Tafsir Surat At Tahrim bag. 9 (SELESAI)

💢💢💢💢💢

Maryam Putri Imran, Wanita yang Taat

وَمَرْيَمَ ابْنَتَ عِمْرَانَ الَّتِي أَحْصَنَتْ فَرْجَهَا فَنَفَخْنَا فِيهِ مِنْ رُوحِنَا وَصَدَّقَتْ بِكَلِمَاتِ رَبِّهَا وَكُتُبِهِ وَكَانَتْ مِنَ الْقَانِتِينَ

dan (ingatlah) Maryam binti Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh (ciptaan) Kami, dan dia membenarkan kalimat Rabbnya dan Kitab-Kitab-Nya, dan dia adalah termasuk orang-orang yang taat.

📌Mufrodat

أَحْصَنَتْ فَرْجَهَا

Menjaga kehormatannya

مِنَ الْقَانِتِينَ

Termasuk orang-orang yang taat

📌Siapakah Maryam?

Dia adalah Maryam binti Imran, ibunda tercinta dari nabiyullah Isa Alaihissalam. Seorang wanita mulia yang menjaga kehormatannya, baginya kemuliaan di dunia dan akherat. Allah memilihnya dari sekian banyak wanita di dunia pada masanya ditengah kaum yang gemar bermaksiat, namun Maryam mampu menjada diri dan kesuciannya, hingga kemudian Allah memilihnya untuk mengandung janin yang didalamnya ruh nabi Isa alaihis salam. [1]

📌Ujian yang menimpa Maryam Binti Imran

Ujian yang Allah berikan kepada Maryam binti Imran, wanita yang menjaga kesucian dan kehormatan ditengah kaumnya, tiba-tiba ia mengandung, tiada bersuami.

Firman Allah:

قَالَ إِنَّمَا أَنَا رَسُولُ رَبِّكِ لِأَهَبَ لَكِ غُلَامًا زَكِيًّا (19) قَالَتْ أَنَّى يَكُونُ لِي غُلَامٌ وَلَمْ يَمْسَسْنِي بَشَرٌ وَلَمْ أَكُ بَغِيًّا (20) قَالَ كَذَلِكِ قَالَ رَبُّكِ هُوَ عَلَيَّ هَيِّنٌ وَلِنَجْعَلَهُ آيَةً لِلنَّاسِ وَرَحْمَةً مِنَّا وَكَانَ أَمْرًا مَقْضِيًّا (21)

Ia (jibril) berkata: “Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci (19). Maryam berkata: “Bagaimana akan ada bagiku seorang anak laki-laki, sedang tidak pernah seorang manusiapun menyentuhku dan aku bukan (pula) seorang pezina!”(20).Jibril berkata: “Demikianlah”. Tuhanmu berfirman: “Hal itu adalah mudah bagi-Ku; dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan” (21) (QS. Maryam [19]:19-21)

Imam Ahmad menyebutkan riwayat dari Ibnu Abbas berkata, Rasulullah bersabda:

«خطّ رسول الله صلى الله عليه وسلم في الأرض أربعة خطوط، وقال: أتدرون ما هذا؟ قالوا: الله ورسوله أعلم، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: أفضل نساء أهل الجنة: خديجة بنت خويلد، وفاطمة بنت محمد، ومريم ابنة عمران، وآسية بنت مزاحم امرأة فرعون» .

Rasulullah menorehkan empat garis di tanah, lalu berkata kepada para sahabat,’Tahukah kalian garis apakah ini?”, lalu para sahabat berkata,” Allah dan Rasulnya lebih tahu”. Kemudian Rasulullah bersabda,” Sebaik-baik wanita penduduk syurga adalah,” Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, Maryam binti Imran dan Asiyah binti Muzahim istri Fir’aun”.  [2] ( HR. Ahmad, no. 2903, Al Hakim, 2/539, Ibnu Hajar, Fath al Bari,6/543 dan ia berkata Sanadnya sahih)

Menurut Abdul Malik al-Qusyairi, ayat terakhir ini khusus menyebutkan Maryam binti Imran seorang wanita dan ketaatannya tanpa menyebutkan laki-laki, sebagai pengkhususan atas kedudukannya disisi Allah. [3]

📚 Kesimpulan:

1.  Hubungan kekerabatan dan nasab seseorang didunia mungkin bisa berguna, namun di akherat, kedekatan tersebut jika masing-masing berbeda agama maka tidak ada gunanya, masing-masing tak kan bisa menyelamatkan yang lain.

2.  Berinteraksi dengan orang kafir selama tidak membahayakan jiwa dan agama tidaklah dilarang.

3.  Tribulasi hidup senantiasa akan menimpa orang-orang beriman yang terus berusaha meneguhkan keimanannya dihadapan Allah, hingga ujian tersebut semakin meneguhkan keyakinannya kepada Allah.

4.  Perintah Allah untuk menjaga kesucian diri dari maksiat dan hal-hal yang dilarang Allah.

والله أعلم

Bersambung ke Seri Tafsir Juz ‘Amma, Insya Allah

🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿

[1] Wahbah Zuhaily, Tafsir Al Munir, (Damaskus, Dar al Fikr al Muashir, 1418 H) 28/327

[2]  HR. Ahmad, no. 2903, Al Hakim, 2/539, Ibnu Hajar, Fath al Bari,6/543 dan ia berkata Sanadnya sahih, Al Haitsami berkata dalam Majma’ Az Zawaid, 9/226, perawiya Tsiqah.

[3]  Abdul Malik Al Qusyairi, Lathaiful Isyarah, (Mesir: Haiah Ammah Lil Kutub) 3/609

🌻🍃🌴🌺🌸☘🌾🌿

✍ Ust Fauzan Sugiono, Lc

Serial Tafsir Surat At-Tahrim

Tafsir Surat At Tahrim (Bag 1)

Tafsir Surat At Tahrim (Bag 2)

Tafsir At Tahrim (Bag. 3)

Tafsir At Tahrim (Bag. 4)

Tafsir Surat At Tahrim (Bag 5A)

Tafsir Surat At Tahrim (Bag 5B)

Tafsir Surat At Tahrim (Bag 6)

Tafsir Surat At Tahrim (Bag 7)

Tafsir Surat At Tahrim (Bag 8)

Tafsir Surat At Tahrim (Bag 9, Selesai)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top