูŠุนู„ู… ู…ุง ููŠ ุงู„ุตุฏูˆุฑ

โ€œSaat itulah seorang mukmin berhati-hati dengan niat, batasan yang membedakannya, seperti berhati-hati dengan gerakan yang terlihat, suara yang terdengar, karena dia berinteraksi dengan Allah, Dzat Yang Maha Mengetahui hal yang tersembunyi dan yang nyata, Allah yang menciptakan hati, tentu Dia Maha Tahu apa yang tersembunyi didalamnyaโ€. (Fi Dzilalil Qurโ€™an, 6/3637)

ุฃูŽู„ูŽุง ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ู ู…ูŽู†ู’ ุฎูŽู„ูŽู‚ูŽ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽุทููŠูู ุงู„ู’ุฎูŽุจููŠุฑู (14)

โ€œApakah (pantas) Allah yang menciptakan itu tidak mengetahui? Dan Dia Maha Halus dan Maha Mengetahuiโ€.

Dari Ibnu Ishaq Al Isfirai bahwa maksud Al Alim (Maha Mengetahui) merupakan sifat Allah yang maknanya adalah mengetahui segala macam pengetahuan, diantaranya adalah al Khabir, salah satu sifat khusus Allah yang Maha Mengetahui sesuatu yang belum terjadi. Al Hakim, salah satu sifat khusus Allah yang Maha Mengetahui secara detail sifat-sifat makhluk-Nya. As Syahid, merupakah saifat Allah yang Maha Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Al Hafizh merupakan sifat khusus Allah yang tak akan pernah lupa. (As Syinkithi, Adhwaul Bayan, 8/237)

📌 Hikmah Ayat

  • Allah Maha Mengetahui segala yang tersembunyi ataupun yang terang-terangan, tak ada perbedaan diantara keduanya.
  • Pentingnya melihat kondisi hati dan niat terlebih dahulu sebelum beramal, Karena amal yang tidak disertai kehadiran hati dan keikhlasan hanya akan sia-sia, apalagi menyimpang dari ajaran Rasulullah.
  • Orang yang beramal sembunyi-sembunyi lebih aman dari sifat riya.

🌺🌸🍃🌹🍀🌾🌴🌾

โœ Fauzan Sugiono

Serial Tafsir Surat Al Mulk:

Tafsir Surat Al Mulk ( Bagian 1) Gambaran Umum Surat Al Mulk

Tafsir Surat Al Mulk ( Bagian 2)

Tafsir Surat Al Mulk ( Bagian 3) Amal Terbaik

Tafsir Surat Al Mulk ( Bagian 4) Allah Menciptakan Tujuh Langit Berlapis-lapis

Tafsir Surat Al Mulk ( Bagian 5) Bintang dilangit dijadikan Allah alat pelempar syetan

Tafsir Surat Al Mulk ( Bagian 6) ILUSTRASI MURKA NERAKA KEPADA ORANG-ORANG KAFIR

Tafsir Surat Al Mulk ( Bagian 7) PENYESALAN ORANG-ORANG KAFIR

Tafsir Surat Al Mulk ( Bagian 8) ALLAH MENGETAHUI YANG TERSEMBUYI DAN NYATA

Tafsir Surat Al Mulk ( Bagian 9) ALLAH MAHA PEMBERI RASA AMAN

Tafsir Surat Al Mulk ( Bagian 10) DESKRIPSI KEKUASAAN ALLAH PADA SEEKOR BURUNG

Tafsir Surat Al Mulk ( Bagian 11) ALLAH MAHA PENOLONG, ALLAH PEMBERI REZEKI

Tafsir Surat Al Mulk ( Bagian 12) Perumpamaan Orang Yang Mendapat Petunjuk

Tafsir Surat Al Mulk ( Bagian 13) Nikmat Pendengaran, Penglihatan dan Hati Nurani

Tafsir Surat Al Mulk ( Bagian 14) Hanya Allah Yang Maha Tahu Kapan Datangnya Hari Kiamat

Tafsir Surat Al Mulk ( Bagian 15) Adzab yang Dinantikan Akhirnya Datang

Tafsir Surat Al Mulk ( Bagian 16) Allah Maha Mematikan dan Memberi Rahmat, Tawakal Hanya Kepada-Nya, serta Dia Maha Pemberi Nikmat air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top