Sekilas Seputar Zakat (Bag. 8)

🐾🐾🐾🐾🐾🐾

E.ย  Zakat Rikaz dan Barang Tambang (Maโ€™din)

Definisi Rikaz sebagai berikut:

ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุงู„ููƒ ุงู„ู’ุฃูŽู…ู’ุฑู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ู„ูŽุง ุงุฎู’ุชูู„ูŽุงููŽ ูููŠู‡ู ุนูู†ู’ุฏูŽู†ูŽุง ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุฃูŽู‡ู’ู„ูŽ ุงู„ู’ุนูู„ู’ู…ู ูŠูŽู‚ููˆู„ููˆู†ูŽู‡ู ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ุฑู‘ููƒูŽุงุฒูŽ ุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ู‡ููˆูŽ ุฏููู’ู†ูŒ ูŠููˆุฌูŽุฏู ู…ูู†ู’ ุฏููู’ู†ู ุงู„ู’ุฌูŽุงู‡ูู„ููŠู‘ูŽุฉู ู…ูŽุง ู„ูŽู…ู’ ูŠูุทู’ู„ูŽุจู’ ุจูู…ูŽุงู„ู ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูุชูŽูƒูŽู„ู‘ูŽูู’ ูููŠู‡ู ู†ูŽููŽู‚ูŽุฉูŒ ูˆูŽู„ูŽุง ูƒูŽุจููŠุฑู ุนูŽู…ูŽู„ู ูˆูŽู„ูŽุง ู…ูŽุฆููˆู†ูŽุฉู ููŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ู…ูŽุง ุทูู„ูุจูŽ ุจูู…ูŽุงู„ู ูˆูŽุชููƒูู„ู‘ูููŽ ูููŠู‡ู ูƒูŽุจููŠุฑู ุนูŽู…ูŽู„ู ููŽุฃูุตููŠุจูŽ ู…ูŽุฑู‘ูŽุฉู‹ ูˆูŽุฃูุฎู’ุทูุฆูŽ ู…ูŽุฑู‘ูŽุฉู‹ ููŽู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุจูุฑููƒูŽุงุฒู

Berkata Imam Malik: โ€œPerkara yang tidak lagi diperselisihkan bagi kami dan yang saya dengar dari para ulama, bahwa mereka mengatakan rikaz adalah harta terpendam yang dipendam sejak masa jahiliyah, untuk menemukannya tidak membutuhkan ongkos, tidak juga upaya keras dan tenaga besar untuk mencarinya. Sedangkan yang ditemukan dengan menggunakan ongkos dan bersusah payah mencarinya, yang kadang bisa berhasil, waktu lain bisa gagal, maka itu bukan rikaz.โ€ย  (Al Muwaththaโ€™ No. 585, riwayat Yahya Al Laitsi)

Sedangkan Maโ€™din (barang tambang) adalah: diambil dari kata yaโ€™danu โ€“ โ€˜ad-nan yang artinya menetap pada suatu tempat.

Menurut Imam Abu Hanifahย ย  zakatย  maโ€™din hanya pada barang yang lebur dan bisa dicetak, seperti: emas, perak, besi dan tembaga. Sedangkan yang tidak cair seperti yaqut dan intan, tidak wajib zakat. Tidak ada nishab pada zakat maโ€™din, dan wajib dikeluarkan 1/5 (khumus), baik menemukannya sedikit atau banyak
Menurut Imam Malik dan Imam Asy Syafiโ€™i zakat maโ€™din hanya pada emas dan perak saja, dengan aturan main yang sudah dibahas pada zakat emas dan perak di atas.

Menurut Imam Ahmad zakat maโ€™din adalah semua hasil bumi yangย  berharga dan terbentuk di dalamnya seperti: emas, perak, besi, tembaga, timah, permata, yaqut, zabarjad, jamrud, intan, pirus, berlian, โ€˜aqik, batu bara, granit, aspal, minyak bumi, belerang, dan lainnya.

Menurut tiga madzhab, yang dikeluarkanย  dari zakat tambang adalah 1/40, sebagaimana zakat emas dan perak. Sedangkan Imam Abu Hanifah menetapkan 1/5, sebagaimana harta rampasan perang. Pandangan mayoritas lebih benar, karena memang memiliki dalil khususnya, yakni:
Nishab zakat emas adalah jika telah mencapai 20 Dinar dan selama satu tahun kepemilikan, maka zakatnya 1/40-nya, yakni setengah Dinar. (HR. Abu Daud No. 1573, Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 7325, dishahihkan Syaikh Al Albani. Lihat Shahih wa Dhaif Sunan Abi Daud No. 1573)

Nishab zakat perak adalah jika telah mencapai 200 Dirham selama setahun kepemilikan sebanyak 1/40-nya, yakni 5 dirham. (HR.ย  Abu Daud No. 1574, At Tirmdizi No. 620,ย  Ahmad No. 711, 1232,ย  Al Bazar No. 679, dan lainnya. Imam At Tirmidzi bertanya kepada Imam Bukhari, apakah hadits ini shahih? Beliau menjawab: โ€œshahih.โ€ Lihat Sunan At Tirmidzi No. 620)

Dalil wajibnya zakat rikaz adalah:

ูˆููŠ ุงู„ุฑูƒุงุฒ ุงู„ุฎู…ุณ

Dan pada rikaz zakatnya adalah seperlima (khumus). (HR. Bukhari No. 1499, Muslim No. 1710)

Hadits ini menunjukkan wajibnya zakat rikaz, dan berapa yang mesti dikeluarkan, yakni 1/5, atau 20 %.

Rikaz yang mesti dikeluarkan zakatnya adalah:

ุงู„ุฑูƒุงุฒ ุงู„ุฐูŠ ูŠุฌุจ ููŠู‡ ุงู„ุฎู…ุณุŒ ู‡ูˆ ูƒู„ ู…ุง ูƒุงู† ู…ุงู„ุงุŒ ูƒุงู„ุฐู‡ุจ ูˆุงู„ูุถุฉุŒ ูˆุงู„ุญุฏูŠุฏุŒ ูˆุงู„ุฑุตุงุตุŒ ูˆุงู„ุตูุฑุŒ ูˆุงู„ุงู†ูŠุฉุŒ ูˆู…ุง ุฃุดุจู‡ ุฐู„ูƒ.ูˆู‡ูˆ ู…ุฐู‡ุจ ุงู„ุงุญู†ุงูุŒ ูˆุงู„ุญู†ุงุจู„ุฉุŒ ูˆุฅุณุญู‚ุŒ ูˆุงุจู† ุงู„ู…ู†ุฐุฑุŒ ูˆุฑูˆุงูŠุฉ ุนู† ู…ุงู„ูƒุŒ ูˆุฃุญุฏ ู‚ูˆู„ูŠ ุงู„ุดุงูุนูŠ.ูˆู„ู‡ ู‚ูˆู„ ุขุฎุฑ: ุฃู† ุงู„ุฎู…ุณ ู„ุง ูŠุฌุจ ุฅู„ุง ููŠ ุงู„ุงุซู…ุงู†: ุงู„ุฐู‡ุจ ูˆุงู„ูุถุฉ

Rikaz yang wajib dikeluarkan zakatnya seperlima adalah semua yang berupa harta seperti emas, perak, besi, timah, tembaga,ย  bejana, dan yang semisalnya. Inilah pendapat Hanafiyah, Hanabilah, Ishaq, Ibnul Mundzir, satu riwayat dari Malik, salah satu pendapat dari Asy Syafiโ€™i. Pendapat yang lain: bahwa seperlima tidaklah wajib kecuali pada mata uang: yaitu emas dan perak.ย  (Fiqhus Sunah, 1/374)

📌Kepada siapa diwajibkan?

Siapa saja yang menemukan rikaz, wajib mengeluarkan zakatnya, baik dewasa atau anak-anak, berakal atau gila, bahkan kafir dzimmi sekali pun. Ada pun untuk anak-anak dan orang gila yang mengurus pengeluaran zakatnya adalah walinya.

Imam Ibnu Qudamah Rahimahullah mennyebutkan:

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงุจู’ู†ู ุงู„ู’ู…ูู†ู’ุฐูุฑู : ุฃูŽุฌู’ู…ูŽุนูŽ ูƒูู„ู‘ู ู…ูŽู†ู’ ู†ูŽุญ

ู’ููŽุธู ุนูŽู†ู’ู‡ู ู…ูู†ู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ุนูู„ู’ู…ู ุŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุฐู‘ูู…ู‘ููŠู‘ู ูููŠ ุงู„ุฑู‘ููƒูŽุงุฒู ูŠูŽุฌูุฏูู‡ู ุงู„ู’ุฎูู…ู’ุณูŽ .
ู‚ูŽุงู„ูŽู‡ู ู…ูŽุงู„ููƒูŒ ุŒ ูˆูŽุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ู…ูŽุฏููŠู†ูŽุฉู ุŒ ูˆูŽุงู„ุซู‘ูŽูˆู’ุฑููŠู‘ู ุŒ ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽูˆู’ุฒูŽุงุนููŠู‘ู ุŒ ูˆูŽุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ุนูุฑูŽุงู‚ู ุŒ ูˆูŽุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจู ุงู„ุฑู‘ูŽุฃู’ูŠู ุŒ ูˆูŽุบูŽูŠู’ุฑูู‡ูู…ู’ .
ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ุดู‘ูŽุงููุนููŠู‘ู : ู„ูŽุง ูŠูŽุฌูุจู ุงู„ู’ุฎูู…ู’ุณู ุฅู„ู‘ูŽุง ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽู†ู’ ุชูŽุฌูุจู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุฒู‘ูŽูƒูŽุงุฉู ุ› ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุฒูŽูƒูŽุงุฉูŒ .
ูˆูŽุญููƒููŠูŽ ุนูŽู†ู’ู‡ู ูููŠ ุงู„ุตู‘ูŽุจููŠู‘ู ูˆูŽุงู„ู’ู…ูŽุฑู’ุฃูŽุฉู ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูู…ูŽุง ู„ูŽุง ูŠูŽู…ู’ู„ููƒูŽุงู†ู ุงู„ุฑู‘ููƒูŽุงุฒูŽ .

Semua ulama yang telah saya ketahui telah sepakat, bahwa orang dzimmi juga wajib mengeluarkan zakat rikaz yang ditemukannya sebesar 1/5. Ini menjadi pendapat Malik, penduduk Madinah, Ats Tsauri, Al Awzaโ€™i, penduduk Iraq, ashhab ar raโ€™yi (pengikut Imam Abu Hanifah), dan selain mereka. Imam Asy Syafiโ€™i berkata: tidak wajib seperlima kecuali kepada orang yang wajib berzakat, karena zakat adalah zakat. Diceritakan darinya, bahwa anak-anak dan wanita tidaklah memiliki rikaz. (Al Mughni, 5/400)

Syaikh Wahbah Az Zuhaili Rahimahullah mengatakan:

ู‡ูˆ ูƒู„ ู…ู† ูˆุฌุฏู‡ ู…ู† ู…ุณู„ู… ูˆุฐู…ูŠ ูˆุญุฑ ูˆุบูŠุฑู‡ ูˆูƒุจูŠุฑ ูˆุตุบูŠุฑ ูˆุนุงู‚ู„ ูˆู…ุฌู†ูˆู†ุŒ ูˆู‡ูˆ ุฑุฃูŠ ุงู„ุฌู…ู‡ูˆุฑ ู„ุนู…ูˆู… ุญุฏูŠุซ ยซูˆููŠ ุงู„ุฑูƒุงุฒ ุงู„ุฎู…ุณ

Dia adalah kewajiban bagi siapa saja yang menemukannya, baik muslim, dzimmi, merdeka, budak, dewasa, anak-anak, berakal, dan gila, ini adalah pendapat jumhur, sesuai keumuman hadits: (Pada rikaz zakatnya adalah seperlima). (Al Fiqhul Islami wa Adilatuhu, 3/223)

Zakat rikaz dikeluarkan tanpa menunggu haul, tapi dikeluarkan ketika menemukannya, juga tidak ada nishab. Ini adalah pendapat jumhur (mayoritas).

Bersambung …

🍃🌷🌸🌾🌻🌿🌳โ˜˜🍁

โœ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top