Pembagian Bid’ah: Bid’ah Hasanah dan Bid’ah Sayyiah

🐾🐾🐾🐾🐾🐾

📌 Imam Asy Syafiโ€™i dan Imam As Suyuthi Rahimahumallah

Berkata Imam As Suyuthi Rahimahullah sebagai berikut:

ูˆุงู„ุญูˆุงุฏุซ ุชู†ู‚ุณู… ุฅู„ู‰: ุจุฏุนุฉ ู…ุณุชุญุณู†ุฉุŒ ูˆุฅู„ู‰ ุจุฏุน ู…ุณุชู‚ุจุญุฉุŒ ู‚ุงู„ ุงู„ุฅู…ุงู… ุงู„ุดุงูุนูŠ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡: ุงู„ุจุฏุนุฉ ุจุฏุนุชุงู†: ุจุฏุนุฉ ู…ุญู…ูˆุฏุฉุŒ ูˆุจุฏุนุฉ ู…ุฐู…ูˆู…ุฉุŒ ูู…ุง ูˆุงูู‚ ุงู„ุณู†ุฉ ูู‡ูˆ ู…ุญู…ูˆุฏุŒ ูˆู…ุง ุฎุงู„ู ุงู„ุณู†ุฉ ูู‡ูˆ ู…ุฐู…ูˆู…. ูˆุงุญุชุฌ ุจู‚ูˆู„ ุนู…ุฑ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡: ู†ุนู…ุช ุงู„ุจุฏุนุฉ ู‡ุฐู‡. ูˆู‚ุงู„ ุงู„ุฅู…ุงู… ุงู„ุดุงูุนูŠ ุฃูŠุถุงู‹ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุนู†ู‡: ุงู„ู…ุญุฏุซุงุช ููŠ ุงู„ุฃู…ูˆุฑ ุถุฑุจุงู†: ุฃุญุฏู‡ู…ุง ู…ุง ุญุฏุซ ูŠุฎุงู„ู ูƒุชุงุจุงู‹ ุฃูˆ ุณู†ุฉ ุฃูˆ ุฃุซุฑุงู‹ ุฃูˆ ุฅุฌู…ุงุนุงู‹ ูู‡ุฐู‡ ุงู„ุจุฏุนุฉ ุงู„ุถู„ุงู„ุฉ. ูˆุงู„ุซุงู†ูŠ: ู…ุง ุฃุญุฏุซ ู…ู† ุงู„ุฎูŠุฑ ู„ุง ุฎู„ุงู ููŠู‡ ู„ูˆุงุญุฏ ู…ู† ู‡ุฐุง ูู‡ูŠ ู…ุญุฏุซุฉ ุบูŠุฑ ู…ุฐู…ูˆู…ุฉ

“Perkara-perkara yang baru terbagi atas bidโ€™ah yang baik dan bidโ€™ah yang buruk. Berkata Imam Asy Syafiโ€™i Radhiallahu โ€˜Anhu: โ€œBidโ€™ah itu ada dua; bidโ€™ah terpuji dan bidโ€™ah tercela. Maka, apa-apa saja yang sesuai dengan sunah maka itu terpuji, dan apa-apa saja yang menyelisihi sunah maka itu tercela.โ€ Beliau beralasan dengan ucapan Umar Radhiallahu โ€˜Anhu: โ€œSebaik-baiknya bidโ€™ah adalah ini.โ€ Imam Asy Syafiโ€™i Radhiallahu โ€˜Anhu juga berkata: โ€œHal-hal yang baru itu ada dua segi; pertama, apa-apa saja yang menyelisihi Al Quran, As Sunnah, Atsar, Ijmaโ€™, maka inilah bidโ€™ah dhalalah (sesat). Kedua, apa-apa saja perbuatan baru yang baik, yang tidak menyelisihi satu saja dari sumber itu, maka perkara baru tersebut tidaklah tercela.โ€ (Imam As Suyuthi, Al Amru โ€˜bil Ittibaโ€™ wan Nayu โ€˜anil Ibtidaโ€™, Hal. 6. Juga Imam Ibnu Hajar dalam Fathul Bari, 13/253. Darul Fikr)

📌 Imam Izzudin bin Abdussalam , dalam Kitab Qawaโ€™idul Ahkam fii Mashalihil Anam berkata:

ููŽุตู’ู„ูŒ ูููŠ ุงู„ู’ุจูุฏูŽุนู ุงู„ู’ุจูุฏู’ุนูŽุฉู ููุนู’ู„ู ู…ูŽุง ู„ูŽู…ู’ ูŠูุนู’ู‡ูŽุฏู’ ูููŠ ุนูŽุตู’ุฑู ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ .
ูˆูŽู‡ููŠูŽ ู…ูู†ู’ู‚ูŽุณูู…ูŽุฉูŒ ุฅู„ูŽู‰ : ุจูุฏู’ุนูŽุฉูŒ ูˆูŽุงุฌูุจูŽุฉูŒ ุŒ ูˆูŽุจูุฏู’ุนูŽุฉูŒ ู…ูุญูŽุฑู‘ูŽู…ูŽุฉูŒ ุŒ ูˆูŽุจูุฏู’ุนูŽุฉูŒ ู…ูŽู†ู’ุฏููˆุจูŽุฉูŒ ุŒ ูˆูŽุจูุฏู’ุนูŽุฉูŒ ู…ูŽูƒู’ุฑููˆู‡ูŽุฉูŒ ุŒ ูˆูŽุจูุฏู’ุนูŽุฉูŒ ู…ูุจูŽุงุญูŽุฉูŒ ุŒ ูˆูŽุงู„ุทู‘ูŽุฑููŠู‚ู ูููŠ ู…ูŽุนู’ุฑูููŽุฉู ุฐูŽู„ููƒูŽ ุฃูŽู†ู’ ุชูุนู’ุฑูŽุถูŽ ุงู„ู’ุจูุฏู’ุนูŽุฉู ุนูŽู„ูŽู‰ ู‚ูŽูˆูŽุงุนูุฏู ุงู„ุดู‘ูŽุฑููŠุนูŽุฉู : ููŽุฅูู†ู’ ุฏูŽุฎูŽู„ูŽุชู’ ูููŠ ู‚ูŽูˆูŽุงุนูุฏู ุงู„ู’ุฅููŠุฌูŽุงุจู ููŽู‡ููŠูŽ ูˆูŽุงุฌูุจูŽุฉูŒ ุŒ ูˆูŽุฅูู†ู’ ุฏูŽุฎูŽู„ูŽุชู’ ูููŠ ู‚ูŽูˆูŽุงุนูุฏู ุงู„ุชู‘ูŽุญู’ุฑููŠู…ู ููŽู‡ููŠูŽ ู…ูุญูŽุฑู‘ูŽู…ูŽุฉูŒ ุŒ ูˆูŽุฅูู†ู’ ุฏูŽุฎูŽู„ูŽุชู’ ูููŠ ู‚ูŽูˆูŽุงุนูุฏู ุงู„ู’ู…ูŽู†ู’ุฏููˆุจู ููŽู‡ููŠูŽ ู…ูŽู†ู’ุฏููˆุจูŽุฉูŒ ุŒ ูˆูŽุฅูู†ู’ ุฏูŽุฎูŽู„ูŽุชู’ ูููŠ ู‚ูŽูˆูŽุงุนูุฏู ุงู„ู’ู…ูŽูƒู’ุฑููˆู‡ู ููŽู‡ููŠูŽ ู…ูŽูƒู’ุฑููˆู‡ูŽุฉูŒ ุŒ ูˆูŽุฅูู†ู’ ุฏูŽุฎูŽู„ูŽุชู’ ูููŠ ู‚ูŽูˆูŽุงุนูุฏู ุงู„ู’ู…ูุจูŽุงุญู ููŽู‡ููŠูŽ ู…ูุจูŽุงุญูŽุฉูŒ ุŒ ูˆูŽู„ูู„ู’ุจูุฏูŽุนู ุงู„ู’ูˆูŽุงุฌูุจูŽุฉู ุฃูŽู…ู’ุซูู„ูŽุฉูŒ .
ุฃูŽุญูŽุฏูู‡ูŽุง : ุงู„ูุงุดู’ุชูุบูŽุงู„ู ุจูุนูู„ู’ู…ู ุงู„ู†ู‘ูŽุญู’ูˆู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ูŠููู’ู‡ูŽู…ู ุจูู‡ู ูƒูŽู„ูŽุงู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽูƒูŽู„ูŽุงู…ู ุฑูŽุณููˆู„ูู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุŒ ูˆูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ูˆูŽุงุฌูุจูŒ ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุญููู’ุธูŽ ุงู„ุดู‘ูŽุฑููŠุนูŽุฉู ูˆูŽุงุฌูุจูŒ ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽุชูŽุฃูŽุชู‘ูŽู‰ ุญููู’ุธูู‡ูŽุง ุฅู„ู‘ูŽุง ุจูู…ูŽุนู’ุฑูููŽุฉู ุฐูŽู„ููƒูŽ ุŒ ูˆูŽู…ูŽุง ู„ูŽุง ูŠูŽุชูู…ู‘ู ุงู„ู’ูˆูŽุงุฌูุจู ุฅู„ู‘ูŽุง ุจูู‡ู ููŽู‡ููˆูŽ ูˆูŽุงุฌูุจูŒ .
ุงู„ู’ู…ูุซูŽุงู„ู ุงู„ุซู‘ูŽุงู†ููŠ : ุญููู’ุธู ุบูŽุฑููŠุจู ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู ูˆูŽุงู„ุณู‘ูู†ู‘ูŽุฉู ู…ูู†ู’ ุงู„ู„ู‘ูุบูŽุฉู .
ุงู„ู’ู…ูุซูŽุงู„ู ุงู„ุซู‘ูŽุงู„ูุซู : ุชูŽุฏู’ูˆููŠู†ู ุฃูุตููˆู„ู ุงู„ู’ููู‚ู’ู‡ู .
ุงู„ู’ู…ูุซูŽุงู„ู ุงู„ุฑู‘ูŽุงุจูุนู : ุงู„ู’ูƒูŽู„ูŽุงู…ู ูููŠ ุงู„ู’ุฌูุฑู’ุญู ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽุนู’ุฏููŠู„ู ู„ูุชูŽู…ู’ูŠููŠุฒู ุงู„ุตู‘ูŽุญููŠุญู ู…ูู†ู’ ุงู„ุณู‘ูŽู‚ููŠู…ู ุŒ ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุฏูŽู„ู‘ูŽุชู’ ู‚ูŽูˆูŽุงุนูุฏู ุงู„ุดู‘ูŽุฑููŠุนูŽุฉู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุญููู’ุธูŽ ุงู„ุดู‘ูŽุฑููŠุนูŽุฉู ููŽุฑู’ุถู ูƒูููŽุงูŠูŽุฉู ูููŠู…ูŽุง ุฒูŽุงุฏูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑู ุงู„ู’ู…ูุชูŽุนูŽูŠู‘ูŽู†ู ุŒ ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽุชูŽุฃูŽุชู‘ูŽู‰ ุญููู’ุธู ุงู„ุดู‘ูŽุฑููŠุนูŽุฉู ุฅู„ู‘ูŽุง ุจูู…ูŽุง ุฐูŽูƒูŽุฑู’ู†ูŽุงู‡ู .

Pembahasan tentang Macam bidโ€™ah-bidโ€™ah

Bidโ€™ah adalah perbuatan yang belum pernah ada pada masa Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam.

Bidโ€™ah terbagi atas: bidโ€™ah wajib, bidโ€™ah haram, bidโ€™ah mandub (sunah), bidโ€™ah makruh, dan bidโ€™ah mubah. Untuk memahami ini, kita mengembalikannya sebagaimanan kaidah-kaidah syarโ€™iyyah; jika bidโ€™ah itu masuk prinsip kaidah kewajiban maka dia wajib, jika dia masuk prinsip kaidah pengharaman maka dia haram, jika dia masuk prinsip kaidah anjuran maka dia sunah, jika dia masuk prinsip kaidah kemakruhan maka dia makruh, jika dia masuk prinsip kaidah pembolehan maka dia mubah.

Contoh bidโ€™ah wajib adalah pertama, menyibukkan dari dalam ilmu nahwu yang dengannya kita bisa memahami firman Allah dan perkataan Rasulullah, demikian itu wajib karena menjaga syariat adalah wajib, dan tidak bisa menjaga syariat kecuali dengan memahami hal itu (nahwu). Tidaklah sempurna kewajiban kecuali dengan sesuatu, maka sesuatu itu menjadi wajib.

Kedua, menjaga perbendarahaan kata asing pada Al Quran adan As Sunnah. Ketiga, pembukuan disiplin ilmu usuhl fiqih. Keempat, perkatan dalam ilmu jarh wa taโ€™dil, yang dengannya bisa membedakan mana hadits yang shahih dan cacat. Kaidah-kaidah syarโ€™iyyah telah menunjukkan bahwa menjaga syariat adalah fardhu kifayah, sejauh bekal dan kemampuan masing-amsing secara khusus. Dan tidaklah mudah urusan penjagaan syariah kecuali dengan apa-apa yang telah kami sebutkan.

Sedangkan bidโ€™ah yang haram contohnya adalah pemikiran qadariyah, jabriyah, murjiโ€™ah, dn mujassimah, semuanya adalah lawan dari bidโ€™ah wajib.

Adapun bidโ€™ah yang sunah, contohnya adalah menciptakan jalur penghubung, sekolah-sekolah, dan jembatan, termasuk juga semua kebaikan yang belum ada pada masa awal, seperti shalat tarawuih, perkataan hikmah para ahli tasawwuf, dan perkataan yang mampu mengikat beragam perhimpunan dan bisa menjelaskan berbagai permasalahan, jika dimaksudkan karena Allah Taโ€™ala semata.

Adapun bidโ€™ah makruhah (dibenci), contohnya adalah menghias mesjid, menghias Al Qurโ€™an, dan sedangkan melagukan Al Qurโ€™an sehingga merubah lafazh, maka yang benar adalah itu bidโ€™ah yang haram. Sedangkan bidโ€™ah mubahah (boleh), contohnya adalah bersalaman setelah shalat subuh dan ashar, juga memperluas kesenangan dalam urusan makanan, minuman, pakaian, dan tempat tinggal, pakaian kebesaran ulama, dan melebarkan lengan baju. Telah terjadi perselishan dalam hal ini, sebagian ulama ada yang memakruhkan, sebagian lain mengatukan bahwa itu adalah kebiasaan yang sudah dikerjakan pada masa Rasulullah dan setelahnya, perseleisihan ini seperti masalah pembacaan istiโ€™adzah dan basmalah dalam shalat. (Imam Izzudin bin Abdussalam, Qawaidul Ahkam fi Mashalihil Anam, 2/380-384. Mawqiโ€™ Al Islam)

📌 Imam Al Ghazali Ath Thusi Rahimahullah

Berkata Hujjatul Islam Imam Al Ghazali dalam Ihyaโ€™ โ€˜Ulumuddin:

ููƒู… ู…ู† ู…ุญุฏุซ ุญุณู† ูƒู…ุง ู‚ูŠู„ ููŠ ุฅู‚ุงู…ุฉ ุงู„ุฌู…ุงุนุงุช ููŠ ุงู„ุชุฑุงูˆูŠุญ ุฅู†ู‡ุง ู…ู† ู…ุญุฏุซุงุช ุนู…ุฑ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ูˆุฃู†ู‡ุง ุจุฏุนุฉ ุญุณู†ุฉ. ุฅู†ู…ุง ุงู„ุจุฏุนุฉ ุงู„ู…ุฐู…ูˆู…ุฉ ู…ุง ูŠุตุงุฏู… ุงู„ุณู†ุฉ ุงู„ู‚ุฏูŠู…ุฉ ุฃูˆ ูŠูƒุงุฏ ูŠูุถูŠ ุฅู„ู‰ ุชุบูŠูŠุฑู‡ุง

โ€œMaka, betapa banyak perbuatan baru yang baik, sebagaimana dikatakan tentang berjamaahnya shalat tarawih, itu adalah di antara perbuatan barunya Umar Radhiallahu โ€˜Anhu, dan itu adalah bidโ€™ah hasanah. Sesungguhnya bidโ€™ah tercela itu hanyalah apa-apa yang bertentangan dengan sunah terdahulu atau yang membawa kepada perubahan terhadap sunah.โ€(Imam Al Ghazali, Ihyaโ€™ โ€˜Ulumuddin, 1/286, Mawqiโ€™ Al Warraq)

📌Imam An Nawawi Rahimahullah

Berkata Imam An Nawawi Rahimahullah ketika menjelaskan hadits di atas:

ูˆูŽูููŠ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซ ุชูŽุฎู’ุตููŠุต ู‚ูŽูˆู’ู„ู‡ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ : ” ูƒูู„ู‘ ู…ูุญู’ุฏูŽุซูŽุฉ ุจูุฏู’ุนูŽุฉ ูˆูŽูƒูู„ู‘ ุจูุฏู’ุนูŽุฉ ุถูŽู„ูŽุงู„ูŽุฉ ” ุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ู…ูุฑูŽุงุฏ ุจูู‡ู ุงู„ู’ู…ูุญู’ุฏูŽุซูŽุงุช ุงู„ู’ุจูŽุงุทูู„ูŽุฉ ูˆูŽุงู„ู’ุจูุฏูŽุน ุงู„ู’ู…ูŽุฐู’ู…ููˆู…ูŽุฉ ุŒ ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุณูŽุจูŽู‚ูŽ ุจูŽูŠูŽุงู† ู‡ูŽุฐูŽุง ูููŠ ูƒูุชูŽุงุจ ุตูŽู„ูŽุงุฉ ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉ ุŒ ูˆูŽุฐูŽูƒูŽุฑู’ู†ูŽุง ู‡ูู†ูŽุงูƒูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ุจูุฏูŽุน ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉ ุฃูŽู‚ู’ุณูŽุงู… : ูˆูŽุงุฌูุจูŽุฉ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ุฏููˆุจูŽุฉ ูˆูŽู…ูุญูŽุฑู‘ูŽู…ูŽุฉ ูˆูŽู…ูŽูƒู’ุฑููˆู‡ูŽุฉ ูˆูŽู…ูุจูŽุงุญูŽุฉ

โ€œPada hadits ini terdapat takhsis (spesifikasi/pengkhususan/penyempitan) dari hadits Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam: โ€œSetiap yang baru adalah bidโ€™ah, dan setiap bidโ€™ah adalah sesat.โ€ Yang dimaksud oleh hadits ini adalah hal-hal baru yang batil dan bidโ€™ah tercela. Telah berlalu penjelasan tentang ini pada pembahasan โ€œShalat Jumโ€™atโ€. Kami menyebutkan di sana , bahwa bidโ€™ah ada lima bagian: Wajib, sunah, haram, makruh, dan mubah.โ€ (Imam An Nawawi, Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 3/461. Mawqiโ€™ Ruh Al Islam)

📌 Imam Al Qurthubi Rahimahullah

Berkata Imam Al Qurthubi Al Maliki Rahimahullah tentang hadits Imam Muslim di atas:

ูˆู‡ุฐุง ุฅุดุงุฑุฉ ุฅู„ู‰ ู…ุง ุงุจุชุฏุน ู…ู† ู‚ุจูŠุญ ูˆุญุณู†ุŒ ูˆู‡ูˆ ุฃุตู„ ู‡ุฐุง ุงู„ุจุงุจุŒ ูˆุจุงู„ู„ู‡ ุงู„ุนุตู…ุฉ ูˆุงู„ุชูˆููŠู‚ุŒ ู„ุง ุฑุจ ุบูŠุฑู‡

โ€œIni adalah isyarat bahwa apa-apa yang baru (bidโ€™ah), di antaranya ada yang buruk dan ada yang baik, dan itulah asal dari masalah ini. Dan kepada Allah memohon penjagaan dan taufiq, dan Tiada Rabb selainNya.โ€ (Imam Al Qurthubi, Jamiโ€™ul Ahkam, 2/87. Dar Ihyaโ€™ At Turats Al โ€˜Arabi)

📌 Imam Abul Hasan As Sindi Rahimahullah

Imam Abul Hasan Muhammad bin Abdil Hadi As Sindi, penulis Hasyiah โ€˜ala Ibni Majah, ketika mengomentari hadits Kullu bidโ€™atin dhalalah sebagai berikut ini:

ู‚ููŠู„ูŽ ุฃูุฑููŠุฏ ุจูู‡ูŽุง ู…ูŽุง ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู„ูŽู‡ู ุฃูŽุตู’ู„ ูููŠ ุงู„ุฏู‘ููŠู† ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู’ุฃูู…ููˆุฑ ุงู„ู’ู…ููˆูŽุงููู‚ูŽุฉ ู„ูุฃูุตููˆู„ู ุงู„ุฏู‘ููŠู† ููŽุบูŽูŠู’ุฑ ุฏูŽุงุฎูู„ูŽุฉ ูููŠู‡ูŽุง ูˆูŽุฅูู†ู’ ุฃูุญู’ุฏูุซูŽุชู’ ุจูŽุนู’ุฏู‡ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูู„ู’ุช ู‡ููˆูŽ ุงู„ู’ู…ููˆูŽุงููู‚ ู„ูู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ูˆูŽุณูู†ู‘ูŽุฉ ุงู„ู’ุฎูู„ูŽููŽุงุก ููŽู„ู’ูŠูŽุชูŽุฃูŽู…ู‘ูŽู„ู’

โ€œDikatakan, yang dikehendaki oleh hadits ini adalah apa-apa yang tidak memiliki dasar dalam agama, sedangkan perkara yang bersesuaian dengan dasar-dasar agama bukanlah termasuk di dalam maksud hadits tersebut, walau pun hal itu baru ada setelah masa Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam. Aku berkata: hal itu sesuai dengan sunahnya dan sunah al Khulafaโ€™, maka perhatikanlah.โ€ (Imam Abul Hasan As Sindi, Hasyiah โ€˜ala Ibni Majah, No. 42. Mawqiโ€™ Ruh Al Islam)

📌 Imam Al lusi Rahimahullah berkata:

ูˆู‚ุงู„ ุตุงุญุจ ุฌุงู…ุน ุงู„ุฃุตูˆู„ : ุงู„ุงุจุชุฏุงุน ู…ู† ุงู„ู…ุฎู„ูˆู‚ูŠู† ุฅู† ูƒุงู† ููŠ ุฎู„ุงู ู…ุง ุฃู…ุฑ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุจู‡ ูˆุฑุณูˆู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูู‡ูˆ ููŠ ุญูŠุฒ ุงู„ุฐู… ูˆุงู„ุฅู†ูƒุงุฑ ูˆุฅู† ูƒุงู† ูˆุงู‚ุนุงู‹ ุชุญุช ุนู…ูˆู… ู…ุง ู†ุฏุจ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุฅู„ูŠู‡ ูˆุญุถ ุนู„ูŠู‡ ุฃูˆ ุฑุณูˆู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูู‡ูˆ ููŠ ุญูŠุฒ ุงู„ู…ุฏุญ ูˆุฅู† ู„ู… ูŠูƒู† ู…ุซุงู„ู‡ ู…ูˆุฌูˆุฏุงู‹ ูƒู†ูˆุน ู…ู† ุงู„ุฌูˆุฏ ูˆุงู„ุณุฎุงุก ูˆูุนู„ ุงู„ู…ุนุฑูˆู ุŒ ูˆูŠุนุถุฏ ุฐู„ูƒ ู‚ูˆู„ ุนู…ุฑ ุจู† ุงู„ุฎุทุงุจ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุนู†ู‡ ููŠ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุชุฑุงูˆูŠุญ : ู†ุนู…ุช ุงู„ุจุฏุนุฉ ู‡ุฐู‡

Berkata penulis Jamiโ€™ al Ushul: โ€œPerkara baru yang diada-adakan oleh manusia, jika berselisih dengan apa-apa yang Allah Taโ€™ala dan Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam perintahkan, maka itu tercela dan harus diingkari. Namun, jika masih bersesuaian dengan keumuman apa-apa yang Allah Taโ€™ala dan Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam anjurkan, maka itu termasuk terpuji, walau pun belum ada yang semisalnya, yang mendukung hal itu adalah ucapan Umar bin al Khathab Radhiallahu โ€˜Anhu tentang shalat tarawih: โ€œSebaik-baiknya bidโ€™ah adalah ini.โ€ (Imam Al Alusi, Ruhul Maโ€™ani, 20/346 Mawqiโ€™ At Tafasir)

Sementara itu tidak sedikit ulama lain yg tidak setuju dengan pembagian ini, bagi mereka bid’ah hanya satu yaitu dhalalah (sesat), seperti pendapat Ibnu Umar, Malik, Ibnu Taimiyah, Al Qaradhawiy, dll.

Wallahu A’lam

🌷🌺🌴🍃🌸🌾🌻☘

✍ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top