Mau Pahala Shalat Seperti Setengah Malam Atau Sepanjang Malam?

💦💥💦💥💦💥💦💥

Dari โ€˜Utsman bin โ€˜Affan Radhiallahu โ€˜Anhu, โ€œ Aku mendengar Rasulullah ๏ทบ bersabda:

ู…ู† ุตู„ู‰ ุงู„ุนุดุงุก ููŠ ุฌู…ุงุนุฉ ููƒุฃู†ู…ุง ู‚ุงู… ู†ุตู ุงู„ู„ูŠู„ ูˆู…ู† ุตู„ู‰ ุงู„ุตุจุญ ููŠ ุฌู…ุงุนุฉ ููƒุฃู†ู…ุง ุตู„ู‰ ุงู„ู„ูŠู„ ูƒู„ู‡

Barang siapa yang shalat Isya berjamaah maka seolah dia shalat setengah malam, dan barang siapa yang shalat subuh berjamaah maka seolah dia shalat sepanjang malam.

📚 Shahih Muslim No. 656, Bab Fadhl Shalah Al ‘Isya wa Ash Shubh fi Jamaa’ah

📖 Imam Badruddin Al โ€˜Aini Rahimahullah menjelaskan:

ูุญู…ู„ ุจุนุถู‡ู… ุญุฏูŠุซ ู…ุณู„ู… ุนู„ู‰ ุธุงู‡ุฑู‡ุŒ ูˆุฃู† ุฌู…ุงุนุฉ ุงู„ุนุชู…ุฉ ุชูˆุงุฒูŠ ููŠ ูุถูŠู„ุชู‡ุง ู‚ูŠุงู… ู†ุตู ู„ูŠู„ุฉุŒ ูˆุฌู…ุงุนุฉ ุงู„ุตุจุญ ุชูˆุงุฒูŠ ููŠ ูุถูŠู„ุชู‡ุง ู‚ูŠุงู… ู„ูŠู„ุฉ

Sebagian ulama memaknai hadits Shahih Muslim ini secara tekstual, bahwa berjamaah shalat Isya keutamaannya setara dengan orang yang shalat selama setengah malam, dan berjamaah Subuh setara keutamaannya dengan shalat selama satu malam. (Syarh Abi Daud, 3/32)

Ulama lain mengatakan bahwa shalat Isya berjamaah itu setingkat dengan setengah malam, dan shalat subuh berjamaah juga setara dengan shalat setengah malam. Ada pun ketika ada yang melakukan kedua-duanya secara berjamaah, maka dia setingkat dengan orang yang shalat sepanjang malam. (Ibid)

Semoga kita, khususnya kaum laki-laki, diberikan kekuatan oleh Allah Ta’ala untuk istiqamah shalat berjamaah di masjid.

Wallahu Aโ€™lam

🍃🌴🌻🌺☘🌷🌾🌸

✏ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top