Perlukah Berwudhu Lagi Setelah Mandi Junub?

💦💥💦💥💦💥

📨 PERTANYAAN:

Ustad,apakah boleh berwdhu stelah mandi wajib?

📬 JAWABAN

🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃
Jawaban:

Bismillah wal Hamdulillah …

Tidak perlu. Bahkan menurut Ibnu Umar Radhiallahu โ€˜Anhuma hal itu berlebihan. Berikut dalil-dalilnya:

ุนูŽู†ู’ ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู„ูŽุง ูŠูŽุชูŽูˆูŽุถู‘ูŽุฃู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ู’ุบูุณู’ู„ู

Dari โ€˜Aisyah Radhiallahu โ€˜Anha, dia berkata: โ€œAdalah Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam tidak wudhu lagi setelah dia mandi (janabah).โ€ (HR. An Nasaโ€™i No. 252, 430, Ibnu Majah No. 579, At Tirmidzi No. 107, kata Imam At Tirmidzi: hasan shahih)

Dari Abu Ishaq, bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Ibnu Umar Radhiallahu โ€˜Anhuma:

ุฅู†ูŠ ุฃุชูˆุถุฃ ุจุนุฏ ุงู„ุบุณู„ ู‚ุงู„ : ู„ู‚ุฏ ุชุนู…ู‚ุช.

โ€œSesungguhnya saya berwudhu setelah mandi (janabah).โ€ Ibnu Umar menjawab: โ€œEngkau telah berlebihan.โ€ (Ibnu Abi Syaibah, Al Mushannaf No. 750)

Imam Abul Hasan bin Abdil Hadi As Sindi berkata tentang makna โ€œAdalah Rasulullah tidak berwuduโ€:

ุฃูŽูŠู’ ู„ูู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ุจูŽุนู’ุฏ ุงู„ู’ุบูุณู’ู„ ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽุงุจูŽุฉ ู…ูŽุง ู„ูŽู…ู’ ูŠูุญู’ุฏูุซ ุฃูŽูˆู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฑูŽ ุงู„ู’ุญูŽุฏูŽุซ ููŽูŠูŽูƒู’ุชูŽูููŠ ุจูุงู„ู’ูˆูุถููˆุกู ุงู„ู’ุญูŽุงุตูู„ ูููŠ ุถูู…ู’ู† ุบูุณู’ู„ ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽุงุจูŽุฉ ุฃูŽูˆู’ ุจูุงู„ู’ูˆูุถููˆุกู ุงู„ู’ู…ูุชูŽู‚ูŽุฏู‘ูู… ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุบูุณู’ู„ ุนูŽุงุฏูŽุฉ

โ€œYaitu wudhu untuk shalat sesudah mandi janabah, selama belum berhadats atau selama belum melihat hadats, maka cukup baginya mandi janabah itu sebagai cakupan dari wudhunya, atau cukup dengan wudhu sebelumnya yang telah dia lakukan saat mandi.โ€ (Hasyiyah As Sindi โ€˜Ala Ibni Majah, 2/9)

Imam Asy Syaukani Rahimahullah berkata sebagai berikut:

ูˆูŽุฑููˆููŠูŽ ุนูŽู†ู’ ุญูุฐูŽูŠู’ููŽุฉูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ : ” ุฃูŽู…ูŽุง ูŠูŽูƒู’ูููŠ ุฃูŽุญูŽุฏูŽูƒูู…ู’ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุบู’ุณูู„ูŽ ู…ูู†ู’ ู‚ูŽุฑู’ู†ูู‡ู ุฅู„ูŽู‰ ู‚ูŽุฏูŽู…ูŽูŠู’ู‡ู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠูŽุชูŽูˆูŽุถู‘ูŽุฃูŽ ุŸ ” ุŒ ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุฑููˆููŠูŽ ู†ูŽุญู’ูˆู ุฐูŽู„ููƒูŽ ุนูŽู†ู’ ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉู ู…ูู†ู’ ุงู„ุตู‘ูŽุญูŽุงุจูŽุฉู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ูู…ู’ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุจููˆ ุจูŽูƒู’ุฑ ุจู’ู† ุงู„ู’ุนูŽุฑูŽุจููŠู‘ู : ุฅู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฎู’ุชูŽู„ููู’ ุงู„ู’ุนูู„ูŽู…ูŽุงุกู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ูˆูุถููˆุกูŽ ุฏูŽุงุฎูู„ูŒ ุชูŽุญู’ุชูŽ ุงู„ู’ุบูุณู’ู„ู ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ู†ููŠู‘ูŽุฉูŽ ุทูŽู‡ูŽุงุฑูŽุฉู ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽุงุจูŽุฉู ุชูŽุฃู’ุชููŠ ุนูŽู„ูŽู‰ ุทูŽู‡ูŽุงุฑูŽุฉู ุงู„ู’ุญูŽุฏูŽุซู ูˆูŽุชูŽู‚ู’ุถููŠ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ุ› ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽ ู…ูŽูˆูŽุงู†ูุนูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽุงุจูŽุฉู ุฃูŽูƒู’ุซูŽุฑู ู…ูู†ู’ ู…ูŽูˆูŽุงู†ูุนู ุงู„ู’ุญูŽุฏูŽุซู ููŽุฏูŽุฎูŽู„ูŽ ุงู„ู’ุฃูŽู‚ูŽู„ู‘ู ูููŠ ู†ููŠู‘ูŽุฉู ุงู„ู’ุฃูŽูƒู’ุซูŽุฑู ูˆูŽุฃูŽุฌู’ุฒูŽุฃูŽุชู’ ู†ููŠู‘ูŽุฉู ุงู„ู’ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู ุนูŽู†ู’ู‡ู

Diriwayatkan dari Hudzaifah, bahwa dia berkata: โ€œApakah tidak cukup bagi kalian mandi janabah dari ubun-ubun hingga ke kedua kaki, sampai-sampai kalian berwudhu segala?โ€ Perkataan seperti itu juga telah diriwayatkan dari jamaah para sahabat dan orang-orang setelah mereka, sampai Abu Bakar bin Al โ€˜Arabi berkata: โ€œBahwa para ulama tidak berselisih pendapat, bahwa wudhu telah masuk ke dalam cakupan mandi janabah, dan niat bersuci dari janabah juga berlaku bagi niat bersuci dari hadats, dan itu dapat menghilangkan hadats tersebut. Karena sesungguhnya halangan-halangan bagi orang yang janabah lebih banyak dari pada orang yang sekedar berhadats. Oleh karena itu, sesuatu yang lebih sedikit sudah masuk ke dalam niat yang besar, dan niat besar sudah mencakupi niat yang sedikit.โ€ (Nailul Authar, 1/246-247)

Jadi, tidak usah wudhu lagi, kecuali dia melihat adanya hadats lagi pada dirinya.

Wallahu A’lam

🍃🌾🌸🌻🌴🌺☘🌷

✏ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top