Keutamaan Shaf Sebelah Kanan

🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾

Dari โ€˜Aisyah Radhiallahu โ€˜Anha, bahwa Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda:

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุชูŽู‡ู ูŠูุตูŽู„ู‘ููˆู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽูŠูŽุงู…ูู†ู ุงู„ุตู‘ููููˆูู

Sesungguhnya Allah dan malaikatNya bershalawat kepada orang yang berada di sebelah kanan shaf. (HR. Abu Daud No. 676, Ibnu Majah No. 1005, dll)

Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan: hasan. (Fathul Bari, 2/213). Imam An Nawawi mengatakan: sesuai syarat Imam Muslim. (Al Khulashah Al Ahkam, 2/710). Imam Al Munawi mengatakan: shahih. (At Taisir, 1/532)

Keutamaan ini menurut zahirnya berlaku untuk semua shaf sebelah kanan, bukan hanya shaf yang pertama. Tidak ada keterangan khusus menyebutnya โ€œkanan shaf pertama.โ€

Imam Al Munawi Rahimahullah menjelaskan:

ุฃูŠ ูŠุณุชุบูุฑูˆู† ู„ู…ู† ุนู† ูŠู…ูŠู† ุงู„ุฅู…ุงู… ู…ู† ูƒู„ ุตู

Yaitu mereka memohonkan ampun bagi orang yang berada di sebelah kanan imam dari semua shaf. (Ibid)

Imam Abu Thayyib Syamsul โ€˜Azhim Abadi Rahimahullah menjelaskan pula:

ูˆููŠู‡ ุงุณุชุญุจุงุจ ุงู„ูƒูˆู† ููŠ ูŠู…ูŠู† ุงู„ุตู ุงู„ุฃูˆู„ ูˆู…ุง ุจุนุฏู‡ ู…ู† ุงู„ุตููˆู

Pada hadits ini disunahkan untuk berada pada shaf bagian kanan, baik yang awal dan shaf setelahnya. (โ€˜Aunul Maโ€™bud, 2/263)

Kenapa sebelah kanan? Imam Al โ€˜Aini Rahimahullah menjawab secara sederhana:

ู„ุฃู† ุงู„ูŠู…ูŠู† ู„ู‡ุง ูุถู„ ุนู„ู‰ ุงู„ูŠูŽุณุงุฑ ููŠ ูƒู„ ุดูŠุก

Karena bagian kanan memiliki keutamaan lebih dibanding kiri dalam segala hal. (Imam Al โ€˜Aini, Syarh Sunan Abi Daud, 3/228)

Tetapi jika ada yang berada padaย  shaf pertama, dan juga bagian kanan, maka itu lebih baik lagi sebab dia mengumpulkan dua keutamaan, dan posisinya punย  lebih dekat dengan imam juga lebih utama.

Berkata Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al Jibrin Rahimahullah:

ูŠุนู†ูŠ: ุนู„ู‰ ุฃูŠู…ู† ุงู„ุตูุŒ ูุฃูŠู…ู† ุงู„ุตู ุฃูุถู„ุŒ ูˆู„ูƒู† ุงู„ู‚ุฑุจ ู…ู† ุงู„ุฅู…ุงู… ุฃูุถู„ ู…ู† ุงู„ุจุนุฏ ูˆู„ูˆ ูƒุงู† ุนู„ู‰ ุงู„ูŠู…ูŠู†

Yakni di bagian paling kanan shaf, maka bagian paling kanan adalah lebih utama, tetapi mendekat dengan imam adalah lebih utama dibanding yang jauh walau dia di sebelah kanan.ย  (Syarh โ€˜Umdah Al Ahkam, 12/4. Asy Syabakah Al Islamiyah)

Sekian. Wallahu Aโ€™lam

🌾🌿🌷🌻🍃🌸🌳โ˜˜

โœ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top