Hukum Sulam Alis Bagi Wanita

💢💢💢💢💢💢

📨 PERTANYAAN:

assalaamu”alaikum wr wb
afwan ustadz izin bertanya

apa hukimny sulam alis tp tdk permanen spt tato. cm memang hilangny sktr 3 thn. pakenya bahan herbal ktnya.
mohon sarannya
syukran (0811137xxx)

📬 JAWABAN

🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh …

Saya telah baca proses sulam alis, ternyata ada proses yg dilarang syariat yaitu mencukur alis.

An Namishah (pencukur alis) dan Al Mutanamishah (orang yang alisnya dicukur) haram dan mendapatkan laknat Allah Taโ€™ala.

Dari Ibnu Abbas Radhiallahu โ€˜Anhuma, katanya:

ู„ูุนูู†ูŽุชู’ ุงู„ู’ูˆูŽุงุตูู„ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ู…ูุณู’ุชูŽูˆู’ุตูู„ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽุงู…ูุตูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ู…ูุชูŽู†ูŽู…ู‘ูุตูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ูˆูŽุงุดูู…ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ู…ูุณู’ุชูŽูˆู’ุดูู…ูŽุฉู ู…ูู†ู’ ุบูŽูŠู’ุฑู ุฏูŽุงุกู

โ€œDilaknat wanita yang menyambung rambut dan yang disambung rambutnya, wanita yang mencukur alis dan si tukang cukurnya, wanita pembuat tato dan yang bertato, kecuali karena berobat.โ€ (HR. Abu Daud no. 4170, Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan sanadnya hasan, Fathul Bari, 10/376. Darul Fikr. Syaikh Al Albani mengatakan hasan shahih, lihat Shahih At Targhib wat Tarhib, No. 2101)

Al Hafizh Ibnu Hajar Al Asqalani Rahimahullah berkata:

ู‚ุงู„ ุงู„ุทุจุฑูŠ: ู„ุง ูŠุฌูˆุฒ ู„ู„ู…ุฑุฃุฉ ุชุบูŠูŠุฑ ุดูŠุก ู…ู† ุฎู„ู‚ุชู‡ุง ุงู„ุชูŠ ุฎู„ู‚ู‡ุง ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ุง ุจุฒูŠุงุฏุฉ ุฃูˆ ู†ู‚ุต ุงู„ุชู…ุงุณ ุงู„ุญุณู† ู„ุง ู„ู„ุฒูˆุฌ ูˆู„ุง ู„ุบูŠุฑู‡

โ€œBerkata Imam Ath Thabari: Tidak boleh bagi wanita merubah sesuatu dari bentuk yang telah Allah ciptakan baginya, baik dengan tambahan atau pengurangan dengan tujuan kecantikan, tidak boleh walau untuk suami dan tidak juga untuk selain suami.โ€ (Al Hafizh Ibnu Hajar, Fathul Bari, 10/377. Darul Fikr. Syaikh Abdurrahman Al Mubarkafuri, Tuhfah Al Ahwadzi, 8/67. Al Maktabah As Salafiyah)

Hal ini sepertinya sering dilakukan pula oleh penganten muslimah. Alangkah baiknya tetap berjalan di atas syariah. Berias tidak dilarang, yang dilarang adalah jika salah memilih cara beriasnya.

Demikian. Wallahu a’lam

🌴🌵🌷🌱🌸🍃🍄🌾

✍ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top