Menjadi Kurir Makanan/Minuman Haram, Bagaimanakah Hukumnya?

💢💢💢💢💢💢💢💢

PERTANYAAN:

Assalamu’alaikum. Sy Dimas, saat ini sedang tinggal di Melbourne.
Setiap hari sy bekerja mengantar makanan (seperti go food). Sy pernah membaca dan mendengar penjelasan salah satu ustadz perbedaan pendapat diantara 4 mazhab ttg kebolehan mengantar makanan yg tdk halal (terdapat daging babi) dan mengambil uang jasa delivery-nya.
Cara kerja aplikasinya:
1. Orderan masuk ke aplikasi (tidak tahu apa isi pesanannya)
2. Setelah accept baru kemudian bisa diketahui apa saja isi pesanannya. Sy bs reject atau lanjutkan mengambil makanan dari restoran.

Selama ini ketika sy melihat isi pesanan yg ada kata2 “pork”, “ham”, “bacon”, selalu sy reject.
Kalau sy reject maka acceptance rating sy berkurang, yg berdampak pada semakin kecilnya kemungkinan sy mendapatkan order makanan berikutnya.

Bagaimana menurut pendapat ustadz? Apakah sy lanjutkan reject request atau boleh mengantar makanan yg mengandung babi? Jazakallah. Dimas, Melbourne, (+61 420 214 xxx)

JAWABAN

🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh

Bismillahirrahmanirrahim..

Apa yang Anda lakukan dengan mereject (menolak) jika barang yang diantar adalah yang diharamkan Islam, adalah sikap yang benar. Setelah itu, bertawakkal-lah kepada Allah ๏ทป, agar Allah ๏ทป akan berikan yang lebih baik.

Penolakan Anda benar, berdasarkan pada ayat:

ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽุนูŽุงูˆูŽู†ููˆุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุฅูุซู’ู…ู ูˆูŽุงู„ู’ุนูุฏู’ูˆูŽุงู†ู

Dan janganlah saling bantu dalam dosa dan pelanggaran. (QS. Al Maidah: 2)

Walau kita tidak ikut minum atau makan yang haram, tapi kita yang mengantarkan makanan atau minuman tersebut maka kita ada andil bagi mereka untuk memakannya.

Lihat hadits berikut:

ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุณูŽู‚ูŽุงู‡ู ุตูŽุบููŠุฑู‹ุง ู„ูŽุง ูŠูŽุนู’ุฑููู ุญูŽู„ูŽุงู„ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุญูŽุฑูŽุงู…ูู‡ู ูƒูŽุงู†ูŽ ุญูŽู‚ู‘ู‹ุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุณู’ู‚ููŠูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุทููŠู†ูŽุฉู ุงู„ู’ุฎูŽุจูŽุงู„ู

Barang siapa yang menuangkan khamr kepada anak kecil, dan anak itu tidak tahu kehalalan dari yang haram itu, maka Allah ๏ทป akan menuanginya denganThinatul Khabaal.

(HR. Abu Daud No. 3680, Shahih. Lihat Ash Shahihahย No. 2039)

Hadits ini menunjukkan bahwa orang yang menuangkan minuman keras tetaplah berdosa walau dia tidak ikut minum. Sebab, dia menjadi perantara atas dosa itu.

Imam Ibnu An Najjar Rahimahullah mengatakan:

ูˆู„ุง ูŠุตุญ ุงุณุชุฆุฌุงุฑ (ู„ุญู…ู„ ู…ูŠุชุฉ ูˆู†ุญูˆู‡ุง) ูƒุฏู…ุงุก ู…ุญุฑู…ุฉ (ู„ุฃูƒู„ู‡ุง ุŒ ู„ุบูŠุฑ ู…ุถุทุฑ) ุฅู„ูŠู‡ ุŒ (ุฃูˆ) ู„ุญู…ู„ (ุฎู…ุฑ ู„ุดุฑุจู‡ุง) ู„ู…ุง ุชู‚ุฏู… ุŒ (ูˆู„ุง ุฃุฌุฑุฉ ู„ู‡) ; ู„ุฃู† ุงู„ู…ู†ูุนุฉ ุงู„ู…ุญุฑู…ุฉ ู„ุง ุชู‚ุงุจู„ ุจุนูˆุถ

Tidak sah mengambil upah dari membawa bangkai atau semisalnya seperti darah yang diharamkan untuk memakannya, tanpa adanya darurat atas hal itu, atau mengantarkan minuman keras, dan tidaklah hal itu pantas diberikan upah, karena hal yang mengandung manfaat yg diharamkan tidak menerima adanya imbalan.

(Muntaha Al Iradat, 2/250)

Imam Ibnu Taimiyah Rahimahullah mengatakan:

ุฅุฐุง ุฃุนุงู† ุงู„ุฑุฌู„ ุนู„ู‰ ู…ุนุตูŠุฉ ุงู„ู„ู‡ ูƒุงู† ุขุซู…ุง ุ› ู„ุฃู†ู‡ ุฃุนุงู† ุนู„ู‰ ุงู„ุฅุซู… ูˆุงู„ุนุฏูˆุงู† ุŒ ูˆู„ู‡ุฐุง ู„ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุงู„ุฎู…ุฑ ูˆุนุงุตุฑู‡ุง ูˆู…ุนุชุตุฑู‡ุง ุŒ ูˆุญุงู…ู„ู‡ุง ูˆุงู„ู…ุญู…ูˆู„ุฉ ุฅู„ูŠู‡ ุŒ ูˆุจุงุฆุนู‡ุง ูˆู…ุดุชุฑูŠู‡ุง ูˆุณุงู‚ูŠู‡ุง ูˆุดุงุฑุจู‡ุง ูˆุขูƒู„ ุซู…ู†ู‡ุง ุŒ ูˆุฃูƒุซุฑ ู‡ุคู„ุงุก ูƒุงู„ุนุงุตุฑ ูˆุงู„ุญุงู…ู„ ูˆุงู„ุณุงู‚ูŠ ุฅู†ู…ุง ู‡ู… ูŠุนุงูˆู†ูˆู† ุนู„ู‰ ุดุฑุจู‡ุง ุ› ูˆู„ู‡ุฐุง ูŠู†ู‡ู‰ ุนู† ุจูŠุน ุงู„ุณู„ุงุญ ู„ู…ู† ูŠู‚ุงุชู„ ุจู‡ ู‚ุชุงู„ุง ู…ุญุฑู…ุง ูƒู‚ุชุงู„ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ูˆุงู„ู‚ุชุงู„ ููŠ ุงู„ูุชู†ุฉ

Jika seseorg membantu orang lain dalam maksiat kepada Allah maka dia berdosa, sebab dia membantu dalam perbuatan dosa dan pelanggaran. Oleh karena itu, Rasulullah ๏ทบ melaknat minuman keras, pembuatnya, orang yang dibuatkan, pengantarnya, orang yang menerima, yang membeli, yang menjual, yang menuangkan, yang meminum, dan yang menikmati uang hasil jual belinya. Yang paling banyak mereka adalah pembuatnya, pembawa (pengirimnya), dan penuangnya, mereka saling bantu diminumnya khamr tersebut. Oleh karena itu, terlarang pula menjual senjata kepada orang yang akan melakukan pembunuhan yang terlarang seperti memerangi kaum muslimin atau membunuh karena fitnah.

(Majmu’ Al Fatawa, 22/141)

Syaikh Muhammad Shalih Al Munajjid mengatakan:

ุงู„ุฃุทุนู…ุฉ ุงู„ู…ุญุฑู…ุฉ ูƒุงู„ู…ุดุชู…ู„ุฉ ุนู„ู‰ ู„ุญู… ุฎู†ุฒูŠุฑ ุฃูˆ ู„ุญู… ุญูŠูˆุงู† ู„ู… ูŠุฐูƒ ุฐูƒุงุฉ ุดุฑุนูŠุฉ ุฃูˆ ุฎู…ุฑุŒ ู„ุง ูŠุฌูˆุฒ ุงู„ุนู…ู„ ููŠ ู†ู‚ู„ู‡ุงุ› ู„ู…ุง ููŠ ุฐู„ูƒ ู…ู† ุงู„ุฅุนุงู†ุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุนุตูŠุฉุŒ ูˆุงู„ุฃุฌุฑุฉ ุงู„ู†ุงุชุฌุฉ ุนู† ุฐู„ูƒ ู…ุญุฑู…ุฉ

Makanan yang haram, seperti makanan yang mengandung babi, atau hewan yang tidak disembelih secara syar’i, atau minuman keras, TIDAK BOLEH bekerja untuk mengantarkannya, karena hal itu menolong kemaksiatan, dan upah pekerkaan itu juga haram.

Beliau juga berkata:

ูˆู…ุง ุฏุงู… ุงู„ุนู…ู„ ุงู„ู…ุฐูƒูˆุฑ ู„ุง ูŠุชุจูŠู† ููŠู‡ ู†ูˆุน ุงู„ุทุนุงู… ุงู„ู…ุญู…ูˆู„ ุŒ ู‚ุจู„ ู‚ุจูˆู„ ุทู„ุจ ุงู„ุชูˆุตูŠู„ ุŒ ูˆู„ุง ูŠู…ูƒู†ูƒ ุฑูุถู‡ ุŒ ุฅู† ุชุจูŠู† ู„ูƒ ุฃู†ู‡ ุทุนุงู… ู…ุญุฑู… : ูุฅู† ุงู„ุนู…ู„ ู„ุง ูŠุฌูˆุฒุŒ ู„ุฃู†ูƒ ููŠ ุจู„ุฏ ุบูŠุฑ ู…ุณู„ู… ุŒ ูŠุนุชุงุฏ ุฃู‡ู„ู‡ ุฃูƒู„ ุงู„ุฎู†ุฒูŠุฑ ุŒ ูˆู…ุง ุฐูƒูŠ ุฐูƒุงุฉ ุบูŠุฑ ุดุฑุนูŠุฉ (ุบูŠุฑ ุญู„ุงู„) ุŒ ูˆุดุฑุจ ุงู„ุฎู…ุฑ

Selama aktifitas yang disebutkan itu belum jelas jenis makanan yg dibawanya, sebelum diterima pemesannya, dan anda tidak mungkin menolaknya (maka itu boleh).

Tetapi JIKA jelas bagimu itu makanan haram, maka tidak boleh Anda mengantarkannya, apalagi Anda tinggal di negeri non muslim yang punya kebiasaan makan babi, hewan yang disembelih secara tidak syar’i, dan khamr.

(Al Islam Su’aal wa Jawaab no. 281148)

Demikian. Wallahu A’lam

🌿🌺🌷🌻🌸🍃🌴🌵

✍ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top