Azab Kubur Menurut Ulama Ahlus Sunnah

💥💦💥💦💥💦

📌 Imam Ahmad bin Hambal Rahimahullah

Dalam Fiqhus Sunnah tertulis:

ูˆู‚ุงู„ ุงู„ู…ุฑูˆุฒูŠ: ู‚ุงู„ ุฃุจูˆ ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ูŠุนู†ูŠ ุงู„ุงู…ุงู… ุฃุญู…ุฏ -: ุนุฐุงุจ ุงู„ู‚ุจุฑ ุญู‚ ู„ุง ูŠู†ูƒุฑู‡ ุฅู„ุง ุถุงู„ ู…ุถู„. ูˆู‚ุงู„ ุญู†ุจู„: ู‚ู„ุช ู„ุงุจูŠ ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ููŠ ุนุฐุงุจ ุงู„ู‚ุจุฑ.
ูู‚ุงู„: ู‡ุฐู‡ ุฃุญุงุฏูŠุซ ุตุญุงุญ ู†ุคู…ู† ุจู‡ุง ูˆู†ู‚ุฑ ุจู‡ุงุŒ ูˆูƒู„ ู…ุง ุฌุงุก ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุจุฅุณู†ุงุฏ ุฌูŠุฏ ุฃู‚ุฑุฑู†ุง ุจู‡ุŒ ูุฅู†ุง ุฅุฐุง ู„ู… ู†ู‚ุฑ ุจู…ุง ุฌุงุก ุจู‡ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู….
ูˆุฏูุนู†ุงู‡ ูˆุฑุฏุฏู†ุงู‡ุŒ ุฑุฏุฏู†ุง ุนู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุฃู…ุฑู‡ ู‚ุงู„ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰: (ูˆู…ุง ุขุชุงูƒู… ุงู„ุฑุณูˆู„ ูุฎุฐูˆู‡).
ู‚ู„ุช ู„ู‡: ูˆุนุฐุงุจ ุงู„ู‚ุจุฑ ุญู‚ุŸ ู‚ุงู„: ุญู‚.
ูŠุนุฐุจูˆู† ููŠ ุงู„ู‚ุจูˆุฑ. ู‚ุงู„: ูˆุณู…ุนุช ุฃุจุง ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ูŠู‚ูˆู„: ู†ุคู…ู† ุจุนุฐุงุจ ุงู„ู‚ุจุฑุŒ ูˆุจู…ู†ูƒุฑ ูˆู†ูƒูŠุฑุŒ ูˆุฃู† ุงู„ุนุจุฏ ูŠุณุฃู„ ููŠ ู‚ุจุฑู‡: ู (ูŠุซุจุช ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฐูŠู† ุขู…ู†ูˆุง ุจุงู„ู‚ูˆู„ ุงู„ุซุงุจุช ููŠ ุงู„ุญูŠุงุฉ ุงู„ุฏู†ูŠุง ูˆููŠ ุงู„ุขุฎุฑุฉ) ููŠ ุงู„ู‚ุจุฑ.

Berkata Al Marwazi (Al Maruzi); berkata Abu Abdullah yakni Imam Ahmad: โ€œAzab kubur adalah benar, tidak ada yang mengingkarinya kecuali orang yang sesat dan menyesatkan.โ€

Berkata Hambal: Aku bertanya kepada Abu Abdillah (Imamย Ahmad bin Hambal) tentang azab kubur, dia menjawab: โ€œHadits-hadits ini adalah shahih dan kami beriman kepadanya dan menetapkan kebenarannya. Dan semua apa-apa yang datang dari Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam dan sanad yang baik maka kami membenarkannya, sebab jika kami tidak menetapkan kebenaran apa-apa yang datang dari Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam maka sama saja kami menolak dan membantah perintah Allah Taโ€™ala yang berbunyi: โ€œDan apa-apa yang diberikan Rasul kepadamu maka ambil-lah.โ€

Saya berkata kepadanya: โ€œApakah azab kubur benar adanya?โ€ Dia menjawab: โ€œBenar, manusia disiksa di dalam kuburnya.โ€ Dia berkata; Aku mendengar Abu Abdillah (Imam Ahmad) berkata: โ€œKami beriman kepada azab kubur, munkar dan nakir, dan sesungguhnya seorang hamba akan ditanya di kuburnya. Maksud ayat: โ€œAllah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan Ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat,โ€ yaitu di dalam kubur. (Syaikh Sayyid Sabiq, Fiqhus Sunnah, 1/572)

📌 Imam Ibnu Hazm Rahimahullah

Beliau berkata:

ูˆุงู† ุนุฐุงุจ ุงู„ู‚ุจุฑ ุญู‚ ูˆู…ุณุฃู„ุฉ ุงู„ุงุฑูˆุงุญ ุจุนุฏ ุงู„ู…ูˆุช ุญู‚ ูˆู„ุง ูŠุญูŠุง ุฃุญุฏ ุจุนุฏ ู…ูˆุชู‡ ุฅู„ู‰ ูŠูˆู… ุงู„ู‚ูŠุงู…ุฉ

โ€œSesungguhnya azab kubur adalah benar, dan ditanya-nya ruh setelah mati adalah benar, dan tak seorang pun dihidupkan setelah matinya hingga hari kiamat.โ€ (Imam Ibnu Hazm, Al Muhalla, 1/22)

📌Imam Ibnu Hajar Al Asqalani Rahimahullah

Beliau berkata:

ูˆูŽุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุงูุจู’ู† ุญูŽุฒู’ู… ูˆูŽุงุจู’ู† ู‡ูุจูŽูŠู’ุฑูŽุฉ ุฅูู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ุณู‘ูุคูŽุงู„ ูŠูŽู‚ูŽุน ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุฑู‘ููˆุญ ููŽู‚ูŽุทู’ ู…ูู†ู’ ุบูŽูŠู’ุฑ ุนูŽูˆู’ุฏ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุฌูŽุณูŽุฏ ุŒ ูˆูŽุฎูŽุงู„ูŽููŽู‡ูู…ู’ ุงู„ู’ุฌูู…ู’ู‡ููˆุฑ ููŽู‚ูŽุงู„ููˆุง : ุชูุนูŽุงุฏ ุงู„ุฑู‘ููˆุญ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุฌูŽุณูŽุฏ ุฃูŽูˆู’ ุจูŽุนู’ุถู‡ ูƒูŽู…ูŽุง ุซูŽุจูŽุชูŽ ูููŠ ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซ ุŒ ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุฑู‘ููˆุญ ููŽู‚ูŽุทู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูƒูู†ู’ ู„ูู„ู’ุจูŽุฏูŽู†ู ุจูุฐูŽู„ููƒูŽ ุงูุฎู’ุชูุตูŽุงุต ุŒ ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽู…ู’ู†ูŽุน ู…ูู†ู’ ุฐูŽู„ููƒูŽ ูƒูŽูˆู’ู† ุงู„ู’ู…ูŽูŠู‘ูุช ู‚ูŽุฏู’ ุชูŽุชูŽููŽุฑู‘ูŽู‚ ุฃูŽุฌู’ุฒูŽุงุคูู‡ู ุŒ ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ ู‚ูŽุงุฏูุฑ ุฃูŽู†ู’ ูŠูุนููŠุฏ ุงู„ู’ุญูŽูŠูŽุงุฉ ุฅูู„ูŽู‰ ุฌูุฒู’ุก ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ุฌูŽุณูŽุฏ ูˆูŽูŠูŽู‚ูŽุน ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุณู‘ูุคูŽุงู„ ุŒ ูƒูŽู…ูŽุง ู‡ููˆูŽ ู‚ูŽุงุฏูุฑ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุฌู’ู…ูŽุน ุฃูŽุฌู’ุฒูŽุงุกูŽู‡ู

โ€œIbnu Hazm dan Ibnu Hubairah berpendapat bahwa pertanyaan dalam kubur hanya terjadi pada ruh saja, dia tidak kembali kepada jasadnya. Namun jumhur (mayoritas) ulama berbeda dengan mereka, jumhur mengatakan: โ€œRuh akan dikembalikan kepada jasad atau sebagiannya sebagaimana telah dikuatkan oleh hadits. Seandainya hanya ruh saja tanpa dikembalikan ke badan, maka hal itu harusnya mencegah terjadinya terbagi-baginya tubuh mayat, karena sesungguhnya Allah Maha Mampu untuk mengembalikan kehidupan kepada sebagian anggota jasad dan memberikan pertanyaan kepada mereka, sebagaimana Dia juga mampu mengumpulkan lagi bagian-bagian yang telah terpotong itu.โ€ (Fathul Bari, 3/235)

📌 Syaikh ‘Athiyah Saqr Rahimahullah

Beliau berkata:

ู‡ุฐู‡ ุจุนุถ ุงู„ุฃุฏู„ุฉ ุงู„ู‚ูˆูŠุฉ ุนู„ู‰ ุซุจูˆุช ุงู„ู†ุนูŠู… ูˆุงู„ุนุฐุงุจ ูู‰ ุงู„ู‚ุจุฑุŒ ูุฐู„ูƒ ุซุงุจุช ุจุงู„ุณู†ุฉ ูˆุธุงู‡ุฑ ุงู„ุขูŠุฉุŒ ูˆุฃู‡ู„ ุงู„ุณู†ุฉ ู…ุฌู…ุนูˆู† ุนู„ูŠู‡ ุŒ ูˆุงู„ุฅูุฌู…ุงุน ุญุฌุฉ ุนู†ุฏ ุฃูƒุซุฑ ุงู„ุฃุตูˆู„ูŠูŠู† ุŒ ูˆุฃู†ูƒุฑู‡ ุฌู…ุงุนุฉ ู…ู† ุงู„ู…ุนุชุฒู„ุฉุŒ ูˆู…ู‡ู…ุง ูŠูƒู† ู…ู† ุดู‰ุก ูุฅู† ุงู„ุนู‚ุงุฆุฏ ู„ุง ุชุซุจุช ุฅู„ุง ุจุงู„ู†ุต ุงู„ู‚ุทุนู‰ ูู‰ ุซุจูˆุชู‡ ูˆุฏู„ุงู„ุชู‡ ุŒ ูˆุงู„ุญุฏูŠุซ ุงู„ุตุญูŠุญ ุงู„ุฐู‰ ุฏู„ ุนู„ู‰ ู†ุนูŠู… ุงู„ู‚ุจุฑ ูˆุนุฐุงุจู‡ ุงุนุชุจุฑู‡ ุจุนุถ ุงู„ุนู„ู…ุงุก ู…ู† ู‚ุทุนู‰ ุงู„ุซุจูˆุช ุงู„ุฐู‰ ูŠููŠุฏ ุงู„ุนู„ู… ุงู„ูŠู‚ูŠู†ู‰ ุŒ ูˆุงุนุชุจุฑู‡ ุขุฎุฑูˆู† ุธู†ู‰ ุงู„ุซุจูˆุช ุงู„ุฐู‰ ู„ุง ูŠููŠุฏ ุงู„ุนู„ู… ุงู„ูŠู‚ูŠู†ู‰ุŒ ูˆู…ู† ู‡ู†ุง ูƒุงู† ุงู„ุฎู„ุงู ูู‰ ุงู„ุญูƒู… ุนู„ู‰ ู…ู† ุฃู†ูƒุฑ ู†ุนูŠู… ุงู„ู‚ุจุฑ- ูˆุนุฐุงุจู‡ ุŒ ู‡ู„ ู‡ูˆ ูƒุงูุฑ ุฃูˆ ุบูŠุฑ ูƒุงูุฑ

Ini adalah sebagian dalil-dalil yang kuat atas kepastian nikmat dan azab kubur. Hal ini dikuatkan oleh sunah dan zahir ayat, dan Ahlus Sunnah telah ijmaโ€™ (sepakat) atas hal ini, dan ijmaโ€™ merupakan hujjah menurut mayoritas para ulama ushul, namun kaum muโ€™tazilah mengingkarinya dan mengingkari apa saja yang terjadi di dalamnya. Sesungguhnya perkara aqidah tidaklah ditetapkan kecuali oleh nash (teks agama) yang qathโ€™iuts tsubut (pasti riwayatnya) dan qathโ€™iud dalalah (pasti konteksnya), dan hadits shahih yang menunjukkan adanya nikmat dan azab kubur menurut sebagian ulama adalah qathโ€™iuts tsubut yang membawa faedah bagi ilmu dan keyakinan, dan yang lainnya menganggapnya sebagai zhanniuts tsubut yang tidak berfaedah membawa ilmu dan keyakinan. Dari sinilah terjadinya perbedaan pendapat tentang hukumnya orang-orang yang mengingkari nikmat dan azab kubur, apakah dia kafir atau bukan kafir.โ€ (Fatawa Al Azhar, Juz. 8, Hal. 286)

Demikian. Wallahu a’lam

🍃🌾🌸🌴🌺☘🌷🌻

✏ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top