Salah Satu Cara Mendapatkan Pahala Jihad

🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾

Dari Abu Hurairah Radhiallahu โ€˜Anhu, bahwa Nabi ๏ทบ bersabda:

ู…ู† ุฏุฎู„ ู…ุณุฌุฏู†ุง ู‡ุฐุง ู„ูŠุชุนู„ู… ุฎูŠุฑุง ุฃูˆ ูŠุนู„ู…ู‡ ูƒุงู† ูƒุงู„ู…ุฌุงู‡ุฏ ูู‰ ุณุจูŠู„ ุงู„ู„ู‡
ูˆู…ู† ุฏุฎู„ู‡ ู„ุบูŠุฑ ุฐู„ูƒ ูƒุงู† ูƒุงู„ู†ุงุธุฑ ุฅู„ู‰ ู…ุง ู„ูŠุณ ู„ู‡

Barang siapa yang masuk ke dalam masjid kami ini, tujuannya mempelajari kebaikan atau mengajarkannya, maka dia seperti mujahid fisabilillah. Barang siapa memasukinya bukan untuk itu, maka dia seperti orang yang melihat sesuatu yang bujan kepunyaannya.

(HR. Ahmad No. 8587, Ibnu Hibban No. 78. Hadits ini hasan menurut Syaikh Syuโ€™aib Al Arnauth dalam tahqiq Beliau terhadap Shahih Ibni Hibban)

Syaikh Abdul Muhsin Al ‘Abbad Al Badr Hafizhahullah mengatakan:

ูู…ู† ุฌุงุก ุฅู„ู‰ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ู…ู† ุฃุฌู„ ุฃู† ูŠุตู„ูŠ ููŠู‡ุŒ ุฃูˆ ู…ู† ุฃุฌู„ ุฃู† ูŠุดู‡ุฏ ุงู„ุฌู…ุงุนุฉ ุงู„ุชูŠ ู‡ูŠ ูˆุงุฌุจุฉุŒ ุฃูˆ ู…ู† ุฃุฌู„ ุฃู† ูŠูุญุตู‘ู„ ุงู„ุฃุฌุฑ ููŠ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ุจุงู„ุฐูƒุฑ ูˆู‚ุฑุงุกุฉ ุงู„ู‚ุฑุขู†ุŒ ูู‡ูˆ ุญุธู‡ ูˆู„ู‡ ู…ุง ุฃุฑุงุฏุŒ ูˆู…ู† ู„ู… ูŠุฏุฎู„ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ู„ู‡ุฐุง ุงู„ุนู…ู„ ุงู„ุนุธูŠู…ุŒ ูˆุฅู†ู…ุง ุฏุฎู„ู‡ ู„ุฃู…ุฑ ู…ู† ุงู„ุฃู…ูˆุฑ ุงู„ุชูŠ ู„ุง ุนู„ุงู‚ุฉ ู„ู‡ุง ุจุงู„ุฏูŠู† ูˆุงู„ุทุงุนุฉ ูู‡ูˆ ุญุธู‡ุŒ ูˆู„ู‡ ู…ุง ุฃุฑุงุฏ ู…ู† ุงู„ุนู…ู„ ุจู„ุง ุฃุฌุฑ

Barang siapa yang mendatangi masjid ingin shalat di dalamnya, atau ingin shalat berjamaah dan itu merupakan kewajiban, atau karena ingin mendapatkan pahala di masjid dengan berdzikir, membaca Al Quran, maka dia mendapatkan bagian sesuai yang diinginkan, barang siapa yang masuk ke masjid bukan untuk amal-amal agung ini, dia ke masjid tidak ada kaitan urusan agama dan ketaatan, maka dia akan mendapatkan sesuai apa yang diinginkan itu tapi tanpa pahala.

(Syaikh Abdul Muhsin Al ‘Abbad Al Badr, Syarh Sunan Abi Daud, No. 066. Maktabah Al Misykah)

🌷☘🌺🌴🍃🌸🌾🌻

✍ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top