Imam Tidak Sadar Jika Dirinya Sedang Haid

💢💢💢💢💢💢

📨 PERTANYAAN:

([17/11 09.39] +60 11-2638xxxx)

Assalamualaikum…ustadz
Soalannya.. Kalau imam perempuan haid dlm solat tapi dia tidak sedar dan xtahu smpai habis waktu solat.. Selepas solat baru dia sedar yg dia haid, sahkah solat makmum2 yg lain?

📬 JAWABAN

💢💢💢💢💢💢💢

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh …

Bagi si imam, maka dia mesti ulang, sebab keadaan suci dari hadats adalah syarat sahnya shalat. Khususnya bagi yg haid, atau junub. Ini berbeda dgn kondisi pakaian kena najis, dan dia lupa ada najisnya, maka shalatnya tetap sah, sebab adanya najis termasuk bab ‘melakukan larangan’, sedangkan kondisi haid dan junub termasuk bab ‘meninggalkan perintah’ yaitu perintah untuk mandi jika sdh suci.

Ada pun bagi makmum, jika dia TAHU imamnya berhadats, baik junub, haid, atau blm wudhu, maka makmum juga batal. Ini jelas.

Tapi kalau makmum TIDAK TAHU, maka shalatnya tetap SAH.

Syaikh Utsaimin mengatakan dalam Syarhul Mumti’:

ูˆุงู„ุตุญูŠุญ ููŠ ู‡ุฐู‡ ุงู„ู…ุณุฃู„ุฉ: ุฃู†ู‘ูŽ ุตู„ุงุฉูŽ ุงู„ู…ุฃู…ูˆู…ูŠู†ูŽ ุตุญูŠุญุฉูŒ ุจูƒูู„ู‘ู ุญุงู„ูุŒ ุฅู„ุง ู…ูŽู† ุนูŽู„ูู…ูŽ ุฃู†ู‘ูŽ ุงู„ุฅูู…ุงู…ูŽ ู…ูุญุฏูุซูŒุŒ ูˆุฐู„ูƒ ู„ุฃู†ู‡ู… ูƒุงู†ูˆุง ุฌุงู‡ู„ูŠู†ุŒ ูู‡ู… ู…ุนุฐูˆุฑูˆู† ุจุงู„ุฌู‡ู„ูุŒ ูˆู„ูŠุณ ุจูˆุณุนูู‡ู… ูˆู„ุง ุจูˆุงุฌุจู ุนู„ูŠู‡ู… ุฃู† ูŠุณุฃู„ูˆุง ุฅู…ุงู…ูŽู‡ู…: ู‡ู„ ุฃู†ุช ุนู„ู‰ ูˆูุถููˆุกู ุฃู… ู„ุงุŸ ูˆู‡ู„ ุนู„ูŠูƒ ุฌู†ุงุจุฉูŒ ุฃู… ู„ุงุŸ

Yang benar dalam masalah ini: Bahwasanya shalatnya makmum adalah SAH pd tiap keadaaan. Kecuali jika dia tahu si imamnya berhadats, karena ini keadaannya tidak tahu maka mereka diberikan maaf atas ketidaktahuannya. Mereka juga tidak dibebani dan tdk diwajibkan untuk bertanya kepada imam:

Anda sudah wudhu belum? Anda sedang junub atau tidak? (selesai)

Demikian. Wallahu a’lam

🌵🌷🌱🌴🌸🌾🍃🍄

โœ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top