Hewan Apa Yang Lebih Utama Buat Qurban?

💢💢💢💢💢💢💢

Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah berkata tentang hal ini:

ุฃุฌู…ุน ุงู„ุนู„ู…ุงุก ุนู„ู‰ ุฃู† ุงู„ู‡ุฏูŠ ู„ุง ูŠูƒูˆู† ุฅู„ุง ู…ู† ุงู„ู†ุนู… ุŒ ูˆุงุชูู‚ูˆุง: ุนู„ู‰ ุฃู† ุงู„ุงูุถู„ ุงู„ุงุจู„ุŒ ุซู… ุงู„ุจู‚ุฑุŒ ุซู… ุงู„ุบู†ู…. ุนู„ู‰ ู‡ุฐุง ุงู„ุชุฑุชูŠุจ. ู„ุงู† ุงู„ุงุจู„ ุฃู†ูุน ู„ู„ูู‚ุฑุงุกุŒ ู„ุนุธู…ู‡ุงุŒ ูˆุงู„ุจู‚ุฑ ุฃู†ูุน ู…ู† ุงู„ุดุงุฉ ูƒุฐู„ูƒ

โ€œUlama telah ijmaโ€™ (sepakat) bahwa hewan qurban itu hanya sah dari hewan ternak (An Naam).

Mereka juga sepakat bahwa yang lebih utama adalah unta (Ibil), lalu sapi/kerbau (Baqar), lalu kambing (Ghanam), demikianlah urutannya.

Alasannya adalah karena Unta lebih banyak manfaatnya (karena lebih banyak dagingnya, pen) bagi fakir miskin, dan demikian juga sapi lebih banyak manfaatnya dibanding kambing.”

( Syaikh Sayyid Sabiq, Fiqhus Sunnah, 1/737. Darul Kitab Al โ€˜Arabi)

Jika memilih kambing, kambing yang seperti apa yang lebih utama?

Syaikh Abu Bakar bin Jabir Al Jazairi Rahimahullah menjelaskan:

“Hewan qurban paling utama adalah kambing Kibasy yang bertanduk, jantan, putih bercampur hitam di sekitar mata dan kakinya, karena rupa seperti itulah yang disukai Rasulullah ๏ทบ dan Beliau berqurban dengannya.

Aisyah Radhiallahu ‘Anha berkata: “Sesungguhnya Rasulullah ๏ทบ berqurban dengan Kibasy yang bertanduk, kaki-kakinya hitam, dan ada warna hitam di sekitar kedua matanya.” (HR. At Tirmidzi, dan dia menshahihkannya)

(Lihat Minhajul Muslim, Hal. 237. Cet. 4. 2012M/1433H. Maktabah Al ‘Ulum wal Hikam, Madinah Al Munawwarah)

Wallahu A’lam

🍃🌷☘🌴🌾🌸🌺🌻

✏ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top