Ta’khir Shalat Isya (Mengerjakan Shalat Isya di Akhir Waktu)

🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾

Dianjurkan mengakhirkan shalat Isya hingga hampir setengah malam, dan ini menjadi kekhususan bagi Isya saja. Hal ini dicontohkan langsung oleh Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam, namun tidak selalu dia lakukan khawatir memberatkan umatnya.

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู†ูŽุณู ุจู’ู†ู ู…ูŽุงู„ููƒู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุฎู‘ูŽุฑูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุตูŽู„ูŽุงุฉูŽ ุงู„ู’ุนูุดูŽุงุกู ุฅูู„ูŽู‰ ู†ูุตู’ูู ุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู ุซูู…ู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุซูู…ู‘ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ูŽุฏู’ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ูˆูŽู†ูŽุงู…ููˆุง ุฃูŽู…ูŽุง ุฅูู†ู‘ูŽูƒูู…ู’ ูููŠ ุตูŽู„ูŽุงุฉู ู…ูŽุง ุงู†ู’ุชูŽุธูŽุฑู’ุชูู…ููˆู‡ูŽุง

Dari Anas bin Malik, dia berkata: Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam mengakhirkan shalat Isya sampai tengah malam, lalu dia shalat, kemudian bersabda: โ€œManusia telah shalat dan tertidur, ada pun sesungguhnya kalian tetap dinilai dalam keadaan shalat selama kalian masihย  menunggu waktunya.โ€[1]

Dalam hadits lain:

ุนูŽู†ู’ ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ุฃูŽุนู’ุชูŽู…ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฐูŽุงุชูŽ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุนูŽุงู…ู‘ูŽุฉู ุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู ูˆูŽุญูŽุชู‘ูŽู‰ ู†ูŽุงู…ูŽ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ุซูู…ู‘ูŽ ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ููŽุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽูˆูŽู‚ู’ุชูู‡ูŽุง ู„ูŽูˆู’ู„ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ุฃูŽุดูู‚ู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูู…ู‘ูŽุชููŠ

Dari โ€˜Aisyah, dia berkata: Pada suatu malam, Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallammengakhirkan shalat Isya sampai hilang sebagian besar malam, dan sampai para jamaah yang di masjid tertidur, lalu Beliau keluar lalu shalat, lalu bersabda: โ€œSesungguhnya inilah waktu shalat Isya, seandainya tidak memberatkan umatku.โ€ [2]

Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah berkata:

ูˆูƒู„ู‡ุง ุชุฏู„ ุนู„ู‰ ุงุณุชุญุจุงุจ ุงู„ุชุฃุฎูŠุฑ ูˆุฃูุถู„ูŠุชู‡ุŒ ูˆุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุชุฑูƒ ุงู„ู…ูˆุงุธุจุฉ ุนู„ูŠู‡ ู„ู…ุง ููŠู‡ ู…ู† ุงู„ู…ุดู‚ุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุตู„ูŠู†ุŒ ูˆู‚ุฏ ูƒุงู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠู„ุงุญุธ ุฃุญูˆุงู„ ุงู„ู…ุคุชู…ูŠู†ุŒ ูุฃุญูŠุงู†ุง ูŠุนุฌู„ ูˆุฃุญูŠุงู†ุง ูŠุคุฎุฑ.

Semua hadits ini menunjukkan sunahย  dan keutamaan mengakhirkan shalat isya. Walau pun demikian nabi tidak melakukannya terus menerus, khawatir memberatkan umatnya. NabiShallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam selalu memperhatikan kondisi kaum muโ€™minin, maka kadangkala dia menyegerakan, kadangkala dia mengakhirkan.โ€ [3]

Imam An Nawawi Rahimahullah berkata:

ูˆูŽู‚ูŽูˆู’ู„ู‡ ูููŠ ุฑููˆูŽุงูŠูŽุฉ ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉ : ( ุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุนูŽุงู…ู‘ูŽุฉ ุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ ) ุฃูŽูŠู’ ูƒูŽุซููŠุฑ ู…ูู†ู’ู‡ู ุŒ ูˆูŽู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุงู„ู’ู…ูุฑูŽุงุฏ ุฃูŽูƒู’ุซูŽุฑู‡ ุŒ ูˆูŽู„ูŽุง ุจูุฏู‘ ู…ูู†ู’ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ุชู‘ูŽุฃู’ูˆููŠู„ ู„ูู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ : ุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽูˆูŽู‚ู’ุชูู‡ูŽุง ุŒ ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽุฌููˆุฒ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽูƒููˆู† ุงู„ู’ู…ูุฑูŽุงุฏ ุจูู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ู‚ูŽูˆู’ู„ ู…ูŽุง ุจูŽุนู’ุฏ ู†ูุตู’ู ุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ ุ› ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽู‚ูู„ู’ ุฃูŽุญูŽุฏ ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ุนูู„ูŽู…ูŽุงุก : ุฅูู†ู‘ูŽ ุชูŽุฃู’ุฎููŠุฑู‡ูŽุง ุฅูู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ุจูŽุนู’ุฏ ู†ูุตู’ู ุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ ุฃูŽูู’ุถูŽู„ . ู‚ูŽูˆู’ู„ู‡ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ : ( ุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽูˆูŽู‚ู’ุชูู‡ูŽุง ู„ูŽูˆู’ู„ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ุฃูŽุดูู‚ู‘ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูู…ู‘ูŽุชููŠ ) ู…ูŽุนู’ู†ูŽุงู‡ู : ุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽูˆูŽู‚ู’ุชูู‡ูŽุง ุงู„ู’ู…ูุฎู’ุชูŽุงุฑ ุฃูŽูˆู’ ุงู„ู’ุฃูŽูู’ุถูŽู„ ููŽูููŠู‡ู ุชูŽูู’ุถููŠู„ ุชูŽุฃู’ุฎููŠุฑู‡ูŽุง ุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ุบูŽุงู„ูุจ ูƒูŽุงู†ูŽ ุชูŽู‚ู’ุฏููŠู…ู‡ูŽุง ุŒ ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ู‚ูŽุฏู‘ูŽู…ูŽู‡ูŽุง ู„ูู„ู’ู…ูŽุดูŽู‚ู‘ูŽุฉู ูููŠ ุชูŽุฃู’ุฎููŠุฑู‡ูŽุง

Hadits riwayat โ€˜Aisyah ini: (hilang sebagian besar malam) yaitu kebanyakan dari waktu malam, namun bukan berarti sebagian besarnya, dan harus mengartikannya demikian karena Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda: โ€œSesungguhnya inilah waktu shalat Isya.โ€ Tidak boleh mengartikan ucapan beliau bahwa waktu yang dimaksud adalah setelah tengah malam, dan tidak ada satu pun ulama yang mengatakan demikian; yakni mengakhirkan shalat Isya setelah tengah malam adalah lebih utama.

Ucapan Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam: (โ€œSesungguhnya inilah waktu shalat Isya, seandainya tidak memberatkan umatku.โ€) maknanya adalah bahwa itu adalah waktu yang diunggulkan atau paling utama, maka di dalamnya ada keutamaan mengakhirkannya. Sesungguhnya kebiasaannya adalah menyegerakannya, hal itu hanyalah karena adanya kesulitan dalam mengakhirkannya.โ€ [4]

Hanya saja di zaman ini, jika kita mengambil sunnah ta’khir isya, maka kita akan kehilangan sunnah lain yaitu berjamaah di masjid. Sebab, jam-jam seperti itu biasanya sudah tidak ada orang di masjid, atau masjid sudah ditutup, kecuali Masjidul Haram dan Masjid Nabawi, yang biasanya manusia ramai 24 jam. Padahal shalat Isya berjamaah bersama manusia di masjid, dinilai seperti shalat setengah malam.

Dari โ€˜Utsman bin โ€˜Affan Radhiallahu โ€˜Anhu, โ€œ Aku mendengar Rasulullah ๏ทบ bersabda:

ู…ู† ุตู„ู‰ ุงู„ุนุดุงุก ููŠ ุฌู…ุงุนุฉ ููƒุฃู†ู…ุง ู‚ุงู… ู†ุตู ุงู„ู„ูŠู„ ูˆู…ู† ุตู„ู‰ ุงู„ุตุจุญ ููŠ ุฌู…

ุงุนุฉ ููƒุฃู†ู…ุง ุตู„ู‰ ุงู„ู„ูŠู„ ูƒู„ู‡

Barang siapa yang shalat Isya berjamaah maka seolah dia shalat setengah malam, dan barang siapa yang shalat subuh berjamaah maka seolah dia shalat sepanjang malam. [5]

Wallahu Aโ€™lam

🌿🌿🌿🌿

[1] HR. Bukhari, Kitab Mawaqit Ash Shalah Bab Waqtul โ€˜Isya Ila Nishfil lail, No hadits. 538
[2] HR. Muslim, Al Masajid wa Mawadhiโ€™ ash Shalah Bab Waqtul โ€˜Isya wa Taโ€™khiruha, no. 345
[3] Syaikh Sayyid Sabiq, Fiqhus Sunnah, Juz. 1 Hal. 103
[4] Imam An Nawawi, Syarh An Nawawi โ€˜Ala Muslim, No.1009
[5] HR. Muslim No. 656, Bab Fadhl Shalah Al ‘Isya wa Ash Shubh fi Jamaa’ah

🌺🌸🍃🌹🍀🌾🌴🌾

✏ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top