Puasa di Bulan Rajab

💢💢💢💢💢💢💢💢

Dari Utsman bin Hakim Al Anshari, beliau berkata:

ุณูŽุฃูŽู„ู’ุชู ุณูŽุนููŠุฏูŽ ุจู’ู†ูŽ ุฌูุจูŽูŠู’ุฑู ุนูŽู†ู’ ุตูŽูˆู’ู…ู ุฑูŽุฌูŽุจู ูˆูŽู†ูŽุญู’ู†ู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽุฆูุฐู ูููŠ ุฑูŽุฌูŽุจู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุงุจู’ู†ูŽ ุนูŽุจู‘ูŽุงุณู ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ูŠูŽู‚ููˆู„ูย ูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูŽุตููˆู…ู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ู†ูŽู‚ููˆู„ูŽ ู„ูŽุง ูŠููู’ุทูุฑู ูˆูŽูŠููู’ุทูุฑู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ู†ูŽู‚ููˆู„ูŽ ู„ูŽุง ูŠูŽุตููˆู…ู

Aku bertanya kepada Saโ€™id bin Jubeir tentangย shaumย pada bulan Rajab, saat itu kami sedang berada pada bulan RAJAB, Beliau menjawab: โ€œAku mendengar Ibnu Abbasย Radhiallahu โ€˜Anhumaย berkata: Dahulu Rasulullahย Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallamย BERPUASA (pada bulan Rajab) sampai-sampai kami mengatakan Beliau tidak meninggalkannya, dan Beliau pernah meninggalkannya sampai kami mengatakan dia tidak pernah berpuasa (Rajab).

(HR. Muslim No. 1157)

Dari hadits ini, menunjukkan bahwa Shaum di bulan Rajab adalah Sunnah (fi’liyah) Rasulullah Shalallahu’Alaihi wa Sallam. Oleh karenanya, mayoritas para imam membolehkan berpuasa pada bulan Rajab secara umum, selama dia tidak mengkhususkan, mengistimewakan, dan menspesialkannyaย  melebihi bulan lainnya.

📌 Imam An Nawawiย Rahimahullahย menjelaskan:

ุงู„ุธุงู‡ุฑ ุฃู† ู…ุฑุงุฏ ุณุนูŠุฏ ุจู† ุฌุจูŠุฑ ุจู‡ุฐุง ุงู„ุงุณุชุฏู„ุงู„ ุฃู†ู‡ ู„ุง ู†ู‡ู‰ ุนู†ู‡ ูˆู„ุง ู†ุฏุจ ููŠู‡ ู„ุนูŠู†ู‡ ุจู„ ู„ู‡ ุญูƒู… ุจุงู‚ูŠ ุงู„ุดู‡ูˆุฑ

Secara lahiriah, maksud dari Saโ€™id bin Jubeir dengan pendalilan ini adalah bahwa tidak ada larangan dan tidak ada pula anjuran secara khusus puasa pada Rajab,ย  tetapi hukumnya sama seperti bulan-bulan lainnya.ย (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 8/38-39)

Imam An Nawawi Rahimahullah juga mengatakan:

ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุซู’ุจูุช ูููŠ ุตูŽูˆู’ู… ุฑูŽุฌูŽุจ ู†ูŽู‡ู’ูŠูŒ ูˆูŽู„ูŽุง ู†ูŽุฏู’ุจูŒ ู„ูุนูŽูŠู’ู†ูู‡ู ุŒ ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู‘ูŽ ุฃูŽุตู’ู„ูŽ ุงู„ุตู‘ูŽูˆู’ู…ู ู…ูŽู†ู’ุฏููˆุจูŒ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ู ุŒ ูˆูŽูููŠ ุณูู†ูŽู† ุฃูŽุจููŠ ุฏูŽุงูˆูุฏูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู†ูŽุฏูŽุจูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุตู‘ูŽูˆู’ู… ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ุฃูŽุดู’ู‡ูุฑ ุงู„ู’ุญูุฑูู… ุŒ ูˆูŽุฑูŽุฌูŽุจ ุฃูŽุญูŽุฏู‡ูŽุง . ูˆูŽุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽุนู’ู„ูŽู…ู

โ€œTidak ada yang shahih tentang larangan berpuasa pada bulan Rajab, dan tidak shahih pula mengkhususkan puasa pada bulan tersebut, tetapi pada dasarnya berpuasa memang hal yang DISUNAHKAN. Terdapat dalamย Sunan Abu Daudย bahwa Rasulullahย Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallammenganjurkan berpuasa padaย asyhurul hurumย (bulan-bulan haram), dan Rajab termasuk asyhurul hurum. Wallahu Aโ€™lam.

(Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 8/39)

📌 Hadits yang dimaksud Imam An Nawawi berbunyi:

ุนูŽู†ู’ ู…ูุฌููŠุจูŽุฉูŽ ุงู„ู’ุจูŽุงู‡ูู„ููŠู‘ูŽุฉู ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠู‡ูŽุง ุฃูŽูˆู’ ุนูŽู…ู‘ูู‡ูŽุงย ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽุชูŽู‰ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุซูู…ู‘ูŽ ุงู†ู’ุทูŽู„ูŽู‚ูŽ ููŽุฃูŽุชูŽุงู‡ู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุณูŽู†ูŽุฉู ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุชูŽุบูŽูŠู‘ูŽุฑูŽุชู’ ุญูŽุงู„ูู‡ู ูˆูŽู‡ูŽูŠู’ุฆูŽุชูู‡ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽู…ูŽุง ุชูŽุนู’ุฑูููู†ููŠ ู‚ูŽุงู„ูŽ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽู†ูŽุง ุงู„ู’ุจูŽุงู‡ูู„ููŠู‘ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ุฌูุฆู’ุชููƒูŽ ุนูŽุงู…ูŽ ุงู„ู’ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽู…ูŽุง ุบูŽูŠู‘ูŽุฑูŽูƒูŽ ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ูƒูู†ู’ุชูŽ ุญูŽุณูŽู†ูŽ ุงู„ู’ู‡ูŽูŠู’ุฆูŽุฉู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุง ุฃูŽูƒูŽู„ู’ุชู ุทูŽุนูŽุงู…ู‹ุง ุฅูู„ู‘ูŽุง ุจูู„ูŽูŠู’ู„ู ู…ูู†ู’ุฐู ููŽุงุฑูŽู‚ู’ุชููƒูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู„ูู…ูŽ ุนูŽุฐู‘ูŽุจู’ุชูŽ ู†ูŽูู’ุณูŽูƒูŽ ุซูู…ู‘ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุตูู…ู’ ุดูŽู‡ู’ุฑูŽ ุงู„ุตู‘ูŽุจู’ุฑู ูˆูŽูŠูŽูˆู’ู…ู‹ุง ู…ูู†ู’ ูƒูู„ู‘ู ุดูŽู‡ู’ุฑู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฒูุฏู’ู†ููŠ ููŽุฅูู†ู‘ูŽ ุจููŠ ู‚ููˆู‘ูŽุฉู‹ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุตูู…ู’ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽูŠู’ู†ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฒูุฏู’ู†ููŠ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุตูู…ู’ ุซูŽู„ูŽุงุซูŽุฉูŽ ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฒูุฏู’ู†ููŠ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุตูู…ู’ ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ุญูุฑูู…ู ูˆูŽุงุชู’ุฑููƒู’ ุตูู…ู’ ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ุญูุฑูู…ู ูˆูŽุงุชู’ุฑููƒู’ ุตูู…ู’ ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ุญูุฑูู…ู ูˆูŽุงุชู’ุฑููƒู’ ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุจูุฃูŽุตูŽุงุจูุนูู‡ู ุงู„ุซู‘ูŽู„ูŽุงุซูŽุฉู ููŽุถูŽู…ู‘ูŽู‡ูŽุง ุซูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุฑู’ุณูŽู„ูŽู‡ูŽุง

Dari Mujibah Al Bahili, dari ayahnya, atau pamannya, bahwasanya dia memdatangi NabiShallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam,ย lalu dia pergi. Kemudian mendatangi lagi setelah satu tahun lamanya, dan dia telah mengalami perubahan baik keadaan dan penampilannya. Dia berkata: โ€œWahai Rasulullah, apakah kau mengenali aku?โ€ Nabi bertanya: โ€œSiapa kamu?โ€ Al Bahili menjawab: โ€œSaya Al Bahili yang datang kepadamu setahun lalu.โ€ Nabi bertanya:: โ€œApa yang membuatmu berubah, dahulu kamu terlihat baik-baik saja?โ€ Al Bahili menjawab: โ€œSejak berpisah denganmu, saya tidak makan kecuali hanya malam.โ€ Bersabda Rasulullah: โ€œKanapa kamu siksa dirimu?โ€, lalu bersabda lagi: โ€œPuasalah pada bulan kesaabaran, danย ย ย  sehari pada tiap bulannya.โ€ Al Bahili berkata: โ€œTambahkan, karena saya masih punya kekuatan.โ€ Beliau bersabda: โ€œPuasalah dua hari.โ€ Beliau berakata: โ€œTambahkan.โ€ Beliau bersabda: โ€œPuasalah tiga hari.โ€ Al Bahili berkata:

โ€œTambahkan untukku.โ€ Nabi bersabda: โ€œPuasalah pada bulan-bulan haram, dan tinggalkanlah (sebagiannya), Puasalah pada bulan-bulan haram, dan tinggalkanlah (sebagiannya), Puasalah pada bulan-bulan haram, dan tinggalkanlah (sebagiannya). Beliau berkata dengan tiga jari hemarinya, lalu menggenggamnya kemudian dilepaskannya.

(HR. Abu Daud No. 2428, Al Baihaqi dalamย As Sunan Al Kubraย ย No. 8209, jugaย Syuโ€™abul Imanย No. 3738. Syaikh Sayyid Sabiq mengatakan:ย sanadnya jayyid. Lihatย Fiqhus Sunnah, 1/453.ย  Namun Syaikh Al Albani mendhaifkan dalam berbagai kitabnya)

Jumhur ulama – tiga madzhab- menyunnahkannya (mandub), sementara kalangan Hanabilah (Hambaliyah) memakruhkannya.
(Lihatย ย Al Fiqhu ‘alal Madzaahib Al Arba’ah, 1/895)

Banyak ulama yang mengatakan shaum Rajab adalah sunnah, baik dengan istilah mustahab (disukai) dan mandub (dianjurkan), seperti : Imam Asy Syaukani (Naulil Authar, 4/621), Imam Ibnu Hajar Al Haitami (Fatawa Ibni Hajar, 1/4), dan lainnya.

Siapa yang MEMAKRUHKAN?

Sebagian ulama memakruhkan, seperti kalangan Hambaliyah. Ini juga menjadi pendapat Umar bin Khathab dan putranya, Abdullah bin Umar Radhiyallahu ‘Anhuma.

Dari Abu Muโ€™awiyah, dari Al Aโ€™masy, dari Barah bin Abdirrahman, dari Kharasyah bin Al Hurr, dia berkata:

ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชูย ุนูู…ูŽุฑูŽย ูŠูŽุถู’ุฑูุจูย ุฃูŽูƒููู‘ูŽย ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูย ูููŠย ุฑูŽุฌูŽุจูย ุŒย ุญูŽุชู‘ูŽู‰ย ูŠูŽุถูŽุนููˆู‡ูŽุงย ูููŠย ุงู„ู’ุฌูููŽุงู†ูย ูˆูŽูŠูŽู‚ููˆู„ูย :ย ูƒูู„ููˆุงย ููŽุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุงย ู‡ููˆูŽย ุดูŽู‡ู’ุฑูŒย ูƒูŽุงู†ูŽย ูŠูุนูŽุธู‘ูู…ูู‡ูย ุฃูŽู‡ู’ู„ูย ุงู„ู’ุฌูŽุงู‡ูู„ููŠู‘ูŽุฉู

Aku melihat Umar memukul telapak tangan manusia pada bulan Rajab, hinggap dia mengantarkannya ke mangkuk besar, dan berkata: โ€œMakanlah, ini adalah bulan yang dimuliakan oleh orang-orang Jahiliyah”.

(HR. Ibnu Abi Syaibah dalamย Al Mushannafย No. 9851)

Imam Ibnu Abi Syaibah menceritakan:

ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุงย ูˆูŽูƒููŠุนูŒย ุŒย ุนูŽู†ู’ย ุนูŽุงุตูู…ูย ุจู’ู†ูย ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏูย ุŒย ุนูŽู†ู’ย ุฃูŽุจููŠู‡ูย ุŒย ู‚ูŽุงู„ูŽย :ย ูƒูŽุงู†ูŽย ุงุจู’ู†ูย ุนูู…ูŽุฑูŽย ุฅุฐูŽุงย ุฑูŽุฃูŽู‰ย ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูŽย ุŒย ูˆูŽู…ูŽุงย ูŠูุนูุฏู‘ูˆู†ูŽย ู„ูุฑูŽุฌูŽุจูย ุŒย ูƒูŽุฑูู‡ูŽย ุฐูŽู„ููƒูŽ

Berkata kepada kami Waki;, dari โ€˜Ashim bin Muhamad, dari ayahnya, dia berkata: โ€œDahulu Ibnu Umar jika dia melihat manusia -dan betapa banyak yang melakukannyaย  pada Rajab- maka dia membencinya.โ€ย (Al Mushannafย No. 9854)

📚 Mana yang lebih kuat?

Berkata Syaikh Dr. Abdullah Al Faqihย Hafizhahullah:

ูˆู…ู† ุฎู„ุงู„ ู‡ุฐู‡ ุงู„ู†ู‚ูˆู„ ูŠุชุถุญ ู„ู†ุง ุฌู„ูŠุงู‹ ุฃู† ุงู„ู…ุณุฃู„ุฉ ุฎู„ุงููŠุฉ ุจูŠู† ุงู„ุนู„ู…ุงุกุŒ ูˆู„ุง ูŠุฌูˆุฒ ุฃู† ุชูƒูˆู† ู…ู† ู…ุณุงุฆู„ ุงู„ู†ุฒุงุน ูˆุงู„ุดู‚ุงู‚ ุจูŠู† ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู†ุŒ ุจู„ ู…ู† ู‚ุงู„ ุจู‚ูˆู„ ุงู„ุฌู…ู‡ูˆุฑ ู…ู† ุงู„ุนู„ู…ุงุก ู„ู… ูŠุซุฑุจ ุนู„ูŠู‡ุŒ ูˆู…ู† ู‚ุงู„ ุจู‚ูˆู„ ุงู„ุญู†ุงุจู„ุฉ ู„ู… ูŠุซุฑุจ ุนู„ูŠู‡.ูˆุฃู…ุง ุตูŠุงู… ุจุนุถ ุฑุฌุจุŒ ูู…ุชูู‚ ุนู„ู‰ ุงุณุชุญุจุงุจู‡ ุนู†ุฏ ุฃู‡ู„ ุงู„ู…ุฐุงู‡ุจ ุงู„ุฃุฑุจุนุฉ ู„ู…ุง ุณุจู‚ุŒ ูˆู„ูŠุณ ุจุฏุนุฉ.
ุซู… ุฅู† ุงู„ุฑุงุฌุญ ู…ู† ุงู„ุฎู„ุงู ุงู„ู…ุชู‚ุฏู… ู…ุฐู‡ุจ ุงู„ุฌู…ู‡ูˆุฑ ู„ุง ู…ุฐู‡ุจ ุงู„ุญู†ุงุจู„ุฉ

Pada masalah ini, kami katakan bahwa telah jelas perkara ini telah diperselisihkan para ulama, dan tidak boleh masalah ini menjadi sebab pertentangan dan perpecahan di antara kaum muslimin. Bahkan, siapa saja yang berpendapat seperti jumhur ulama dia tidak boleh dicela, dan siapa saja yang berpendapat seperti Hanabilah dia juga tidak boleh dicela. Ada pun berpuasa pada sebagian bulan Rajab, maka telah disepakati kesunahannya menurut para pengikut empat madzhab sebagaimana penjelasan lalu, itu bukan bid’ah.

Kemudian, sesungguhnya PENDAPAT YANG LEBIH KUAT dari perbedaan pendapat sebelumnya adalah pendapat JUMHUR (Mayoritas), bukan pendapat Hanabilah.

(Fatawa Asy Syabakah Al Islamiyahย No. 28322)

Demikian. Wallahu a’lam

📙📘📕📒📔📓📗

🖋 Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top