Umrah Berkali-kali Dalam Satu Kali Safar

💢💢💢💢💢💢

📨 PERTANYAAN:

Assalamualaikum Ustadz, mau tanya tentang umroh, dalam satu kali safar apa bisa beberapa kali umroh? mohon penjelasan, alhamdulillah saya lg di mekkah nih 🙏 (+62 812-1894-xxxx)

📬 JAWABAN

🍃🍃🍃🍃🍃🍃

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh …

Para ulama berselisih pendapat tentang ini, sebagian melarang bahkan menyebutnya bid’ah, sebagian lain membolehkan dan tetap itu sunnah.

📌 Pihak pertama. Yang melarang

Imam Ibnul Qayyim Rahimahullah mengatakan:

ูˆู„ู… ูŠูƒู† ููŠ ุนูู…ูŽุฑู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุนู…ุฑุฉูŒ ูˆุงุญุฏุฉูŒ ุฎุงุฑุฌุงู‹ ู…ู† ู…ูƒุฉ ุŒ ูƒู…ุง ูŠูุนู„ ูƒุซูŠุฑ ู…ู† ุงู„ู†ุงุณ ุงู„ูŠูˆู… ุŒ ูˆุฅู†ู…ุง ูƒุงู†ุช ุนู…ูŽุฑูู‡ ูƒู„ูู‡ุง ุฏุงุฎู„ุงู‹ ุฅู„ู‰ ู…ูƒุฉ …

Tidak pernah ada pada umrah-umrah Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam satu pun umrahnya yang dia lakukan keluar dari Mekkah sebagaimana yang dilakukan orang-orang sekarang. Sesungguhnya semua umrah yang nabi lakukan adalah saat memasuki Mekkah… (Zaadul Ma’ad, 2/89-90)

Syaikh Ibnu Utsaimin Rahimahullah mengatakan:

ู‡ุฐุง ุจุงุฑูƒ ุงู„ู„ู‡ ููŠูƒ ู…ู† ุงู„ุจุฏุน ููŠ ุฏูŠู† ุงู„ู„ู‡ ุ› ู„ุฃู†ู‡ ู„ูŠุณ ุฃุญุฑุต ู…ู† ุงู„ุฑุณูˆู„ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูˆู„ุง ู…ู† ุงู„ุตุญุงุจุฉ ุŒ ูˆุงู„ุฑุณูˆู„ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูƒู…ุง ู†ุนู„ู… ุฌู…ูŠุนุงู‹ ุฏุฎู„ ู…ูƒุฉ ูุงุชุญุงู‹ ููŠ ุขุฎุฑ ุฑู…ุถุงู† ุŒ ูˆุจู‚ูŠ ุชุณุนุฉ ุนุดุฑ ูŠูˆู…ุงู‹ ููŠ ู…ูƒุฉ ูˆู„ู… ูŠุฎุฑุฌ ุฅู„ู‰ ุงู„ุชู†ุนูŠู… ู„ูŠุญุฑู… ุจุนู…ุฑุฉ ุŒ ูˆูƒุฐู„ูƒ ุงู„ุตุญุงุจุฉ ุŒ ูุชูƒุฑุงุฑ ุงู„ุนู…ุฑุฉ ููŠ ุณูุฑ ูˆุงุญุฏ ู…ู† ุงู„ุจุฏุน”

Ini – barakallah fiik- termasuk bid’ah dalam agama Allah. Ini tidak pernah digiatkan oleh Rasulullah Shalallahu’Alaihi wa Sallam dan tidak pula para sahabat.

Sebagaimana kita ketahui semua, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam memasuki kota Mekkah saat hari penaklukan di akhir Ramadhan. Selama 19 hari di sana, Beliau tidak pernah keluar Mekkah menuju Tan’im, untuk berihram umrah. Demikian juga para sahabat. Maka, mengulang umrah dalam sekali perjalanan adalah bid’ah.

(Liqa Bab Al Maftuh no. 28/121)

📌 Pihak Kedua. Membolehkan

Syaikh Abdullah Al Faqih Hafizhahullah berkata:

ูู„ุง ุญุฑุฌ ุนู„ูŠูƒ ููŠ ุชูƒุฑุงุฑ ุงู„ุนู…ุฑุฉ ููŠ ุงู„ุดู‡ุฑ ุงู„ูˆุงุญุฏ ูˆููŠ ุงู„ูŠูˆู… ุงู„ูˆุงุญุฏุŒ ุจู„ ุฐู„ูƒ ุฃู…ุฑ ู…ุฑุบุจ ููŠู‡ุŒ ูˆุญุซ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุดุฑุนุŒ ูู‚ุงู„ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… : ” ุงู„ุนู…ุฑุฉ ุฅู„ู‰ ุงู„ุนู…ุฑุฉ ูƒูุงุฑุฉ ู„ู…ุง ุจูŠู†ู‡ุง .” ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡
ูˆู„ู‚ูˆู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… : “ุชุงุจุนูˆุง ุจูŠู† ุงู„ุญุฌ ูˆุงู„ุนู…ุฑุฉุŒ ูุฅู†ู‡ู…ุง ูŠู†ููŠุงู† ุงู„ูู‚ุฑ ูˆุงู„ุฐู†ูˆุจุŒ ูƒู…ุง ูŠู†ููŠ ุงู„ูƒูŠุฑ ุฎุจุซ ุงู„ุญุฏูŠุฏ ูˆุงู„ุฐู‡ุจ ูˆุงู„ูุถุฉ.” ุฑูˆุงู‡ ุฃุญู…ุฏ ูˆุงู„ู†ุณุงุฆูŠ ูˆุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ ูˆุงุจู† ู…ุงุฌู‡ ูˆุฃุจูˆ ูŠุนู„ู‰

Tidak masalah bagi Anda mengulang Umrah di satu bulan yg sama, atau di satu hari yang sama. Justru hal itu DIANJURKAN dan DIDORONG oleh syariat.

Sebagaimana hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam :

‘Umrah yang satu ke umrah berikutnya adalah penghapus dosa di antara keduanya. (HR. Muttafaq ‘Alaih)

Juga hadits lain:

“Ikutilah antara haji kalian dengan umrah, sebab itu bisa menghilangkan kemiskinan, sebagaimana menghilangkan karat dari besi, emas, dan perak.” (HR. An Nasa’i, At Tirmidzi, Ahmad, Abu Ya’la)

(Fatawa Asy Syabakah Al Islamiyyah no. 26566)

Maka kalimat dalam hadits: “umrah ke umrah berikutnya” menunjukkan pengulangan umrah .. maka bagaimana bisa diistilahkan mengulang kalau hanya cuma sekali .. sementara untuk berangkat umrah lagi butuh biaya besar dan jika umur msh ada.

Oleh karena itu Imam An Nawawi Rahimahullah berkata ttg hadits itu:

ูˆู„ุง ูŠููƒุฑู‡ ุนู…ุฑุชุงู† ูˆุซู„ุงุซ ูˆุฃูƒุซุฑ ููŠ ุงู„ุณู†ุฉ ุงู„ูˆุงุญุฏุฉุŒ ูˆู„ุง ููŠ ุงู„ูŠูˆู… ุงู„ูˆุงุญุฏุŒ ุจู„ ูŠุณุชุญุจ ุงู„ุฅูƒุซุงุฑ ู…ู†ู‡ุง ุจู„ุง ุฎู„ุงู ุนู†ุฏู†ุง

Tidak makruh dua kali umrah, tiga, dan lebih dalam satu tahun, bahkan dalam satu hari. Justru itu Sunnah untuk memperbanyaknya. Ini tidak ada perselihan bagi kami.

(Al Majmu’ Syarh Al Muhadzdzab, 7/147)

Imam Ash Shan’ani Rahimahullah berkata:

ุฏู„ูŠู„ ุนู„ู‰ ุชูƒุฑุงุฑ ุงู„ุนู…ุฑุฉุŒ ูˆุฃู†ู‡ ู„ุง ูƒุฑุงู‡ุฉ ููŠ ุฐู„ูƒุŒ ูˆู„ุง ุชุญุฏูŠุฏ ุจูˆู‚ุช

Hadits ini menjadi dalil pengulangan umrah, dan itu tidaklah makruh, dan tidak ada pembatasan waktunya.

(Subulussalam, 2/178)

Imam Ash Shan’ani mengkritik pendapat yang pertama dengan mengatakan:

ุจุฃู†ู‡ ุนู„ู… ู…ู† ุฃุญูˆุงู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฃู†ู‡ ูƒุงู† ูŠุชุฑูƒ ุงู„ุดูŠุก ูˆู‡ูˆ ูŠุณุชุญุจ ูุนู„ู‡ ู„ูŠุฑูุน ุงู„ู…ุดู‚ุฉ ุนู† ุงู„ุฃู…ุฉ ูˆู‚ุฏ ู†ุฏุจ ุฅู„ู‰ ุฐู„ูƒ ุจุงู„ู‚ูˆู„

Bahwasanya telah diketahui dahulu Nabi Shallallahu’Alaihi wa Sallam meninggalkan suatu perbuatan yang perbuatan itu sebenarnya disunnahkan, karena dia tidak ingin menyulitkan umatnya. Kesunnahan hal itu sudah ditunjukkan melaluiย perkataan. (Ibid)

Jadi, tidak benar membid’ahkannya hanya karena nabi tidak melakukannya. Betul bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tidak melakukannya tapi Nabi Shallallahu’Alaihi wa Sallam mengatakannya dalam hadits “Umrah yang satu ke Umrah selanjutnya”. Jadi, walau tidak ada Sunnah Fi’liyah berbilang Umrah dalam sekali safar, namun ada Sunnah Qauliyah yg mengindikasikan itu. Hal ini sama dengan Umrah di bulan Ramadhan, di mana Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Salam tidak melakukannya, tapi secara perkataan Beliau Shallallahu’Alaihi wa Sallam menganjurkannya. Inilah pendapat yang saya ikuti.

Ada pun dalam sekali safar dia melakukan dua kali umrah, satu untuk dirinya, satu lg buat orang lain yg kesulitan atau orang tuanya yg sudah wafat. Maka, ini boleh juga sebagaimana difatwakan Syaikh Abdul Aziz bin Baaz, Syaikh Muhammad Shalih Al Munajjid, dan juga Al Lajnah As Daimah.

Demikian. Wallahu a’lam

🌷🌱🌴🌾🌸🍃🌵🍄

✍ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top