Minum Kopi, Sunnah?

🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾

Sebagian kalangan menganggap minum kopi adalah sunnah.
Bagaimana sebenarnya?

Kopi (Al Qahwah) pada dasarnya adalah minuman halal. Sebab tidak ada ayat, hadits, dan ijmaโ€™ yang mengatakan haramnya.

Allah ๏ทป berfirman:

ู‡ููˆูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ุฎูŽู„ูŽู‚ูŽ ู„ูŽูƒูู…ู’ ู…ูŽุง ูููŠ ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ุฌูŽู…ููŠุนู‹ุง ุซูู…ู‘ูŽ ุงุณู’ุชูŽูˆูŽู‰ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงุกู ููŽุณูŽูˆู‘ูŽุงู‡ูู†ู‘ูŽ ุณูŽุจู’ุนูŽ ุณูŽู…ูŽูˆูŽุงุชู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุจููƒูู„ู‘ู ุดูŽูŠู’ุกู ุนูŽู„ููŠู…ูŒ

โ€œDia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. dan Dia Maha mengetahui segala sesuatu.โ€ (QS. Al Baqarah (2): 29)

Dalil As Sunnah:

ุงู„ุญู„ุงู„ ู…ุง ุฃุญู„ ุงู„ู„ู‡ ููŠ ูƒุชุงุจู‡ ูˆุงู„ุญุฑุงู… ู…ุง ุญุฑู… ุงู„ู„ู‡ ููŠ ูƒุชุงุจู‡ ูˆู…ุง ุณูƒุช ุนู†ู‡ ูู‡ูˆ ู…ู…ุง ุนูุง ุนู†ู‡

โ€œYang halal adalah apa yang Allah halalkan dalam kitabNya, yang haram adalah yang Allah haramkan dalam kitabNya, dan apa saja yang di diamkanNya, maka itu termasuk yang dimaafkan.โ€ (HR. At Tirmidzi No. 1726, katanya: hadits gharib. Ibnu Majah No. 3367, Ath Thabarani dalam Al Muโ€™jam Al Kabir No. 6124. Syaikh Al Albani mengatakan: hasan. Lihat Shahih wa Dhaif Sunan At Tirmidzi No. 1726. Juga dihasankan oleh Syaikh Baariโ€™ โ€˜Irfan Taufiq dalam Shahih Kunuz As sunnah An Nabawiyah, Bab Al Halal wal Haram wal Manhi โ€˜Anhu, No. 1 )

Kaidah ini memiliki makna yang sangat besar dalam kehidupan manusia. Mereka dibebaskan untuk melakukan apa saja dalam hidupnya baik dalam makanan, minuman, perdagangan, politik, pendidikan, militer, keluarga, dan semisalnya, selama tidak ada dalil yang mengharamkan, melarang, dan mencelanya, maka selama itu pula boleh-boleh saja untuk dilakukan. Ini berlaku untuk urusan duniawi mereka. Tak seorang pun berhak melarang dan mencegah tanpa dalil syaraโ€™ yang menerangkan larangan tersebut.
Oleh karena itu, Imam Muhammad At Tamimi Rahimahullah sebagai berikut menjelaskan kaidah itu:

ุฃู† ูƒู„ ุดูŠุก ุณูƒุช ุนู†ู‡ ุงู„ุดุงุฑุน ูู‡ูˆ ุนููˆ ู„ุง ูŠุญู„ ู„ุฃุญุฏ ุฃู† ูŠุญุฑู…ู‡ ุฃูˆ ูŠูˆุฌุจู‡ ุฃูˆ ูŠุณุชุญุจู‡ ุฃูˆ ูŠูƒุฑู‡ู‡

โ€œSesungguhnya segala sesuatu yang didiamkan oleh Syariโ€™ (pembuat Syariat) maka hal itu dimaafkan, dan tidak boleh bagi seorang pun untuk mengharamkan, atau mewajibkan, atau menyunnahkan, atau memakruhkan.โ€ (Imam Muhammad At Tamimi, Arbaโ€™u Qawaid Taduru al Ahkam โ€˜Alaiha, Hal. 3. Maktabah Al Misykah)

Imam Ibnul Qayyim Rahimahullah mengatakan:

ูˆู‡ูˆ ุณุจุญุงู†ู‡ ู„ูˆ ุณูƒุช ุนู† ุฅุจุงุญุฉ ุฐู„ูƒ ูˆุชุญุฑูŠู…ู‡ ู„ูƒุงู† ุฐู„ูƒ ุนููˆุง ู„ุง ูŠุฌูˆุฒ ุงู„ุญูƒู… ุจุชุญุฑูŠู…ู‡ ูˆุฅุจุทุงู„ู‡ ูุฅู† ุงู„ุญู„ุงู„ ู…ุง ุฃุญู„ู‡ ุงู„ู„ู‡ ูˆุงู„ุญุฑุงู… ู…ุง ุญุฑู…ู‡ ูˆู…ุง ุณูƒุช ุนู†ู‡ ูู‡ูˆ ุนููˆ ููƒู„ ุดุฑุท ูˆุนู‚ุฏ ูˆู…ุนุงู…ู„ุฉ ุณูƒุช ุนู†ู‡ุง ูุฅู†ู‡ ู„ุง ูŠุฌูˆุฒ ุงู„ู‚ูˆู„ ุจุชุญุฑูŠู…ู‡ุง ูุฅู†ู‡ ุณูƒุช ุนู†ู‡ุง ุฑุญู…ุฉ ู…ู†ู‡ ู…ู† ุบูŠุฑ ู†ุณูŠุงู† ูˆุฅู‡ู…ุงู„

Dia โ€“Subhanahu wa Taโ€™ala- seandainya mendiamkan tentang kebolehan dan keharaman sesuatu, tetapi memaafkan hal itu, maka tidak boleh menghukuminya dengan haram dan membatalkannya, karena halal adalah apa-apa yang Allah halalkan, dan haram adalah apa-apa yang Allah haramkan, dan apa-apa yang Dia diamkan maka itu dimaafkan. Jadi, semua syarat, perjanjian, dan muamalah yang didiamkan oleh syariat, maka tidak boleh mengatakannya haram, karena mendiamkan hal itu merupakan kasih sayang dariNya, bukan karena lupa dan membiarkannya. (Iโ€™lamul Muwaqiโ€™in, 1/344-345)

Ibnu Kaisan Rahimahullah berkata:

ุฃู† ุงู„ุฃุตู„ ููŠ ุงู„ุฃุดูŠุงุก ุงู„ู…ุฎู„ูˆู‚ุฉ ุงู„ุฅุจุงุญุฉ ุญุชู‰ ูŠู‚ูˆู… ุฏู„ูŠู„ ูŠุฏู„ ุนู„ู‰ ุงู„ู†ู‚ู„ ุนู† ู‡ุฐุง ุงู„ุฃุตู„

Sesungguhnya hukum asal dari segala ciptaan adalah mubah, sampai tegaknya dalil yang menunjukkan berubahnya hukum asal ini. (Imam Asy Syaukani, Fathul Qadir, 1/64. Mawqiโ€™ Ruh Al Islam)

📌 Manfaat Kopi

Dalam batas tertentu, kopi memberikan manfaat. Kafein dapat menyegarkan syaraf, sebagaimana penelitian para ahli. Tetapi, mereka juga tidak menganjurkan jika berlebihan sebab itu dapat membuat kerja jantung berlebih. Sehingga dapat menyebabkan darah tinggi. Oleh karena itu mesti diperhatikan batas-batas ini. Jika dia tidak perhatikan, sehingga lahir madharat bagi kesehatannya, maka saat itu kopi adalah hal yang dibenci baginya.

ูˆูŽู„ุง ุชูู„ู’ู‚ููˆุง ุจูุฃูŽูŠู’ุฏููŠูƒูู…ู’ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุชู‘ูŽู‡ู’ู„ููƒูŽุฉู

โ€œDan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan.โ€ (QS. Al Baqarah (2): 195)

Dan hadits Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam:

ู„ุง ุถุฑุฑ ูˆู„ุง ุถุฑุงุฑ

Jangan membuat kerusakan dan jangan menjadi rusak.

(HR. Ath Thabarani dalam Al Awsath No. 268, 1033, 3777, 5193, juga dalam Al Kabir No. 1387, 11576, 11806, Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 11166, 11167, 11657, 11658, 20230, 20231. Malik dalam Al Muwaththaโ€™ biriwayah Yahya Al Laitsi No. 1429, Ibnu Majah No. 2340, 2341, Ad Daruquthni No. 83, 288, Ahmad No. 2867, Asy Syafiโ€™i dalam Musnadnya No. 1096, Abu Nuโ€™aim dalam Maโ€™rifatush Shahabah No. 1300, dll)

Imam Al Hakim mengatakan: โ€œShahih, sesuai syarat Imam Muslim.โ€ (Al Mustadrak No. 2354) dan disepakati oleh Imam Adz Dzahabi dalam At Talkhish-nya.

Syaikh Syuโ€™aib Al Arnauth mengatakan: hasan. (Tahqiq Musnad Ahmad No. 2867)

📌 Minum Kopi Sunah?

Tidak ada riwayat bahwa Nabi ๏ทบ pernah minum kopi, sehingga tidak bisa dikatakan sunnah nabi. Tetapi, kopi memang disukai para shalihin dan ulama. Untuk hal ini tidak diingkari keberadaannya. Sehingga dia lebih pas dikatakan sebagai โ€œsunnahโ€-nya para ulama dan shalihin. Ini jika diartikan sunah adalah kebiasaan dan jalan, sebagaimana makna bahasanya.

Namun, semua dikembalikan kepada: daya tahan tubuh masing-masing orang, dan kadarnya. Jika berlebihan sehingga berdampak buruk maka itu juga buruk, jika baik maka itu baik.

Wallahu Aโ€™lam

🍃🌴🌻🌾🌺☘🌷🌸

✍ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top