Khitbah (Melamar/Meminang) (Bag. 3)

🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾

📌 Anjuran Nazhar Juga Berlaku Bagi Wanita Terhadap Laki-Laki Yang Akan Melamarnya

Syaikh Wahbah Az Zuhailiy Rahimahullah berkata:

ูˆ ูŠุณู† ู„ู„ู…ุฑุฃุฉ ุงูŠุถุง ุงู† ุชู†ุธุฑ ู…ู† ุงู„ุฑุฌู„ ุบูŠุฑ ุนูˆุฑุชู‡ ุฅุฐุง ุงุฑุงุฏุช ุชุฒูˆูŠุฌู‡ ูุงู†ู‡ ูŠุนุฌุจุจู‡ุง ู…ู†ู‡ ู…ุง ูŠุนุฌุจู‡ ู…ู†ู‡ุง

Wanita juga disunahkan melihat laki-laki yang akan menikahinya pada selain auratnya, sebab apa yang membuat laki-laki tertarik kepadanya maka hal itu pula yang membuat wanita tertarik kepada laki-laki.ย ย  (Syaikh Wahbah Az Zuhailiy, Al Fiqh Asy Syafiโ€™iyah Al Muyassar, 2/38)

Dalam Al Mausuโ€™ah juga tertulis:

ุญููƒู’ู…ู ู†ูŽุธูŽุฑู ุงู„ู’ู…ูŽุฑู’ุฃูŽุฉู ุงู„ู’ู…ูŽุฎู’ุทููˆุจูŽุฉู ุฅูู„ูŽู‰ ุฎูŽุงุทูุจูู‡ูŽุง ูƒูŽุญููƒู’ู…ู ู†ูŽุธูŽุฑูู‡ู ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุงย  ู„ุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูุนู’ุฌูุจูู‡ูŽุง ู…ูู†ู’ู‡ู ู…ูŽุง ูŠูุนู’ุฌูุจูู‡ู ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง

Hukum wanita melakukan nazharย  kepada laki-laki yang melamarnya adalah sama seperti hukum laki-laki pelamar melihat kepada wanita yang dilamarnya. Karena apa-apa yang membuat laki-laki tertarik kepadanya maka hal itu pula yang membuat wanita tertarik kepada laki-laki. (Al Mausuโ€™ah Al Fiqhiyyah Al Kuwaitiyah, 19/198)

📌 Batasan Tubuh Yang Dilihat

Secara garis besar ada tiga pendapat dalam hal ini:

💦 Pertama. Hanya wajah dan kedua telapak tangan. Ini adalah pendapat mayoritas ulama.

Imam An Nawawi Rahimahullah menjelaskan:

ุซู… ุงู†ู‡ ุงู†ู…ุง ูŠุจุงุญ ู„ู‡ ุงู„ู†ุธุฑ ุฅู„ู‰ ูˆุฌู‡ู‡ุง ูˆูƒููŠู‡ุง ูู‚ุท ู„ุฃู†ู‡ู…ุง ู„ูŠุณุง ุจุนูˆุฑุฉ ูˆู„ุฃู†ู‡ ูŠุณุชุฏู„ ุจุงู„ูˆุฌู‡ ุนู„ู‰ ุงู„ุฌู…ุงู„ ุฃูˆ ุถุฏู‡ ูˆุจุงู„ูƒููŠู† ุนู„ู‰ ุฎุตูˆุจุฉ ุงู„ุจุฏู† ุฃูˆ ุนุฏู…ู‡ุง ู‡ุฐุง ู…ุฐู‡ุจู†ุง ูˆู…ุฐู‡ุจ ุงู„ุฃูƒุซุฑูŠู†

Kemudian, yang dibolehkan untuk dilihat hanyalah wajah dan kedua telapak tangannya, karena keduanya bukanlah aurat. Sebab, wajah merupakan petunjuk atas kecantikannya atau kebalikannya, sedangkan kedua tangan menunjukkan kesuburan badannya atau tidak. Inilah madzhab kami dan mayoritas ulama. (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 9/210)

Ini pendapat Hanafiyah, Malikiyah, Syafiโ€™iyah, dan sebagian Hanabilah (Hambaliyah).

💦 Kedua. Boleh melihat wajah, telapak tangan sampai siku, leher, kaki dan betis.

Ini adalah pendapat resmi dari kalangan Hanabilah, berikut ini keterangannya:

ูˆูŽุงุฎู’ุชูŽู„ูŽููŽ ุงู„ู’ุญูŽู†ูŽุงุจูู„ูŽุฉู ูููŠู…ูŽุง ูŠูŽู†ู’ุธูุฑู ุงู„ู’ุฎูŽุงุทูุจู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุฎู’ุทููˆุจูŽุฉู ุŒ ููŽูููŠ ” ู…ูŽุทูŽุงู„ูุจู ุฃููˆู„ููŠ ุงู„ู†ู‘ูู‡ูŽู‰ ” ” ูˆูŽูƒูŽุดู‘ูŽุงูู ุงู„ู’ู‚ูู†ูŽุงุนู ” ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูŽู†ู’ุธูุฑู ุฅูู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ูŠูŽุธู’ู‡ูŽุฑู ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ุบูŽุงู„ูุจู‹ุง ูƒูŽูˆูŽุฌู’ู‡ู ูˆูŽูŠูŽุฏู ูˆูŽุฑูŽู‚ูŽุจูŽุฉู ูˆูŽู‚ูŽุฏูŽู…ู ู„ุง ู†ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู„ูŽู…ู‘ูŽุง ุฃูŽุฐูู†ูŽ ูููŠ ุงู„ู†ู‘ูŽุธูŽุฑู ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ู…ูู†ู’ ุบูŽูŠู’ุฑู ุนูู„ู’ู…ูู‡ูŽุง ุŒ ุนูู„ูู…ูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽุฐูู†ูŽ ูููŠ ุงู„ู†ู‘ูŽุธูŽุฑู ุฅูู„ูŽู‰ ุฌูŽู…ููŠุนู ู…ูŽุง ูŠูŽุธู’ู‡ูŽุฑู ุบูŽุงู„ูุจู‹ุง ุŒ ุฅูุฐู’ ู„ุงูŽ ูŠูู…ู’ูƒูู†ู ุฅููู’ุฑูŽุงุฏู ุงู„ู’ูˆูŽุฌู’ู‡ู ุจูุงู„ู†ู‘ูŽุธูŽุฑู ู…ูŽุนูŽ ู…ูุดูŽุงุฑูŽูƒูŽุฉู ุบูŽูŠู’ุฑูู‡ู ูููŠ ุงู„ุธู‘ูู‡ููˆุฑู ุ› ูˆู„ุงย  ู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูŽุธู’ู‡ูŽุฑู ุบูŽุงู„ูุจู‹ุง ููŽุฃูŽุดู’ุจูŽู‡ูŽ ุงู„ู’ูˆูŽุฌู’ู‡ูŽ

Golongan Hanabilah berbeda tentang bagian mana yang dilihat dari wanita yang dilamar. Dalam โ€œMathalib Ulin Nuhaโ€ dan Kasyaaf Al Qinaโ€™ disebutkan bahwa laki-laki boleh melihat apa-apa yang biasa nampak darinya, seperti wajah, tangan, leher, kaki, alasannya yaitu ketika Nabi ๏ทบ membolehkan melihatnya tanpa sepengetahuan wanita tersebut, maka itu bisa diketahui bahwa kebolehan melihat itu pada semua bagian yang biasa nampak, mengingat tidak mungkin hanya melihat wajah pada saat tubuh yang lain juga terlihat, karena apa-apa yang biasa nampak itu sebagaimana wajah yang juga biasa nampak. (Al Mausuโ€™ah, 19/199)

Dalam keterangan lain:

ู‚ูŽุงู„ ุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏู ูููŠ ุฑููˆูŽุงูŠูŽุฉู ุญูŽู†ู’ุจูŽู„ู : ู„ุงูŽ ุจูŽุฃู’ุณูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽู†ู’ุธูุฑูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ูˆูŽุฅูู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ูŠูŽุฏู’ุนููˆู‡ู ุฅูู„ูŽู‰ ู†ููƒูŽุงุญูู‡ูŽุง ู…ูู†ู’ ูŠูŽุฏู ุฃูŽูˆู’ ุฌูุณู’ู…ู ูˆูŽู†ูŽุญู’ูˆู ุฐูŽู„ููƒูŽ ุŒ ู‚ูŽุงู„ ุฃูŽุจููˆ ุจูŽูƒู’ุฑู : ู„ุงูŽ ุจูŽุฃู’ุณูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽู†ู’ุธูุฑูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ุญูŽุงุณูุฑูŽุฉู‹

Imam Ahmad berkata โ€“dalam riwayat Hambal: โ€œTidak apa-apa melihatnya pada bagian yang membuatnya ingin menikahinya, baik tangan, badan, atau semisalnya. Abu Bakar berkata: โ€œTidak-apa melihat dengan cara menyingkapnya.โ€ (Al Mausuโ€™ah, Ibid)

💦 Ketiga. Boleh melihat seluruh tubuhnya (bugil)

Berkata Imam An Nawawi Rahimahullah:

ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู’ุฃูŽูˆู’ุฒูŽุงุนููŠู‘ู : ูŠูŽู†ู’ุธูุฑ ุฅูู„ูŽู‰ ู…ูŽูˆูŽุงุถูุน ุงู„ู„ู‘ูŽุญู’ู… ุŒ ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฏูŽุงูˆูุฏูŽ : ูŠูŽู†ู’ุธูุฑ ุฅูู„ูŽู‰ ุฌูŽู…ููŠุน ุจูŽุฏูŽู†ู‡ูŽุง

Berkata Al Auzaโ€™i: โ€œBoleh melihat ke tempat-tempat adanya daging.โ€ Daud berkata: โ€œBoleh melihat ke semua badannya.โ€ (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 9/210)

Namun, pendapat yang ketiga ini dikomentari Imam An Nawawi:

ูˆูŽู‡ูŽุฐูŽุง ุฎูŽุทูŽุฃ ุธูŽุงู‡ูุฑ ู…ูู†ูŽุงุจูุฐ ู„ูุฃูุตููˆู„ู ุงู„ุณู‘ูู†ู‘ูŽุฉ ูˆูŽุงู„ู’ุฅูุฌู’ู…ูŽุงุน

Ini kesalahan yang jelas,ย  dan bertentangan denganย  dasar-dasar sunnah dan ijmaโ€™.ย  (Ibid)

Bersambung …

🍃🌸🌾🌻🌴🌺☘🌷

✍ Farid Nu’man Hasan

Bahasan tentang khitbah:

Khitbah (Meminang/Melamar) Bag 1

Khitbah (Meminang/Melamar) Bag 2

Khitbah (Meminang/Melamar) Bag 3

Khitbah (Meminang/Melamar) Bag 4

Khitbah (Meminang/Melamar) Bag 5

Khitbah (Meminang/Melamar) Bag 6

Khitbah (Meminang/Melamar) Bag Terakhir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top