Apakah Mayat Masih Bisa Mendengar?

🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾

📨 PERTANYAAN:

Assalamualaikum wr wb…ada pertanyaan tambahan mksdnya pertanyaan titipan yg msh seputar orang meninggal…
Apakah orang meninggl msh bs melihat yg hidup?…Klu sekilas mereka suka d kirimi do’a…mohon penjelasan..

📬 JAWABAN

🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃

Wa’alaikumussalam warahmatullah wa Barakatuh … Bismillah wal Hamdulillah ..

Dalam masalah ini, sebenarnya para ulama khilafiyah; apakah mayit bisa mendengar atau tidak? Apakah bisa menjawab salam atau tidak? Apakah bisa melihat atau tidak? Tapi, pendapat yang dipilih oleh para muhaqqiq adalah mayat dikuburnya bisa mendengar, berdasarkan hadits-hadits shahih tentang itu.

Semoga perselisihan ini tidak membuat perselisihan hati dan gerak langkah umat Islam, yang berujung pada perpecahan.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah -termasuk ulama yang membolehkan talqin mayat di kuburan- , berikut ini kami kutipkan dari fatwa Beliau:

ุฃุฌุงุจ: ู‡ุฐุง ุงู„ุชู„ู‚ูŠู† ุงู„ู…ุฐูƒูˆุฑ ู‚ุฏ ู†ู‚ู„ ุนู† ุทุงุฆูุฉ ู…ู† ุงู„ุตุญุงุจุฉ: ุฃู†ู‡ู… ุฃู…ุฑูˆุง ุจู‡ุŒ ูƒุฃุจูŠ ุฃู…ุงู…ุฉ ุงู„ุจุงู‡ู„ูŠุŒ ูˆุบูŠุฑู‡ุŒ ูˆุฑูˆูŠ ููŠู‡ ุญุฏูŠุซ ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… – ู„ูƒู†ู‡ ู…ู…ุง ู„ุง ูŠุญูƒู… ุจุตุญุชู‡ุ› ูˆู„ู… ูŠูƒู† ูƒุซูŠุฑ ู…ู† ุงู„ุตุญุงุจุฉ ูŠูุนู„ ุฐู„ูƒุŒ ูู„ู‡ุฐุง ู‚ุงู„ ุงู„ุฅู…ุงู… ุฃุญู…ุฏ ูˆุบูŠุฑู‡ ู…ู† ุงู„ุนู„ู…ุงุก: ุฅู† ู‡ุฐุง ุงู„ุชู„ู‚ูŠู† ู„ุง ุจุฃุณ ุจู‡ุŒ ูุฑุฎุตูˆุง ููŠู‡ุŒ ูˆู„ู… ูŠุฃู…ุฑูˆุง ุจู‡. ูˆุงุณุชุญุจู‡ ุทุงุฆูุฉ ู…ู† ุฃุตุญุงุจ ุงู„ุดุงูุนูŠุŒ ูˆุฃุญู…ุฏุŒ ูˆูƒุฑู‡ู‡ ุทุงุฆูุฉ ู…ู† ุงู„ุนู„ู…ุงุก ู…ู† ุฃุตุญุงุจ ู…ุงู„ูƒุŒ ูˆุบูŠุฑู‡ู…. ูˆุงู„ุฐูŠ ููŠ ุงู„ุณู†ู† ยซุนู† ุงู„ู†ุจูŠ – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… -: ุฃู†ู‡ ูƒุงู† ูŠู‚ูˆู… ุนู„ู‰ ู‚ุจุฑ ุงู„ุฑุฌู„ ู…ู† ุฃุตุญุงุจู‡ ุฅุฐุง ุฏูู†ุŒ ูˆูŠู‚ูˆู„: ุณู„ูˆุง ู„ู‡ ุงู„ุชุซุจูŠุชุŒ ูุฅู†ู‡ ุงู„ุขู† ูŠุณุฃู„ยป ุŒ ูˆู‚ุฏ ุซุจุช ููŠ ุงู„ุตุญูŠุญูŠู† ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… – ู‚ุงู„: ยซู„ู‚ู†ูˆุง ุฃู…ูˆุงุชูƒู… ู„ุง ุฅู„ู‡ ุฅู„ุง ุงู„ู„ู‡ยป . ูุชู„ู‚ูŠู† ุงู„ู…ุญุชุถุฑ ุณู†ุฉุŒ ู…ุฃู…ูˆุฑ ุจู‡ุง. ูˆู‚ุฏ ุซุจุช ุฃู† ุงู„ู…ู‚ุจูˆุฑ ูŠุณุฃู„ุŒ ูˆูŠู…ุชุญู†ุŒ ูˆุฃู†ู‡ ูŠุคู…ุฑ ุจุงู„ุฏุนุงุก ู„ู‡ุ› ูู„ู‡ุฐุง ู‚ูŠู„: ุฅู† ุงู„ุชู„ู‚ูŠู† ูŠู†ูุนู‡ุŒ ูุฅู† ุงู„ู…ูŠุช ูŠุณู…ุน ุงู„ู†ุฏุงุก. ูƒู…ุง ุซุจุช ููŠ ุงู„ุตุญูŠุญ ยซุนู† ุงู„ู†ุจูŠ – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… – ุฃู†ู‡ ู‚ุงู„: ุฅู†ู‡ ู„ูŠุณู…ุน ู‚ุฑุน ู†ุนุงู„ู‡ู…ยป ูˆุฃู†ู‡ ู‚ุงู„: ยซู…ุง ุฃู†ุชู… ุจุฃุณู…ุน ู„ู…ุง ุฃู‚ูˆู„ ู…ู†ู‡ู…ยป ุŒ ูˆุฃู†ู‡ ุฃู…ุฑู†ุง ุจุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ู‰ ุงู„ู…ูˆุชู‰. ูู‚ุงู„: ยซู…ุง ู…ู† ุฑุฌู„ ูŠู…ุฑ ุจู‚ุจุฑ ุงู„ุฑุฌู„ ูƒุงู† ูŠุนุฑูู‡ ููŠ ุงู„ุฏู†ูŠุง ููŠุณู„ู… ุนู„ูŠู‡ ุฅู„ุง ุฑุฏ ุงู„ู„ู‡ ุฑูˆุญู‡ ุญุชู‰ ูŠุฑุฏ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ุงู…ยป . ูˆุงู„ู„ู‡ ุฃุนู„ู…

Beliau menjawab: โ€œTalqin seperti itu telah dinukilkan dari segolongan para sahabat bahwa mereka memerintahkan hal ini, seperti Abu Umamah Al Bahili dan selainnya. Dan, diriwayatkan hadits dari Nabi ๏ทบ tetapi tidak bisa dihukumi shahih, dan perbuatan ini tidak dilakukan banyak sahabat nabi. Oleh karena itu Imam Ahmad dan selainnya dari kalangan ulama mengatakan bahwa talqin seperti ini tidak apa-apa, mereka memberikan keringanan padanya namun tidak memerintahkannya. Ada pun sekelompok Syafiโ€™iyah menyunnahkannya, juga pengikut Ahmad, tetapi dimakruhkan oleh segolongan ulama Malikiyah dan lainnya.

Tertulis dalam kitab-kitab sunah, dari Nabi ๏ทบ bahwa Beliau berdiri di sisi kubur seorang sahabatnya saat dia dimasukan ke kubur, dan Beliau bersabda: โ€œBerdoalah untuknya keteguhan, karena dia sedang ditanya sekarang.โ€ Telah shahih dalam Shahihain bahwa Nabi ๏ทบ bersabda: โ€œTalqinkan orang yang sedang mebghadapi kematian di antara kamu dengan La Ilaha Illallah.โ€ Maka, talqin ketika menghadapi kematian adalah sunah, dan diperintahkan. Telah shahih bahwa seorang yang dikubur akan ditanya dan mengalami ujian, dan dianjurkan untuk mendoakannya. Oleh karena itu, dikatakan bahwa talqin itu bermanfaat baginya, karena mayit mendengarkan panggilan.

Sebagaimana hadits shahih: โ€œSesungguhnya mayit mendengar suara sandal kalian.โ€ Dan hadits lain: โ€œTidaklah kalian lebih mendengar apa yang aku katakan dibanding mereka.โ€ Serta perintah nabi kepada kita untuk mengucapkan salam kepada mereka. Nabi ๏ทบ bersabda: โ€œTidaklah seorang laki-laki melewati kubur seorang laki-laki yang dia kenal, lalu dia ucapkan salam, melainkan Allah akan mengembalikan ruhnya sehingga dia menjawab salamnya.โ€ Wallah Aโ€™lam.

( Al Fatawa Al Kubra, 3/24)

Wallahu a’lam

🌷☘🌺🌴🌻🌾🌸🍃

✍ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top