Berdoa Setelah Membaca Al Fatihah Dalam Shalat

💦💥💦💥💦💥💦💥

📨 PERTANYAAN:

Assalamualaikum.wr.wb
Afwan Ustadz, ana mau bertanya. Sebagian masyarakat di tempat ana, ada yg jika shalat berjama’ah pd sholat jahar, sebelum makmum secara berjamaah membaca “amin”, ia membaca doa ibu bapak atau yg lainnya, dgn alasan mengharap doa dari jamaah. Pertanyaan ana, adakah dalil amalan ini? Syukron atas jawabannya.
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Zunaydi, Samarinda.

📬 JAWABAN

🍃🍃🍃🍃

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh. Bismillah wal Hamdulillah wash Shalatu was Salamu ‘Ala Rasulillah wa Ba’d:

Amal tersebut tidak kita jumpai dalam tuntunan shalat, baik detail dan global, baik dalam Al Quran, As Sunnah, dan Ijma’, serta bimbingan Fiqhus Shalah-nya para ulama. Sementara di sisi lain kita diperintah untuk:

وَصَلُّوا كَمَا رَأَيْتُمُونِي أُصَلِّي

Dan shalatlah kalian seperti kalian melihat aku shalat (HR. Al Bukhari No. 6008)

Oleh karena itu, untuk menghindar jatuh ke dalam kontroversi sebaiknya ditinggalkan dan berdoalah di posisi yang diperintahkan seperti saat sujud, atau saat menjelang akhir shalat setelah membaca tasyahud.

Saya mencoba berbaik sangka, mungkin mereka melakukan karena surat Al Fatihah memiliki keutamaan, yang jika kita baca lalu kita berdoa, maka Allah ﷻ akan mengabulkannya. Hal itu sebagaimana tertera dalam riwayat berikut:

Dari Ibnu Abbas Radhiallahu ‘Anhuma:

بَيْنَمَا جِبْرِيلُ قَاعِدٌ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَمِعَ نَقِيضًا مِنْ فَوْقِهِ فَرَفَعَ رَأْسَهُ فَقَالَ هَذَا بَابٌ مِنْ السَّمَاءِ فُتِحَ الْيَوْمَ لَمْ يُفْتَحْ قَطُّ إِلَّا الْيَوْمَ فَنَزَلَ مِنْهُ مَلَكٌ فَقَالَ هَذَا مَلَكٌ نَزَلَ إِلَى الْأَرْضِ لَمْ يَنْزِلْ قَطُّ إِلَّا الْيَوْمَ فَسَلَّمَ وَقَالَ أَبْشِرْ بِنُورَيْنِ أُوتِيتَهُمَا لَمْ يُؤْتَهُمَا نَبِيٌّ قَبْلَكَ فَاتِحَةُ الْكِتَابِ وَخَوَاتِيمُ سُورَةِ الْبَقَرَةِ لَنْ تَقْرَأَ بِحَرْفٍ مِنْهُمَا إِلَّا أُعْطِيتَهُ

Ketika Jibril duduk di samping Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam terdengar suara pintu dibuka dari atas lalu dia menengadahkan kepalanya, dan berkata: “Ini adalah pintu dari langit yang dibuka ada hari ini yang sebelumnya tidak pernah dibuka sama sekali kecuali hari ini.”

Lalu turun darinya Malaikat, lalu berkata: “Ini adalah malaikat yang turun ke bumi yang tidak pernah turun sebelumnya kecuali hari ini.” Lalu dia mengucapkan salam dan berkata: “Berikan kabar gembira dengan adanya dua cahaya yang diberikan kepadamu, dan sebelumnya tidak pernah diturunkan kepada nabi sebelummu, yaitu Fatihatul Kitab dan akhir surat surat Al Baqarah, tidaklah engkau membacanya satu huruf melainkan engkau akan diberikanNya (jika berdoa).” (HR. Muslim No. 806, An Nasa’i No. 912, Al Hakim dalam Al Mustadrak No. 2052, Abu Ya’la No. 2488, Ibnu Abi Syaibah dalam Al Mushannaf, 7/423)

Wallahu a’lam

🍃🌾🌻🌴🌺☘🌷🌸

✏ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top