Salah Satu Sebab Kebinasaan Bagi Manusia: โ€˜Ujub!

💦💥💦💥💦💥💦💥

โ€˜Ujub adalah perilaku seseorang yang kagum dengan dirinya sendiri, kagum dengan kepandaian, kecerdasan, ketampanan, kedudukan, kekayaan, dan sebagainya. Ketika dia berpendapat dia kagum sendiri dengan pendapatnya, ketika dia sedang berceramah dia kagum dengan pengaruh perkataannya bagi pendengar, ketika dia menulis dia kagum dengan banyaknya pujian yang diterimanya, ketika dia berjalan bersama tokoh dia kagum dengan posisinya di antara mereka. Inilah kebinasaan. Membinasakan nilai dirinya dan nilai amal shalihnya.

Dari Anas bin Malik Radhiallahu โ€˜Anhu, bahwa Nabi ๏ทบ bersabda:

ุซูŽู„ูŽุงุซูŒ ู…ูู‡ู’ู„ููƒูŽุงุชูŒ ุดูุญู‘ูŒ ู…ูุทูŽุงุนูŒ ูˆูŽู‡ูŽูˆู‹ู‰ ู…ูุชู‘ูŽุจูŽุนูŒ ูˆูŽุฅูุนู’ุฌูŽุงุจู ุงู„ู’ู…ูŽุฑู’ุกู ุจูู†ูŽูู’ุณูู‡ู

Ada tiga hal yang membinasakan manusia: โ€œSifat kikir yang dituruti, hawa nafsu yang ditaati, dan kagumnya seseorang terhadap dirinya sendiri.

(HR. Al Baihaqi dalam Syuโ€™abul Iman No. 731, Al Qudhaโ€™i dalam Musnad Asy Syihab No. 325. Syaikh Al Albani mengatakan: hasan. Lihat Shahihul Jamiโ€™ No. 3039)

Maka, tuduhlah bahwa diri kita masih jauh dari kebaikan, penuh kekurangan, kebodohan, yang dengan demikian kita senantiasa terus menerus memperbaiki diri, kualitas ibadah, keikhlasan, hubungan sosial, dan sebagainya.

Imam Al Ghazali Rahimahullah berkata:

ุฃุดุฏ ุงู„ู†ุงุณ ุญู…ุงู‚ุฉ ุฃู‚ูˆุงู‡ู… ุงุนุชู‚ุงุฏุงู‹ ููŠ ูุถู„ ู†ูุณู‡ุŒ ูˆุฃุซุจุช ุงู„ู†ุงุณ ุนู‚ู„ุง ุฃุดุฏู‡ู… ุงุชู‡ุงู…ุงู‹ ู„ู†ูุณู‡

Manusia yang paling parah kebodohannya adalah yang paling kuat keyakinan atas adanya keutamaan pada dirinya. Manusia yang paling kokoh akalnya adalah yang paling keras menuduh (kekurangan) pada dirinya. (Aqwaal Abu Hamid Al Ghazali)

Wallahu Aโ€™lam

🌷☘🌺🌴🍃🌸🌾🌻

✍ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top