Khitbah (Melamar/Meminang) (Bag. 5)

🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾

📌 Nazhar Itu Hanya Untuk Yang Serius Ingin Menikahinya

Hal ini perlu diperhatikan dan ditegaskan, khususnya untuk kaum laki-laki, agar tidak ada kesan mempermainkan wanita. Walau menolak dan melanjutkan proses adalah haknya, tetapi hendaknya memperhatikan perasaan wanita. Betapa banyak laki-laki yang sudah nazhar terhadap beberapa wanita, tapi tidak ada satu pun yang membuatnya tertarik, karena mungkin memasang standar rupa yang tinggi, lupa dengan wasiat Nabi ๏ทบ : fazhfar bidzaatid diin taribat yadaaka โ€“ pilihlah karena agama, niscaya kau akan beruntung.ย  (HR. Muttafaq โ€˜Alaih)

Bahkan para ulama dengan tegas menjadikan โ€œkeinginan seriusโ€ ini sebagai syarat kebolehan melihat wanita tersebut, bukan melihat untuk semata-mata menikmati kecantikannya, apalagi ajang seleksi.

Mereka mengatakan:

ูˆูŽุงุดู’ุชูŽุฑูŽุทูŽ ุฌูู…ู’ู‡ููˆุฑู ุงู„ู’ููู‚ูŽู‡ูŽุงุกู ( ุงู„ู’ู…ูŽุงู„ููƒููŠู‘ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽุงููุนููŠู‘ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽู†ูŽุงุจูู„ูŽุฉู ) ู„ูู…ูŽุดู’ุฑููˆุนููŠู‘ูŽุฉู ุงู„ู†ู‘ูŽุธูŽุฑู ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽูƒููˆู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุธูุฑู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูŽุฑู’ุฃูŽุฉู ู…ูุฑููŠุฏู‹ุง ู†ููƒูŽุงุญูŽู‡ูŽุง ุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุฑู’ุฌููˆูŽ ุงู„ุฅู’ูุฌูŽุงุจูŽุฉูŽ ุฑูŽุฌูŽุงุกู‹ ุธูŽุงู‡ูุฑู‹ุง ุŒ ุฃูŽูˆู’ ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูุฌูŽุงุจู ุฅูู„ูŽู‰ ู†ููƒูŽุงุญูู‡ูŽุง ุŒ ุฃูŽูˆู’ ูŠูŽุบู’ู„ูุจูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุธูŽู†ู‘ูู‡ู ุงู„ุฅู’ูุฌูŽุงุจูŽุฉู .ูˆูŽุงูƒู’ุชูŽููŽู‰ ุงู„ู’ุญูŽู†ูŽูููŠู‘ูŽุฉู ุจูุงุดู’ุชูุฑูŽุงุทู ุฅูุฑูŽุงุฏูŽุฉู ู†ููƒูŽุงุญูู‡ูŽุง ููŽู‚ูŽุทู’

Mayoritas fuqaha mensyaratkan (baik Malikiyah, Syafiโ€™iyah, Hanabilah) untuk disyariatkannya nazhar kepada wanita adalah bagi yang berkehendak memang untuk menikahinya, dan dia berharap adanya penerimaan secara jelas atas lamarannya, atau dikabulkan menikahinya, atau ada dugaan kuat dia akan diterima. Sedangkan Hanafiyah hanya mensyaratkan โ€œkehendak menikahiโ€ saja.โ€ (Raddul Muhtar, 4/237. Mawahib Al Jalil, 3/405. Raudhatuth Thalibin, 7/20, Nihayatul Muhtaj, 6/183. Kasyaaf Al Qinaโ€™, 5/10)

📌 Nazhar Tidak Apa-Apa Berkali-Kali

Tidak apa-apa berkali-kali menatap jika kebutuhannya untuk mendapatkan gambaran jelas tentang penampilan calon istrinya.

Berikut penjelasan para ulama:

ู„ูู„ู’ุฎูŽุงุทูุจู ุฃูŽู†ู’ ูŠููƒูŽุฑู‘ูุฑูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุธูŽุฑูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูŽุฎู’ุทููˆุจูŽุฉู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠูŽุชูŽุจูŽูŠู‘ูŽู†ูŽ ู„ูŽู‡ู ู‡ูŽูŠู’ุฆูŽุชูู‡ูŽุง ููŽู„ุงูŽ ูŠูŽู†ู’ุฏูŽู…ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู†ููƒูŽุงุญูู‡ูŽุง ูˆูŽูŠูŽุชูŽู‚ูŽูŠู‘ูŽุฏู ูููŠ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุจูู‚ูŽุฏู’ุฑู ุงู„ู’ุญูŽุงุฌูŽุฉู

Bagi pelamar boleh melihat berulang-ulang kepada wanita yang dilamar sampai jelas baginya penampilannya dan dia tidak menyesal menikahinya. Hal itu bleh dilakukan terikat oleh kadar kebutuhannya. (Al Mausuโ€™ah, 19/201)

5⃣ย Sunah Menyembunyikan Khitbah

Dalam fiqih Malikiyah, disunnahkan menyembunyikan khitbah, jangan gembar gembor apalagi jika baru taโ€™aruf. Hikmahnya adalah jika mengalami hal yang terburuk, yaitu gagal, maka keduanya tidak malu karena memang tidak ada yang tahu. Cukup yang tahu adalah keluarga mereka saja, atau orang dekat yang bisa dipercaya.

Dalam Al Mausuโ€™ah tertulis:

ุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุงู„ููƒููŠู‘ูŽุฉู ุฅูู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูู†ู’ุฏูŽุจู ุฅูุฎู’ููŽุงุกู ุงู„ู’ุฎูุทู’ุจูŽุฉู ุฎูู„ุงูŽูู‹ุง ู„ูุนูŽู‚ู’ุฏู ุงู„ู†ู‘ููƒูŽุงุญู ููŽูŠูู†ู’ุฏูŽุจู – ุนูู†ู’ุฏูŽู‡ูู…ู’ ูˆูŽุนูู†ู’ุฏูŽ ุจูŽู‚ููŠู‘ูŽุฉู ุงู„ู’ููู‚ูŽู‡ูŽุงุกู – ุฅูุนู’ู„ุงูŽู†ูู‡ู ู„ูู‚ูŽูˆู’ู„ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ : ุฃูŽุนู’ู„ูู†ููˆุง ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู†ู‘ููƒูŽุงุญูŽ

Malikiyah berpendapat bahwa disunahkan menyembunyikan khitbah, ini berbeda dengan akad nikah yang justru disunahkan โ€“menurut mereka dan fuqaha lainnya- untuk menyebarkan beritanya, sebab Nabi ๏ทบ bersabda: โ€œBeritakanlah pernikahan ini.โ€ (Al Mausuโ€™ah, 19/195)

6⃣ Khutbah Sebelum Khitbah

Disunahkan saat melakukan lamaran untuk memulainya dengan sedikit khutbah ajakan untuk taqwa dan menyampaikan niat kedatangan. Ini bisa dilakukan pelamar atau wakilnya.

Disebutkan dalam Al Mausuโ€™ah:

ูŠูู†ู’ุฏูŽุจู ู„ูู„ู’ุฎูŽุงุทูุจู ุฃูŽูˆู’ ู†ูŽุงุฆูุจูู‡ู ุชูŽู‚ู’ุฏููŠู…ู ุฎูุทู’ุจูŽุฉู ู‚ูŽุจู’ู„ ุงู„ู’ุฎูุทู’ุจูŽุฉู ู„ูุฎูŽุจูŽุฑู : ูƒูู„ ุฃูŽู…ู’ุฑู ุฐููŠ ุจูŽุงู„ู ู„ุงูŽ ูŠูุจู’ุฏูŽุฃู ูููŠู‡ู ุจูุญูŽู…ู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ููŽู‡ููˆูŽ ุฃูŽู‚ู’ุทูŽุนู (1) ุฃูŽูŠู’ ุนูŽู†ู ุงู„ู’ุจูŽุฑูŽูƒูŽุฉู ุŒ ููŽูŠูŽุจู’ุฏูŽุฃู ุจูุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ูˆูŽุงู„ุซู‘ูŽู†ูŽุงุกู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ุจูุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฑูŽุณููˆู„ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุซูู…ู‘ูŽ ูŠููˆุตููŠ ุจูุงู„ุชู‘ูŽู‚ู’ูˆูŽู‰ ุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู„ : ุฌูุฆู’ุชููƒูู…ู’ ุฎูŽุงุทูุจู‹ุง ูƒูŽุฑููŠู…ูŽุชูŽูƒูู…ู’ ุŒ ูˆูŽุฅูู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ูˆูŽูƒููŠู„ุงู‹ ู‚ูŽุงู„ : ุฌูŽุงุกูŽูƒูู…ู’ ู…ููˆูŽูƒู‘ูู„ููŠ ุฎูŽุงุทูุจู‹ุง ูƒูŽุฑููŠู…ูŽุชูŽูƒูู…ู’ ุฃูŽูˆู’ ููŽุชูŽุงุชูŽูƒูู…ู’ ุŒ ูˆูŽูŠูŽุฎู’ุทูุจู ุงู„ู’ูˆูŽู„ููŠู‘ู ุฃูŽูˆู’ ู†ูŽุงุฆูุจูู‡ู ูƒูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู„ : ู„ูŽุณู’ุชู ุจูู…ูŽุฑู’ุบููˆุจู ุนูŽู†ู’ูƒูŽ ุฃูŽูˆู’ ู†ูŽุญู’ูˆูŽู‡ู

Dianjurkan bagi seorang pelamar atau wakilnya membukanya dengan khutbah sebelum khitbah, sesuai hadits:

โ€œApa saja yang tidak dimulai padanya dengan pujian kepada Allah maka dia terputus.โ€ Yaitu terputus dari keberkahan.

Maka, memulai dengan pujian kepada Allah (Alhamdulillah) dan sanjunganย  kepada Allah ๏ทป , lalu bershalawat kepada Rasulullah ๏ทบ, lalu menyampaikan wasiat taqwa, kemudian berkata: โ€œAku datang kepada kalian untuk melamar anak gadis kalianโ€, atau jika yang berkata wakilnya: โ€œDia datang kepada kalian dengan mendelegasikan kepada saya untuk melamar puteri kalian.โ€ Lalu walinya atau wakilnya berkhutbah begitu juga, kemudian berkata: โ€œ(Semoga) Aku bukanlah termasuk orang yang kau benci,โ€ atau kalimat semisal ini. (Al Mausuโ€™ah, 19/203)

Hadits โ€œApa saja yang tidak dimulai padanya dengan pujian kepada Allah maka dia terputus.โ€, diriwayatkan oleh Abu Daud No. 4840, Ibnu Majah No. 1894, An Nasaโ€™i dalam As Sunan Al Kubra No. 10255, Ibnu Hibban No. 1, Ibnu Abi Syaibah dalam Al Mushannaf No. 27219, Alauddin Al Muttaqi dalam Kanzul โ€˜Ummal No. 2510, 6464. Imam An Nawawi mengatakan: hasan. (Riyadhushshalihin, Bab Al Amru bish Shalah). Imam Syamsul Azhim Abadi juga mengatakan hasan. (โ€˜Aunul Maโ€™bud, 13/130). Sementara Syaikh Syuโ€™aib Al Arnauth dalam tahqiqnya terhadap Shahih Ibni Hibban mengatakan: dhaif. (Shahih Ibni Hibban No. 1). Begitu pula Syaikh Al Albani mendhaifkan dalam berbagai kitabnya.

Bersambung …

🌸🌾🌻🍃🌴🌺☘🌷

Farid Nu’man Hasan

Bahasan tentang khitbah:

Khitbah (Meminang/Melamar) Bag 1

Khitbah (Meminang/Melamar) Bag 2

Khitbah (Meminang/Melamar) Bag 3

Khitbah (Meminang/Melamar) Bag 4

Khitbah (Meminang/Melamar) Bag 5

Khitbah (Meminang/Melamar) Bag 6

Khitbah (Meminang/Melamar) Bag Terakhir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top