Bersedekah yang Paling Utama di Bulan Ramadhan

💦💥💦💥💦💥💦

📨 PERTANYAAN:

Assalamualaikum ustadz. Mohon penjelasan ttg memberi buka puasa buat org lain.
Apakah sama saja nilainya ketika kita memberikan uang kepada pekerja kita, dmn uang itu diperuntukkan utk berbuka puasa mrk?
Maksudnya utk memudahkan sj… jd diberikannya dlm btk uang.
Apakah smp niat kt dg melakukan spt hal di atas?
Jazakallah sblmnya.

📬 JAWABAN

🍃🍃🍃🍃🍃

Wa’alaikumussalam wa rahmatullah .., Bismillah wal Hamdulillah wash Shalatu was Salamu ‘ala Rasulillah wa ba’d:

📌Secara umum memberikan sedekah, apalagi di bulan Ramadhan punya keutamaan tersendiri.

Hal ini berdasarkan riwayat berikut:

Dari Abu Hurairah Radhiallahu โ€˜Anhuma, bahwa Nabi ๏ทบ bersabda:

ู…ูŽุง ู…ูู†ู’ ูŠูŽูˆู’ู…ู ูŠูุตู’ุจูุญู ุงู„ู’ุนูุจูŽุงุฏู ูููŠู‡ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ู…ูŽู„ูŽูƒูŽุงู†ู ูŠูŽู†ู’ุฒูู„ูŽุงู†ู ููŽูŠูŽู‚ููˆู„ู ุฃูŽุญูŽุฏูู‡ูู…ูŽุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุนู’ุทู ู…ูู†ู’ููู‚ู‹ุง ุฎูŽู„ูŽูู‹ุง ูˆูŽูŠูŽู‚ููˆู„ู ุงู„ู’ุขุฎูŽุฑู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุนู’ุทู ู…ูู…ู’ุณููƒู‹ุง ุชูŽู„ูŽูู‹ุง

Tidaklah suatu hari yang dilewati seorang hamba melainkan pada pagi harinya ada dua malaikat yang turun dan berdoa: Yang pertama, โ€œYa Allah, berikanlah ganti kepada orang yang berinfaq.โ€ Malaikat satunya lagi: โ€œYa Allah, binasakanlah harta orang yang tidak berinfaq.โ€ (HR. Al Bukhari No. 1442)

📌 Sedangkan secara khusus Ramadhan, Ibnu โ€˜Abbas Radhiallahu โ€˜Anhuma, menceritakan:

ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฃูŽุฌู’ูˆูŽุฏูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ูˆูŽุฃูŽุฌู’ูˆูŽุฏู ู…ูŽุง ูŠูŽูƒููˆู†ู ูููŠ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุญููŠู†ูŽ ูŠูŽู„ู’ู‚ูŽุงู‡ู ุฌูุจู’ุฑููŠู„ู ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุฌูุจู’ุฑููŠู„ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุณู‘ูŽู„ูŽุงู… ูŠูŽู„ู’ู‚ูŽุงู‡ู ูููŠ ูƒูู„ู‘ู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ู…ูู†ู’ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ููŽูŠูุฏูŽุงุฑูุณูู‡ู ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ูŽ ููŽู„ูŽุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฃูŽุฌู’ูˆูŽุฏู ุจูุงู„ู’ุฎูŽูŠู’ุฑู ู…ูู†ู’ ุงู„ุฑู‘ููŠุญู ุงู„ู’ู…ูุฑู’ุณูŽู„ูŽุฉู

Nabi ๏ทบ adalah manusia yang paling dermawan, dan kedermawanannya semakin menjadi-jadi saat Ramadhan apalagi ketika Jibril menemuinya. Dan, Jibril menemuinya setiap malam bulan Ramadhan dia bertadarus Al Quran bersamanya. Maka, Rasulullah ๏ทบ benar-benar sangat dermawan dengan kebaikan laksana angin yang berhembus. (HR. Bukhari No. 3220)

Riwayat lain:

ุนู† ุฃู†ุณ ู‚ุงู„ : ู‚ูŠู„ ูŠุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุŒ ุฃูŠ ุงู„ุตุฏู‚ุฉ ุฃูุถู„ ุŸ ู‚ุงู„ : ยซ ุตุฏู‚ุฉ ููŠ ุฑู…ุถุงู† ยป

Dari Anas, dia berkata: โ€œWahai Rasulullah, shadaqah apakah yang paling utama?โ€, Beliau menjawab: โ€œShadaqah pada bulan Ramadhan.โ€

(HR. At Tirmidzi, No. 663. Al Baihaqi, Syuโ€™abul Iman, No. 3819, juga Al Sunan Al Kubra-nya No. 8300, Al Bazzar No. 6890. Tapi hadits ini didhaifkan para ulama, lantaran sanadnya terdapat Shadaqah bin Musa. Imam At Tirmidzi berkata: โ€œDhadaqah bin Musa tidak kuat menurut mereka.โ€ Imam Al Munawi mengatakan: dhaif karena kedhaifan Shadaqah bin Musah. (At Taysir, 1/374). Begitu pula menurut Syaikh Al Albani. (Dhaiful Jamiโ€™ No. 1023) )

Maka, bersedekah apa saja; uang, air, barang, atau hal bermanfaat lainnya adalah sesuatu yang istimewa. Imam Al Munawi mengatakan: โ€œKarena ini adalah musim segala kebaikan dan segala ibadah.โ€ (At Taysir, 1/374)

Jika sedekah tersebut dipakai untuk berbuka puasa, walau si pemberi sedekah tidak meniatkan untuk berbuka bagi si penerima, tetaplah itu mendapatkan keutamaan yang melimpah baginya.

📌 Sedangkan yang khusus bersedekah dengan memberikan makanan, uang, untuk berbuka puasa bagi orang lain, maka itu juga mendapatkan keutamaan tersendiri.

Dari Zaid bin Khalid Al Juhani Radhiallahu โ€˜Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda:

ู…ูŽู†ู’ ููŽุทู‘ูŽุฑูŽ ุตูŽุงุฆูู…ู‹ุง ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูุซู’ู„ู ุฃูŽุฌู’ุฑูู‡ู ุบูŽูŠู’ุฑูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽุง ูŠูŽู†ู’ู‚ูุตู ู…ูู†ู’ ุฃูŽุฌู’ุฑู ุงู„ุตู‘ูŽุงุฆูู…ู ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง

Barang siapa yang memberikan makanan untuk berbuka bagi orang berpuasa maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana orang tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang itu.

(HR. At Tirmidzi No. 807, katanya: hasan shahih. Ahmad No. 21676, An Nasaโ€™i dalam As Sunan Al Kubra No. 3332. Al Baihaqi dalam Syuโ€™abul Iman No. 3952. Dishahihkan Syaikh Al Albani dalam Shahihul Jamiโ€™ No. 6415. Syaikh Syuโ€™aib Al Arnauth mengatakan: hasan lighairih. Lihat taโ€™liq Musnad Ahmad No. 21676, Al Bazzar dalam Musnadnya No. 3775)

Para ulama berbeda pendapat tentang batasan โ€œmemberikan makanan untuk berbukaโ€. Sebagian menilai itu adalah makanan yang mengenyangkan selayaknya makanan yang wajar. Sebagi

an lain mengatakan bahwa hal itu sudah cukup walau memberikan satu butir kurma dan seteguk air. Namun pendapat yang kedua, lebih sesuai zhahir hadits ini, walau sekadar memberikan makanan atau minuman untuk berbuka saja sudah mencukupi walau memberikan seteguk air minum dan sebutir kurma, sebab hal itu sudah cukup bagi seseorang dikatakan telah ifthar (berbuka puasa).

📌Secara khusus lagi, memberikan air adalah yang terbaik. Sebagaimana hadits berikut ini:

Dari Saโ€™ad bin โ€˜Ubadah Radhiallahu โ€˜Anhu, beliau bertanya:

ูŠุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุฃูŠ ุงู„ุตุฏู‚ุฉ ุฃูุถู„ ุŸ : ู‚ุงู„ ( ุณู‚ู‰ ุงู„ู…ุงุก ) .

Wahai Rasulullah, sedekah apakah yang paling utama? Beliau bersabda: โ€œMenuangkan air.โ€

(HR. Ibnu Majah No. 3684, dan ini adalah lafaznya Ibnu Majah. Juga diriwayatkan oleh Abu Daud No. 1681, An Nasaโ€™i dalam As Sunan Al Kubra No. 6459, Ahmad No. 23845. Hadits ini hasan, menurut Syaikh Al Albani. (Shahih Ibni Majah No. 3674, Shahih At Targhib wat Tarhib No. 962 )

Demikian. Wallahu a’lam

🍃🌾🌸🌻🌴☘🌺🌷

✏ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top