Haid Berhenti Sore, Apakah Harus Mengqadha Sholat Ashar dan Zhuhur?

🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾

Ya, itulah pendapat mayoritas ulama. Namun, tidak ditemukan hadits dari Nabi ๏ทบ tentang mengqadha shalat bagi wanita haid, atas shalat yang ditinggalkannya termasuk jika datang sucinya saat sore hari. Ada pun riwayat yang menyebutkan hal itu, baik dari Ibnu Abbas dan Abdurrahman bin โ€˜Auf Radhiallahu โ€˜Anhuma, adalah perkataan mereka berdua, dengan kata lain sebagai pendapat sahabat nabi, yang kemudian dianut oleh banyak ulama.

Namun, pendapat ini diingkari oleh โ€˜Aisyah Radhiallahu โ€˜Anha, dan menganggapnya sebagai pendapat kelompok Haruriyah (Khawarij). Menurutnya tidak ada qadha shalat bagi wanita haid, secara umum shalat apa pun.

Dari Muโ€™adzah, dia berkata: Aku bertanya kepada โ€˜Aisyah Radhiallahu โ€˜Anha:

ู…ุง ุจุงู„ ุงู„ุญุงุฆุถ ุชู‚ุถูŠ ุงู„ุตูˆู… ูˆู„ุง ุชู‚ุถูŠ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูู‚ุงู„ุช ุฃุญุฑูˆุฑูŠุฉ ุฃู†ุช ู‚ู„ุช ู„ุณุช ุจุญุฑูˆุฑูŠุฉ ูˆู„ูƒู†ูŠ ุฃุณุฃู„ ู‚ุงู„ุช ูƒุงู† ูŠุตูŠุจู†ุง ุฐู„ูƒ ูู†ุคู…ุฑ ุจู‚ุถุงุก ุงู„ุตูˆู… ูˆู„ุง ู†ุคู…ุฑ ุจู‚ุถุงุก ุงู„ุตู„ุงุฉ

โ€œKenapa wanita haid mesti mengqadha puasa tapi tidak mengqadha shalat?โ€ Aisyah menjawab: โ€œApakah kamu orang haruriyah (khawarij)? Aku (Muโ€™adzah) menjawab: โ€œAku bukan Haruriyah, tapi aku hanya bertanya.โ€ Aisyah berkata: โ€œKami pernah mengalaminya (haid), kami diperintahkan untuk mengqadha shaum, tapi tidak diperintah mengqadha shalat.โ€ (HR. Muslim No. 335)

Imam Al โ€˜Aini mengomentari perkataan โ€˜Aisyah di atas:

ู„ุฃู† ุทุงุฆูุฉ ู…ู† ุงู„ุฎูˆุงุฑุฌ ูŠูˆุฌุจูˆู† ุนู„ู‰ ุงู„ุญุงุฆุถ ู‚ุถุงุก ุงู„ุตู„ุงุฉ ุงู„ูุงุฆุชุฉ ููŠ ุฒู…ู† ุงู„ุญูŠุถ ูˆู‡ูˆ ุฎู„ุงู ุงู„ุฅุฌู…ุงุน

Karena segolongan khawarij mewajibkan bagi wanita haid untuk mengqadha shalat yang telah ditinggalkan pada saat haid, dan ini bertentangan dengan ijmaโ€™. (โ€˜Umdatul Qariโ€™, 5/473)

Imam Abul โ€˜Abbas Al Qurthubi Rahimahullah berkata:

ูˆููŠ ูƒุชุงุจ ุฃุจูŠ ุฏุงูˆุฏ : ุฃู† ุณู…ุฑุฉ ูƒุงู† ูŠุฃู…ุฑ ุงู„ู†ุณุงุก ุจู‚ุถุงุก ุตู„ุงุฉ ุงู„ุญูŠุถ ุŒ ูุฃู†ูƒุฑุช ุฐู„ูƒ ุฃู… ุณู„ู…ุฉ

Dalam kitab Abu Daud disebutkan bahwa Samurrah memerintahkan kaum wanita mengqadha shalat bagi wanita haid, tapi hal itu diingkari oleh Ummu Salamah. (Al Mufhim, 4/70)

Maka, ini merupakan salah satu pandangan ulama, bahwa secara umum wanita haid tidak usah mengqadha shalatnya, termasuk jika masa sucinya datang saat sore menjelang terbenam matahari. Tidak usah bagi mereka mengqadha ashar dan zuhurnya.

Ada pun apa yang dikatakan oleh Ibnu Abbas dan Abdurrahman bin โ€˜Auf adalah pendapat mereka berdua, bahwa khusus jika terhentinya haid sore hari maka wajib mengqadha ashar dan zuhur sekaligus, bukan shalat-shalat sebelumnya.

Alasannya adalah karena haid diqiyaskan dengan โ€œudzurโ€, sebagaimana tidur, maka saat sadar dia mesti mengqadhanya. Inilah pendapat yang juga dipilih banyak imam.

Imam Ibnu Taimiyah Rahimahullah mengatakan:

ูˆูŽู„ูู‡ูŽุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุฌูู…ู’ู‡ููˆุฑู ุงู„ู’ุนูู„ูŽู…ูŽุงุกู : ูƒูŽู…ูŽุงู„ููƒู ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽุงููุนููŠู‘ู ูˆูŽุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏ ุฅุฐูŽุง ุทูŽู‡ูุฑูŽุชู’ ุงู„ู’ุญูŽุงุฆูุถู ูููŠ ุขุฎูุฑู ุงู„ู†ู‘ูŽู‡ูŽุงุฑู ุตูŽู„ู‘ูŽุชู’ ุงู„ุธู‘ูู‡ู’ุฑูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุนูŽุตู’ุฑูŽ ุฌูŽู…ููŠุนู‹ุง ูˆูŽุฅูุฐูŽุง ุทูŽู‡ูุฑูŽุชู’ ูููŠ ุขุฎูุฑู ุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู ุตูŽู„ู‘ูŽุชู’ ุงู„ู’ู…ูŽุบู’ุฑูุจูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุนูุดูŽุงุกูŽ ุฌูŽู…ููŠุนู‹ุง ูƒูŽู…ูŽุง ู†ูู‚ูู„ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุนูŽู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ู ุจู’ู†ู ุนูŽูˆู’ูู ูˆูŽุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ูˆูŽุงุจู’ู†ู ุนูŽุจู‘ูŽุงุณู ุ› ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ูˆูŽู‚ู’ุชูŽ ู…ูุดู’ุชูŽุฑููƒูŒ ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุชูŽูŠู’ู†ู ูููŠ ุญูŽุงู„ู ุงู„ู’ุนูุฐู’ุฑู ููŽุฅูุฐูŽุง ุทูŽู‡ูุฑูŽุชู’ ูููŠ ุขุฎูุฑู ุงู„ู†ู‘ูŽู‡ูŽุงุฑู ููŽูˆูŽู‚ู’ุชู ุงู„ุธู‘ูู‡ู’ุฑู ุจูŽุงู‚ู ููŽุชูุตูŽู„ู‘ููŠู‡ูŽุง ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุตู’ุฑ

Oleh karenanya, inilah pendapat yang diikuti oleh mayoritas ulama, seperti Malik, Syafiโ€™i, dan Ahmad. Jika wanita haid menjadi suci pada akhir siang (maksudnya sore) maka dia mesti shalat zhuhur dan ashar bersamaan. Jika sucinya di akhir malam, maka dia shalat maghrib dan Isya bersamaan, sebagaimana hal itu telah dinukil dari Abdurrahman bin โ€˜Auf, Abu Hurairah, dan Ibnu Abbas, karena saat itu adalah waktu yang menjadi hak dua shalat itu dikala dia masih halangan. (Majmuโ€™ Al Fatawa, 21/434)

Namun, nampaknya Imam Ibnu Taimiyah sendiri tidak memilih pendapat ini, menurutnya pendapat tersebut lemah, katanya:

ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽุธู’ู‡ูŽุฑู ูููŠ ุงู„ุฏู‘ูŽู„ููŠู„ู ู…ูŽุฐู’ู‡ูŽุจู ุฃูŽุจููŠ ุญูŽู†ููŠููŽุฉูŽ ูˆูŽู…ูŽุงู„ููƒู ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ู„ูŽุง ูŠูŽู„ู’ุฒูŽู…ูู‡ูŽุง ุดูŽูŠู’ุกูŒ ุ› ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ู‚ูŽุถูŽุงุกูŽ ุฅู†ู‘ูŽู…ูŽุง ูŠูŽุฌูุจู ุจูุฃูŽู…ู’ุฑู ุฌูŽุฏููŠุฏู ูˆูŽู„ูŽุง ุฃูŽู…ู’ุฑูŽ ู‡ูู†ูŽุง ูŠูŽู„ู’ุฒูŽู…ูู‡ูŽุง ุจูุงู„ู’ู‚ูŽุถูŽุงุกู ูˆูŽู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุฃูŽุฎู‘ูŽุฑูŽุชู’ ุชูŽุฃู’ุฎููŠุฑู‹ุง ุฌูŽุงุฆูุฒู‹ุง ููŽู‡ููŠูŽ ุบูŽูŠู’ุฑู ู…ููู’ุฑูุทูŽุฉู

Pendapat yang lebih benar menurut dalil adalah pendapat Abu Hanifah

dan Malik, bahwa wanita itu tidak wajib mengqadhanya. Sebab qadha itu hanyalah diwajibkan karena adanya perkara baru, sedangkan apa yang dialaminya bukanlah keadaan baru yang membuatnya mesti qadha, sebab penundaan shalat yang dia lakukan adalah perkara yang dibolehkan selama dia tidak meremehkannya. (Ibid, 23/335)

Jadi, masalah ini diperselisihkan para imam kaum muslimin. Sebagian mengatakan sama sekali tidak qadha. Sebagian lain mengatakan wajib qadha, khususnya jika suci di sore hari, maka dia qadha zuhur dan ashar, jika dia suci malam hari maka dia qadha maghrib dan isya, inilah pendapat mayoritas ulama, sementara Imam Ibnu Taimiyah melemahkan pendapat itu.

Tapi, para ulama sepakat jika haidnya terhenti saat zuhur, hendaknya dia segera mandi lalu melakukan shalat zuhur. Atau, kadang ada kendala teknis, dia suci saat zuhur, tapi baru sempat mandi saat Ashar, mungkin karena sedang dalam perjalanan atau di kantor, maka dia mesti melakukan shalat zuhur yang ditinggalkan itu, lalu shalat Ashar.

Wallahu Aโ€™lam

🍃🌻🌸🌾🌴🌺☘🌷

✍ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top